Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Hama Jamur Tiram Dan Cara Mengatasinya

Apa sajakah hama yang sering menyerang jamur tiram? Bagaimana pula cara mengatasi hama tersebut? Budidaya jamur tiram sekarang semakin banyak dilakukan oleh para petani. Permintaan pasar yang cukup tinggi terhadap jamur ini menciptakan peluangnya semakin terbuka lebar. Harga yang cukup mahal dengan masa pemeliharaan yang relatif singkat merupakan keunggulan dari budidaya jamur tiram.

Sama menyerupai pada tanaman, jamur pun bisa terkena serangan dari hama yang sanggup merusaknya. Bahkan bila tidak ditangani dengan benar sesegera mungkin, jamur yang telah dibudidayakan ini berisiko mengalami kegagalan panen. Hal ini tentu sangat tidak dibutuhkan oleh para petani yang telah bersusah payah dalam membudidayakannya. Bentuk penanganan sedini mungkin diklaim bisa menyelamatkan jamur tiram yang Anda pelihara.

Apa sajakah hama yang sering menyerang jamur tiram 5 Hama Jamur Tiram dan Cara Mengatasinya

Berikut ini beberapa hama yang bisa jarum tiram, mencakup :

  1. Serangga

Serangga yang paling sering mengganggu jamur tiram yaitu lalat dan nyamuk. Serangga ini bisa masuk ke daerah pemeliharaan jamur melalui pintu, jendela, dan lubang ventilasi. Biasanya serangga akan berkembang biak di dalam kumbung alasannya yaitu kondisinya yang lembab sangat ideal untuk mendukung pertumbuhan telur-telurnya. Setelah telur tersebut menetas, larva akan memakan jamur sehingga menyebabkan lubang-lubang kecil. Serangga juga merupakan biro pembawa bibit penyakit pada jamur. Beberapa serangga yang sering ditemukan antara lain Licoriella spp, Megaselia spp, dan Lepidocyrtus spp. Pencegahannya bisa dilakukan dengan memasang kawat kasa dan kelambu. Sedangkan untuk mengatasinya bisa memanfaatkan lem anti-serangga dan pestisida yang sesuai.

  1. Laba-laba

Laba-laba gemar menciptakan sarangnya di banyak sekali tempat, termasuk kumbung. Laba-laba umumnya mengincar serangga yang ada di dalam ruangan ini, meskipun beberapa laba-laba juga kerap ditemukan memakan miselium dan badan buah jamur tiram. Bahkan ada pula serangga yang biasa berbagi spora sehingga sanggup mengganggu pertumbuhan jamur tiram. Agar laba-laba tidak bersarang di kumbung, goreskanlah kapur anti-serangga di beberapa dinding ruangan. Lakukan juga pencucian secara berkala, terutama untuk menyingkirkan sarang laba-laba.

  1. Cacing

Cacing termasuk hama yang sangat berbahaya bagi jamur. Hal ini dikarenakan cacing umumnya memakan miselium dengan rakus sampai menyebabkan jamur tersebut mati. Di samping proses perkembangbiakannya yang sangat cepat, hama ini juga berukuran sangat kecil sekitar 1 mm sehingga sulit dideteksi. Pencegahan dan penanggulangan terhadap hama ini bisa dilakukan melalui prosedur sterilisasi secara menyeluruh.

  1. Bekicot

Bekicot sangat tertarik terhadap ruangan kumbung alasannya yaitu kondisinya sangat lembab dan banyaknya sumber makanan di dalamnya. Bekicot juga bahagia memakan jamur tiram. Akibatnya pertumbuhan jamur tersebut menjadi tidak optimal, mengalami kerusakan, atau mati. Kaprikornus bekicot-bekicot yang ditemukan di dalam kumbung harus disingkirkan sesegera mungkin. Guna mencegah bekicot tersebut kembali lagi, Anda bisa menaburkan garam dapur atau ekstrak jarak pagar mengelilingi area kumbung.

  1. Rayap

Rayap juga termasuk salah satu hama yang bisa menyebabkan kerugian cukup besar. Pasalnya kehadiran rayap sulit terdeteksi. Kita biasanya gres menyadari adanya rayap sehabis munculnya sarang rayap di salah satu sudut ruangan. Rayap tidak memakan jamur, tetapi menggerogoti rak-rak penanaman dan media tanam yang mengandung kayu. Pemberantasan hama rayap bisa dikerjakan dengan menyemprotkan cairan anti rayap sesuai kebutuhan. Anda pun sanggup memanfaatkan ekstra serah sebagai cairan anti rayap yang alami.