Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Ciri-Ciri Kelinci Yang Sedang Hamil

Apakah ciri-ciri kelinci yang sedang hamil? Seperti telah kita ketahui gotong royong sebetulnya kelinci berkembang biak dengan cara melahirkan. Setelah melaksanakan proses perkawinan, kelinci betina akan hamil terlebih dahulu. Masa kehamilan pada kelinci berlangsung selama 30 hingga 35 hari.

Dalam tempo 7 hati setelah melaksanakan perkawinan kelinci, janin biasanya akan mulai tumbuh di dalam rahim kelinci betina. Meskipun sulit, Anda sebenarnya dapat mengetahui jikalau kelinci tersebut hamil atau tidak pada 7 hari sehabis proses perkawinan ini. Jika ingin lebih gampang dan terang memilih kelinci betina hamil atau tidak, Anda dapat memeriksanya pada hari ke 14 setelah perkawinan. Di usia ini, kelinci biasanya telah memperlihatkan gejala kehamilan yang cukup jelas.

sama sebetulnya kelinci berkembang biak dengan cara melahirkan 4 Ciri-ciri Kelinci yang Sedang Hamil

Lantas, apa sih ciri-cirinya jikalau seekor kelinci betina itu sedang hamil atau tidak?

  1. Mulut Berwarna Merah

Bagian lisan kelinci yang sedang hamil tampak berwarna kemerah-merahan. Ini merupakan tanda awal dari kepingan fisik kelinci yang dapat Anda amati. Apabila Anda menemukan seekor kelinci betina yang sudah dikawinkan lalu mulutnya berubah warna menjadi kemerah-merahan, maka kemungkinan besar kelinci tersebut tengah hamil.

  1. Kerap Menderita Stres

Kelinci yang hamil juga rentan mengalami stres. Hal ini dapat terlihat dari kebiasaan kelinci yang mulai sering sekali mengorek-ngorek kepingan bantalan kandang. Anda dapat mengatasi stres tersebut sejenak dengan melepaskan kelinci tadi di daerah yang terbuka dan biarkan beliau menggali tanah untuk menciptakan daerah persembunyian. Kebiasaan ini akan terus meningkat hingga usia kehamilan mencapai 17 hari. Barulah pada hari ke-25 Anda dapat memperlihatkan kelinci tersebut sebuah kotak yang nyaman sebagai daerah ia melahirkan anaknya.

  1. Nafsu Makannya Bertambah

Kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh kelinci hamil meningkat tajam. Keadaan ini membuatnya terus-menerus merasa lapar dan melahap habis semua pakan yang diberikan untuknya. Peran Anda di sini sangat penting untuk menyediakan pakan yang cukup. Jika hingga kekurangan makanan, kelinci yang tengah hamil ini akan menjadi stres. Bila kondisi stres terus berlanjut hingga kelinci melahirkan, maka ia dapat tidak mau menyusui anak-anaknya atau bahkan bermetamorfosis kanibal.

  1. Ukuran Perutnya Membesar

Usia kehamilan yang sudah menginjak 17 hari dapat dicek lebih gampang sebab Anda dapat meraba eksklusif kepingan bawah perut kelinci tersebut dan mencicipi adanya janin di dalamnya. Untuk meraba perut kelinci ini, sebelumnya Anda perlu membuatnya merasa nyaman terlebih dahulu dengan mengangkat kelinci yang benar dan mengelus-elus tubuhnya. Kemudian rabalah perut dan rasakan ada benjolan-benjolan ibarat kelereng yang terkandung di dalamnya.