Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik Menanam Kemangi Dengan Stek Batang

Apakah Anda ingin menanam kemangi? Sudah mencoba menanamnya berkali-kali menggunakan teknik stek batang tetapi selalu gagal? Itu tandanya ada kesalahan yang Anda lakukan, baik dalam pengadaan bibit, penanaman batang, ataupun perawatannya. Anda membutuhkan trik yang jitu biar batang kemangi yang ditanam bisa tumbuh menjadi tumbuhan kemangi.

Sebagian besar masyarakat Indonesia niscaya sudah bersahabat dengan tumbuhan kemangi. Yap, daun dari tumbuhan ini biasanya dijadikan sebagai lalapan serta bumbu penyedap suatu masakan. Beberapa orang pun kerap mengonsumsi kemangi dengan tujuan untuk meningkatkan nafsu makan, menyembuhkan sariawan, mengobati panu, meningkatkan kesuburan, serta menghilangkan wangi badan. Makara jangan heran bila sayur ini selalu laku anggun di pasaran.

Daripada Anda membeli daun kemangi terus-menerus, lebih baik cobalah menanamnya sendiri. Secara alami, kemangi berkembang biak melalui biji. Biji tersebut tersimpan di dalam bunga. Setelah bunga kemangi mekar dan berubah warna menjadi cokelat kehitam-hitaman, bunga tersebut akan memuntahkan biji di sekeliling tanaman. Biji kemangi tersebut akan tumbuh menjadi tumbuhan apabila kondisi di sekitarnya mendukung untuk pertumbuhannya.

kali menggunakan teknik stek batang tetapi selalu gagal Trik Menanam Kemangi dengan Stek Batang

Akan tetapi, Anda membutuhkan waktu yang cukup usang untuk menunggu pohon kemangi berbunga dan menghasilkan biji. Solusinya Anda bisa menanam kemangi dengan stek batang. Berikut ini trik-trik selengkapnya!

Alat dan Bahan :

  • Tanaman kemangi
  • Polybag
  • Tanah
  • Pupuk kandang
  • Cutter
  • Cetok

Langkah-langkah :

  1. Siapkan tumbuhan kemangi yang masih segar dan kondisinya sehat. Pilih batang kemangi yang layak dijadikan sebagai materi untuk stek batang. Ciri-cirinya yaitu batang tersebut sudah berukuran sebesar jari telunjuk, bentuknya lurus, dan mengandung kayu di dalamnya.
  2. Potonglah batang kemangi tadi menggunakan cutter dengan arah potongan menyerong. Lakukan pemotongan dengan sekali tebasan biar alhasil rapi sehingga tidak merusak jaringan tumbuhan. Lebih baik potongan batang tersebut direndam di larutan ZPT (Zat Perangsang Tumbuh ) selama 3-5 menit untuk meningkatkan daya tumbuhnya.
  3. Sembari menunggu batang kemangi direndam di dalam larutan ZPT, Anda bisa menyiapkan media tanam. Campurkanlah tanah dan pupuk sangkar dengan perbandingan 2:1 secara merata. Campuran ini lantas dimasukkan ke dalam polybag hingga terisi penuh. Disarankan menggunakan tanah yang agak liat biar sanggup menahan air dengan baik.
  4. Buatlah lubang penanaman di tengah-tengah polybag. Caranya Anda cukup menancapkan jari telunjuk ke dalam media tanam hingga terbentuk lubang yang cukup untuk menanam batang kemangi. Tanamkan batang kemangi yang sudah disiapkan tadi ke dalam lubang penanaman. Lalu timbunlah dengan tanah di sekitarnya. Pastikan batang kemangi ini sanggup bangun tegak, kokoh, dan tidak gampang goyah.
  5. Pindahkan polybag ke daerah yang bisa mendapat sinar matahari secukupnya. Jagalah biar kondisi media tanam senantiasa lembab, tetapi tidak tergenangi air. Usahakan pula supaya posisi batang kemangi ini tidak berubah sedikit pun alasannya bisa menggagalkan pertumbuhannya. Jangan khawatir bila batang kemangi menjadi layu dalam 1-2 ahad pertama. Tanda bahwa bibit kemangi sudah jadi adalah tumbuhan tampak subur dan bisa menumbuhkan tunas yang baru.