Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Menyimpan Jamur Biar Tahan Lama?

Anda suka memakan jamur tetapi belum mengetahui cara penyimpanannya yang benar? Jamur merupakan materi pangan nabati yang sangat disukai oleh banyak orang sebab mempunyai rasa yang lezat. Tekstur jamur yang kenyal juga kerap kali membuatnya dianggap sama menyerupai daging. Jamur bisa diolah menjadi aneka macam masakan menyerupai sup, keripik, rica-rica, dan sebagainya.

Namun sayangnya, jamur mempunyai daya tahan yang tidak terlalu lama. Bahan pangan ini simpel sekali membusuk terutama bila terkena air. Ini dikarenakan kebanyakan jamur bersifat aktif dalam melepaskan uap air sehingga kantung penyimpanannya menjadi cepat lembap sebab uap air. Apabila kantung ini basah, maka jamur pun menjadi lebih simpel busuk. Lantas, bagaimana sih caranya menyimpan jamur biar daya tahannya lebih lama?

Anda suka memakan jamur tetapi belum mengetahui cara penyimpanannya yang benar Bagaimana Cara Menyimpan Jamur supaya Tahan Lama?

Ikuti tips-tips dari kami sebagai berikut!

  1. Siapkan tisu yang tebal atau kain lap yang higienis dan berserat halus. Masukkan tisu/kain lap ini ke dalam plastik, kemudian taruh jamur ke dalamnya. Usahakan setiap bonggol jamur dibungkus dengan tisu/kain lap untuk mencegah meningkatnya kelembaban udara di dalam plastik. Bahan pelapis ini harus Anda ganti setiap 5-7 hari sekali
  2. Jamur yang akan disimpan ke dalam kulkas juga sebaiknya dibungkus memakai koran. Caranya yakni gunakan koran untuk membungkus jamur. Kemudian masukkan koran tersebut ke dalam kantung plastik. Anda bisa menyimpan jamur ini di kulkas. Dengan begini, kualitas jamur tidak akan berubah dalam waktu seminggu ke depan.
  3. Jika Anda ingin memasak jamur yang masih segar sebaiknya jamur tersebut tidak dicuci terlebih dahulu. Hindari pula mengupas lapisan kulit pada jamur tersebut. Trik ini bisa menjaga bentuk jamur dan mempertahankan aromanya. Bagaimana kalau ada beberapa pecahan jamur segar yang kotor? Anda bisa membersihkannya dengan air sari jeruk nipis.
  4. Jamur yang telah Anda simpan dalam waktu yang usang biasanya mengakibatkan warnanya menjelma gelap sehingga tampak kurang menarik. Untuk mengembalikan warna putih pada jamur tersebut, kami mempunyai kiatnya. Rebuslah air hingga mendidih, kemudian tuangkan air jeruk nipis secukupnya. Setelah itu, masukkan jamur hingga seluruh bagiannya tercelup ke dalam air. Masaklah jamur ini selama 5 menit. Kemudian tiriskan airnya. Rendamlah jamur tersebut ke dalam air es hingga dingin.
  5. Saat ini, jamur pun banyak dikemas dengan metode pengeringan sehingga daya tahannya semakin lama. Misalnya menyerupai jamur shiitake. Sayangnya jamur ini terkadang berbau apek sebab kesalahan dalam pengolahan atau penyimpanannya. Sebelum sanggup memasak jamur kering ini, Anda harus merendam jamur di air hangat selama 15-30 menit. Kupas pecahan jamur yang terlihat kurang bagus. Gantilah air rendaman ini selama beberapa kali hingga jernih.