Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-Ciri Kelinci Yang Akan Melahirkan

Bagaimana ciri-ciri kelinci yang akan melahirkan? Kelinci merupakan salah satu hewan mamalia. Hewan ini berkembang biak dengan melahirkan anaknya. Waktu kehamilan pada kelinci terjadi sekitar 28-34 hari sesudah proses perkawinan. Usia kehamilan merupakan ketika yang paling rentan sehingga kelinci perlu mendapat perhatian secara khusus.

Pada ahad pertama sesudah dilakukan upaya perkawinan terhadap kelinci, biasanya kita dapat mengetahui apakah kelinci tersebut sedang hamil atau tidak. Kami pernah memberitahukan cara untuk memastikan kelinci yang tengah hamil di sini. Kelinci yang terbukti sedang hamil perlu mendapat perawatan ekstra. Termasuk di antaranya memperhatikan kualitas pakan yang diberikan serta air minum untuknya.

Pakan utama yang terbaik untuk kelinci hamil yaitu pelet. Pelet harus selalu tersedia di kotak masakan kelinci dan jangan pernah hingga kosong. Sedangkan untuk sayurannya dapat diberikan sedikit saja pada waktu siang hari. Kemudian untuk sore harinya, Anda dapat menunjukkan rumput sebesar tubuh kelinci tersebut jikalau rumput tadi digulung. Jangan lupa sediakan pula daerah minum yang cukup besar lantaran kebutuhan air pada kelinci yang hamil hingga melahirkan akan melonjak tajam hingga seratus persen.

 Kelinci merupakan salah satu hewan mamalia Ciri-ciri Kelinci yang akan Melahirkan

Kelinci akan merasa sangat gelisah pada ketika masa kehamilannya. Ia tampak praktis murka begitu ada kelinci lain yang mencoba mendekatinya. Puncak dari rasa tersebut berlangsung sebanyak tiga periode yakni ahad pertama ketika ukuran janin membesar, periode kedua ketika janin bergeser posisinya, dan ahad ketiga sesaat sebelum proses melahirkan. Kaprikornus dapat dipastikan kelinci hamil akan merasa dalam kondisi yang sangat tertekan dan praktis sekali stres.

Sebagai peternak, Anda dapat mempersiapkan daerah persalinan kelinci di mulai pada hari ke-27. Tujuannya semoga si indukan kelinci tadi merasa tenang. Tempat tersebut cukup berbentuk kotak dengan ketinggian yang tak seberapa. Setelah merasa nyaman dengan kotak yang Anda sediakan, kelinci tadi akan merontokkan bulu-bulunya sebagai ganjal daerah persalinan sehingga terasa lebih hangat.

Biarkan proses melahirkan pada kelinci Anda berlangsung secara alami. Jangan terlalu erat bila ingin mengamati berlangsungnya proses ini. Bagaimana pun kelinci induk akan merasa aib sekaligus khawatir dengan keselamatan anak-anaknya. Setelah semua anaknya berhasil dilahirkan, induk akan mencoba bangun dan mencari masakan lantaran ia mencicipi lapar dan haus yang luar biasa. Maka Anda dapat memberinya wortel, multivitamin, dan air kepadanya.

Anda boleh mengelus-elus tubuh kelinci induk ketika ia sedang asyik menikmati masakan yang diberikan. Namun jangan pernah sekalipun mencoba menyentuh apalagi mengangkat anak-anaknya alasannya yaitu kelinci induk akan eksklusif merasa murka dan cemas. Bila Anda terpaksa harus mengangkat anak kelinci tadi contohnya lantaran jatuh dari keluar dari kandang, pakailah sarung tangan dari plastik terlebih dahulu semoga basi tangan Anda tidak melekat di tubuh anak kelinci. Biasanya induk kelinci tidak mau menyusui anaknya yang sudah mempunyai aroma lain.