Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penanaman Dan Perawatan Rumput Gajah Mini

Bagaimana cara menanam rumput gajah mini? Bagaimana pula cara penanaman rumput tersebut? Rumput gajah mini (Penissetum purperium schamach) dikenal sebagai rumput hias yang kerap ditanam di pekarangan rumah. Hamparan rumput ini terlihat seperti menyerupai karpet yang hijau. Indah dan menyejukkan mata.

Rumput gajah mini mempunyai warna hijau pekat dan ukuran helaian daunnya cukup tebal. Bentuknya lurus serta agak keriting di kepingan pinggirnya. Panjang daun tersebut berkisar antara 5-10 cm. Sedangkan panjang akar serabutnya sendiri sekitar 5-8 cm. Kelebihan rumput gajah mini dibandingkan rumput-rumput hias lainnya adalah tingkat pertumbuhannya yang relatif lambat sehingga tidak perlu rutin dipangkas.

Bagaimana cara menanam rumput gajah mini Penanaman dan Perawatan Rumput Gajah Mini

Berikut ini panduan penanaman serta perawatan rumput gajah mini yang sanggup Anda coba di rumah :

Alat dan Bahan :

  • Bibit rumput gajah mini
  • Cangkul
  • Cetok
  • Gembor
  • Sabit
  • Pupuk kandang
  • Pupu NPK
  • Pasir

Langkah-langkah :

  1. Siapkan lahan yang akan ditanami bibit rumput gajah mini. Anda sanggup memulainya dengan menyiangi seluruh gulma yang hidup di lahan tersebut menggunakan sabit. Cabutlah tanaman-tanaman liar ini hingga ke kepingan akarnya supaya tidak tumbuh kembali.
  2. Ambil cangkul, kemudian gunakan cangkul tersebut untuk menggemburkan tanah di lahan. Anda tidak perlu mencangkul terlalu dalam, melainkan cukup dengan kedalaman sekitar 10-15 cm.
  3. Taburkan pupuk sangkar secukupnya di atas lahan, kemudian bolak-balikkan posisinya supaya tercampur rata. Setelah itu, ratakan permukaan lahan. Di lapisan yang paling atas, Anda sanggup menaburkan pasir halus hingga ketebalannya mencapai 2-3 cm.
  4. Buatlah lubang tanam sebesar jari telunjuk yang berjarak 10 x 10 cm hingga 20 x 20 cm. Lubang tanam ini dibentuk dengan contoh segi tiga supaya rumput gajah mini yang tumbuh di atasnya sanggup tersusun secara rata.
  5. Penanaman bibit rumput gajah mini sebaiknya dilaksanakan pada pagi atau sore hari. Bibit yang sebelumnya berbentuk ikatan ini dipecah-pecah menjadi beberapa bagian. Setiap kepingan terdiri atas 2-3 tumbuhan gajah mini. Selanjutnya kepingan tersebut ditanamkan pada lubang tanam yang telah dibuat. Jangan lupa untuk menawarkan tekanan di media tanam sekitar bibit supaya bibit tersebut sanggup bangun dengan sempurna.
  6. Sama menyerupai pada rumput jepang, perawatan awal dilakukan dengan cara menyirami rumput-rumput gajah mini untuk menjaga tingkat kelembaban media tanam. Idealnya penyiraman dilaksanakan menggunakan gembor sehingga jatuhnya air berupa butiran-butiran kecil yang tidak merusak media tanam.
  7. Setelah rumput gajah mini yang Anda tanam berusia 2 minggu, Anda sanggup menawarkan pupuk NPK untuk memicu pertumbuhannya. Jika perlu, Anda juga sanggup menambahkan pupuk urea dengan takaran yang cukup.
  8. Rumput-rumput liar yang tumbuh di lahan perlu diberantas setiap 2 ahad sekali. Selain sanggup mengurangi keindahan taman, keberadaan rumput liar tadi akan mengambil air dan unsur hara yang sejatinya diperuntukkan kepada rumput gajah mini.
  9. Apabila ada bibit yang tidak tumbuh dalam waktu sebulan, maka Anda harus mencabut bibit tersebut dan menggantinya dengan yang baru. Pemangkasan juga harus dilaksanakan untuk mempertahankan tingkat kerataan ukuran rumput gajah mini yang Anda tanam.