Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menanam Pohon Mangga Dengan Biji

Bagaimana cara menanam pohon mangga dengan biji? Perbanyakan pohon mangga memakai biji termasuk salah satu pekerjaan yang cukup gampang dilakukan. Metode ini bisa dilakukan secara serempak sehingga sanggup menghasilkan bibit dalam jumlah yang banyak. Kelebihan utamanya yaitu tanaman yang ditumbuhkan dari biji mempunyai sistem perakaran tunggang yang berpengaruh sehingga sanggup menyerap air dan unsur hara dalam jumlah yang maksimal.

Ada baiknya penanaman pohon mangga melalui biji hanya diberlakukan pada varietas-varietas lokal. Ini dikarenakan mangga tersebut sudah tersebar luas di Tanah Air sehingga telah terbukti bisa menyesuaikan diri dengan aneka macam kondisi cuaca di lingkungan yang beriklim tropis. Contoh varietas yang direkomendasikan berasal dari spesies Mangifera indica atau Mangifera odorata.

Bagaimana cara menanam pohon mangga dengan biji Cara Menanam Pohon Mangga dengan Biji

Langkah Pertama

Untuk menanam pohon mangga secara generatif melalui biji, Anda harus menyiapkan buah yang memenuhi persyaratan unggul sehingga sanggup tumbuh menjadi tumbuhan yang mempunyai kualitas baik. Di antara syarat-syarat tersebut yaitu buah harus dalam kondisi yang benar-benar matang, ukuran buah relatif besar, dan buah dalam keadaan sehat. Buah mangga yang telah matang umumnya berwarna kekuning-kuningan, mengeluarkan aroma yang khas, serta mempunyai tekstur daging yang lebih lunak.

Langkah Kedua

Setelah Anda berhasil mendapat buah yang memenuhi kualifikasi untuk dikecambahkan, proses selanjutnya yaitu membersihkan biji buah tersebut dari lapisan daging yang membungkusnya. Gunakan pisau untuk mengerat lapisan daging buah yang menyelubungi bab biji. Posisikan mata pisau secara tegak lurus searah dengan permukaan biji. Usahakan supaya biji tersebut tidak hingga terkena tabrakan dari mata pisau. Setelah itu, cucilah biji mangga ini hingga higienis di bawah air yang mengalir.

Langkah Ketiga

Biji mangga yang sudah higienis lantas dijemur di bawah terik matahari secara langsung. Proses penjemuran ini bertujuan untuk mengeringkan lapisan kulit biji (pericarp) sehingga gampang dibuka. Selanjutnya, Anda bisa mengupas lapisan kulit biji tersebut untuk mengeluarkan keping forum (kotiledon) yang terdapat di dalamnya. Potong bab ujung atau pangkal biji yang berongga. Masukkan mata pisau yang runcing di bekas pecahan tadi, kemudian irislah lapisan pericarp ke arah atas. Setelah pericarp terbuka sempurna, Anda bisa mengeluarkan keping forum dengan hati-hati.

Langkah Keempat

Tanamkan keping forum yang sudah diperoleh tadi pada pot perkecambahan. Usahakan bab perut forum tersebut berada di bawah dan punggungnya menghadap ke atas. Aturlah supaya posisi forum mangga ini tegak lurus dengan permukaan media perkecambahan. Adapun media perkecambahan yang digunakan merupakan adonan dari tanah, pasir, dan sekam padi dengan perbandingan 1:1:1:1. Media ini dibentuk semoga mempunyai sifat porous sehingga mempermudah forum untuk tumbuh menjadi kecambah.

Langkah Kelima

Proses perkecambahan biasanya akan berlangsung selama 5-7 hari. Hal ini dimulai dengan tumbuhnya daun muda dan radikula pada forum yang telah ditanamkan. Proses pemindahan bibit dari media persemaian ke polybag bisa dilakukan sesudah bibit mempunyai daun minimal 2 helai. Gunakan media tanam yang terdiri dari adonan tanah, pupuk kandang, dan sekam padi dengan perbandingan 4:2:1. Polybag-polybag yang telah berisi bibit mangga kemudian ditempatkan di lokasi yang terbuka, diatur dalam barisan yang rapi, dan diberikan gosip mengenai hal-hal terkait pembuatannya.