Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Simpel Mematikan Pohon Besar Tanpa Menebang

Ingin tahu cara simpel mematikan pohon besar tanpa harus menebangnya? Keberadaan pepohonan di suatu lingkungan bisa membuat suasana yang asri. Lebih-lebih jikalau pohon tersebut bisa menghasilkan buah yang bisa dinikmati kesegarannya menyerupai pohon mangga, apel, jambu, jeruk, sirsak, dan lain-lain.

Namun terkadang, keberadaan suatu pohon juga bisa dianggap mengganggu. Misalnya pohon yang akarnya merusak bangunan, daunnya menyumbati drainase air, atau pohon besar yang tumbuh di tengah permukiman warga dan dinilai membahayakan sekitarnya. Untuk kasus-kasus ini, alangkah bijaknya apabila pohon tersebut dipindahkan saja ataupun ditebang.

Ingin tahu cara simpel mematikan pohon besar tanpa harus menebangnya Cara Mudah Mematikan Pohon Besar Tanpa Menebang

Akan tetapi, menebang pohon membutuhkan perhitungan yang matang dan evaluasi terhadap kondisi di sekelilingnya. Jika tidak memungkinkan dilakukan penebangan, maka pohon tersebut harus diracuni menggunakan materi kimia tertentu untuk mematikannya. Berikut ini panduan selengkapnya dari kami!

Alat dan Bahan :

  • Herbisida
  • Air
  • Ember
  • Cetok
  • Pisau
  • Kantong plastik
  • Karet gelang

Langkah-langkah :

  1. Campurkan herbisida dengan air secukupnya sesuai saran pada label kemasan, rujukan 50 ml/liter air. Kemudian aduk-aduk supaya kedua cairan ini tercampur rata.
  2. Tuangkan cairan herbisida ini ke dalam kantong plastik cukup setengah volumenya saja. Simpan di kawasan yang kondusif untuk sementara waktu.
  3. Galilah tanah di sekitar pohon yang akan dimatikan untuk mencari akarnya. Setelah ditemukan, potong akar tersebut. Ulangi langkah ini biar proses peracunan pohon menjadi lebih efektif dan efisien.
  4. Ambil kantong plastik yang telah berisi cairan herbisida tadi. Masukkan akar pohon yang sudah dipotong ke dalam plastik tersebut kemudian ikat menggunakan karet gelang. Ulangi sampai seluruh kantong plastik sudah terpasang pada akar pohon.
  5. Tunggu selama beberapa hari biar cairan herbisida ini tersedot ke dalam badan pohon dan meracuninya. Tanda-tandanya mencakup daun menguning dan berguguran serta pohon akan mengering dengan sendirinya.

Herbisida yakni materi kimia yang biasa digunakan untuk membasmi tanaman-tanaman gulma. Bahan ini bisa Anda dapatkan dengan gampang di toko-toko pertanian dengan brand dagang yang bermacam-macam. Selain dengan metode di atas, herbisida juga bisa diaplikasikan pada batang pohon yang sebelumnya telah dilubangi menggunakan bor.