Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Tips Menanam Dan Merawat Bambu Air Biar Tumbuh Cantik

Apakah anda membutuhkan tips menanam bambu air supaya tumbuh cantik? Bambu air (Equisetum hyemale) yaitu tumbuhan hias dari keluarga Equisetaceae. Di Indonesia, bambu air juga dikenal dengan nama paku ekor kuda. Tanaman ini banyak dipelihara di taman-taman bergaya minimalis modern berkat tampilannya yang sederhana namun elegan.
Bambu air dikenal sebagai tumbuhan yang menyukai media tanam berkelembaban tinggi. Bambu air harus terendam air supaya sanggup tumbuh subur. Tanaman yang kurang mendapat air akan layu, tampak kekuningan, dan balasannya mati. Bagaimana tips menanam bambu air supaya tumbuh subur? Bagaimana pula cara merawatnya semoga terlihat menarik? Berikut ini tips-tipsnya!
1. Gunakan Media Tanam Berupa Lumpur Sawah
Lumpur yaitu media tanam yang paling ideal untuk tumbuhan bambu air. Media ini sanggup anda dapatkan di areal persawahan sekitar rumah. Hindari memakai tanah biasa meskipun telah direndam air lantaran strukturnya berbeda. Bambu air yang ditanam di lumpur sawah terlihat lebih subur daripada bambu air yang ditanam di pekarangan.
2. Tanam di Tempat yang Mendapat Sinar Matahari
Sebagaimana tanaman-tanaman hias air lainnya, bambu air mempunyai tingkat fotosintesis yang tinggi. Oleh lantaran itu, tumbuhan hias ini harus diletakkan di tempat-tempat yang sanggup mendapat sinar matahari secara langsung. Jangan menanam bambu air di kawasan yang mempunyai kelembaban tinggi dan berhawa cuek lantaran sanggup mengakibatkan akarnya busuk.
3. Pastikan Media Tanam Selalu Basah
Bahwa bambu air yaitu tumbuhan hias yang bahagia tinggal di media tanam yang basah. Tanaman ini akan eksklusif mengering kalau tanahnya kering. Bahkan bambu air yang sudah menguning sulit sekali disembuhkan dan kemungkinan besar akan mati. Kaprikornus pantau terus kondisi media tanam pada bambu air dan pastikan selalu ada air yang menggenangi.