Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Stek Daun Cocor Bebek

Bagaimana proses stek daun cocor angsa dilaksanakan? Cocor angsa (Kalanchoe pinnata) yakni tumbuhan sukulen yang termasuk dalam famili Crassulaceae. Konon tumbuhan cocor angsa berasal dari Madagaskar. Karena keindahan bentuk daunnya, cocor angsa sering dijadikan sebagai tumbuhan hias.

Pohon cocor angsa mempunyai batang yang cukup lunak dan mempunyai ruas-ruas. Ukuran daunnya cukup tebal, berdaging, dan berair. Daun tersebut berwarna hijau muda hingga hijau keabu-abuan. Tanaman cocor angsa mempunyai bunga yang berjenis majemuk. Bunga ini selanjutnya akan bermetamorfosis buah yang berbentuk kotak serta rasanya agak asam dan dingin.

Penanaman cocor angsa terbilang sangat mudah. Tanaman ini bisa dikembangbiakkan secara vegetatif melalui stek daun. Anda cukup mengambil daun yang usianya sudah cukup tua. Karena bisa mengikuti keadaan dengan baik di aneka macam kondisi lingkungan tanah, cocor angsa sering ditemukan tumbuh secara liar di kebun, pinggir parit, dan sepanjang sungai.

Bagaimana proses stek daun cocor angsa dilaksanakan Cara Stek Daun Cocor Bebek

Berikut ini panduan bagi Anda yang merasa ingin tau ingin mencoba menyetek daun cocor angsa :

Alat dan Bahan :

  • Tanaman cocor bebek
  • Polybag
  • Tanah
  • Pupuk kandang
  • Cetok

Langkah-langkah :

  1. Siapkan tanaman cocor angsa yang bagus. Pilih salah satu daun yang kondisinya sehat, normal, dan sudah cukup tua. Petik daun tersebut dari tumbuhan induk.
  2. Buatlah media tanam yang terdiri atas tanah dan pupuk sangkar dengan perbandingan 1:1. Campurkan kedua materi ini hingga benar-benar rata. Disarankan untuk menggunakan tanah yang berjenis agak liat supaya bisa menahan air dengan baik.
  3. Masukkan media tanam ke dalam polybag hingga terisi penuh. Letakkan daun cocor angsa di atas media tanam. Tahan posisi daun menggunakan kerikil semoga tidak gampang terbang dibawa angin.
  4. Polybag ini lantas dipindahkan ke kawasan yang teduh dan terhindar dari sinar matahari secara langsung. Untuk menjaga tingkat kelembaban udara dan media tanam, ada baiknya Anda menyiram polybag sehari sekali. Disarankan pula memasang epilog dari plastik yang transparan untuk mempertahankan tingkat kelembaban udara di dalam polybag.
  5. Dalam waktu 2 ahad semenjak penanaman, daun cocor angsa akan menumbuhkan potongan akar terlebih dahulu. Barulah selang beberapa hari kemudian akan tumbuh tunas-tunas di atas daun tersebut. Bibit cocor angsa ini bisa dipindahtanamkan sesudah tingginya mencapai 10-15 cm.