Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Budidaya Jamur Merang Dengan Media Kardus

Butuh panduan membudidayakan jamur merang dengan media kardus? Jamur merang merupakan salah satu jamur yang sanggup dikonsumsi. Sesuai namanya, jamur merang umumnya dibudidayakan menggunakan media merang yaitu bubuk dan jerami padi. Seiring dengan meningkatnya tren gaya hidup sehat, ajakan akan jamur merang di dalam negeri pun semakin meningkat.

Jamur merang sangat disukai oleh para petani lantaran gampang ditanam dan masa panennya pun sangat cepat. Jamur ini biasanya dipetik dikala masih dalam kondisi kuncup, di mana badan buahnya belum mengembang secara sempurna. Sayangnya beberapa petani mengaku kesulitan dalam mendapat media tanam jamur merang. Oleh alasannya ialah itu, mereka pun berinovasi dengan menggunakan kardus sebagai media tumbuh jamur merang.

Butuh panduan membudidayakan jamur merang dengan media kardus Budidaya Jamur Merang dengan Media Kardus

Pada dasarnya, budidaya jamur merang dengan kardus sama menyerupai menggunakan media jerami padi. Namun kardus-kardus tersebut harus diolah terlebih dahulu biar layak ditumbuhi oleh bibit jamur merang. Bagaimanakah proses pengolahannya yang benar? Kami akan menguraikannya secara lengkap berikut ini!

Pembuatan Kumbung

Kumbung ialah kawasan pemeliharaan jamur. Anda sanggup membuatnya dari bilah-bilah bambu yang dilapisi plastik sebagai dinding serta atap dari genteng/rumbia. Untuk jamur merang, Anda sanggup menciptakan kumbung yang berukuran 6 x 4 m dan tingginya 3,5 m. Masukkan rak penanaman yang terdiri atas 4-5 tingkat ke dalam kumbung. Selanjutnya suhu udara di dalam kumbung dijaga berkisar antara 28-35 derajat celsius. Jika suhu terlalu tinggi, Anda sanggup menyiram kumbung. Sedangkan jika suhu terlalu dingin, nyalakanlah beberapa lampu.

Pembuatan Media Tanam

Siapkan beberapa lembar kardus bekas, kemudian gunting biar ukurannya menjadi 5-10 cm. Selanjutnya potongan kardus tersebut direndam di dalam larutan kapur. Jangan lupa tambahkan pupuk NPK ke dalam air rendaman tadi. Biarkan kardus terendam selama 5 hari berturut-turut.

Di samping kardus, Anda juga membutuhkan bahan-bahan lain sebagai media tanam jamur merang. Siapkan bonggol pisang dan limbah sayuran, kemudian iris menggunakan pisau sampai ukurannya menjadi kecil. Disarankan pula menggunakan dedah halus untuk meningkat nutrisi pada media tanam. Bibit jamur merang yang sudah Anda beli di www.tokotanaman.com lantas dikeluarkan dari botolnya dan dicampur dengan beras ketan secukupnya.

Penanaman Jamur

Proses penanaman jamur dilakukan sepenuhnya di dalam kumbung. Mulailah dengan menaburkan sisa kapur di atas rak penanaman. Kemudian lapisi dengan tumpukan kardus yang telah ditiriskan sampai berukuran 30 x 30 cm dengan tinggi 10 cm. Adapun setiap rak penanaman berisi dua baris gundukan kardus. Lalu tutup tumpukan kardus tadi menggunakan potongan-potongan bonggol pisang, limbah sayuran, dan dedak halus. Lapisi sekali lagi gundukan tersebut dengan kardus setinggi 10 cm. Di lapisan terakhir ialah potongan bonggol pisang, sayuran, dan dedak. Makara media tanam ini terdiri atas lima lapisan yaitu lapisan kapur, lapisan kardus, lapisan sayur, lapisan kardus, dan lapisan sayur.

Proses selanjutnya ialah pasteurisasi untuk mensterilkan kondisi ruangan di dalam kumbung. Caranya ialah alirkan uap panas yang mempunyai suhu sekitar 60-70 derajat celsius ke dalam kumbung selama 6-8 jam. Setelah selesai, jendela kumbung dibuka sebentar untuk menurunkan suhunya sampai mencapai 30 derajat celsius.

Bibit jamur merang lantas ditanamkan ke dalam media. Caranya yaitu setengah bibit ditanam di dalam media tanam dan setengahnya lagi disebarkan di atas media tanam. Setelah semua bibit telah ditanamkan, selanjutnya Anda sanggup menaburkan arang sekam yang telah dicampur air dan pupuk organik di lapisan paling atas. Jangan lupa menutup media tanam tersebut menggunakan plastik transparan untuk menjaga kelembabannya.

Perawatan Jamur

Selama proses penanaman tengah berlangsung, Anda harus merawat jamur merang biar pertumbuhannya maksimal. Suhu ruangan harus senantiasa dipertahankan supaya berada di kisaran 28-35 derajat celsius. Makara setiap hari plastik yang menutupi media tanam perlu dibuka selama 5-10 menit. Usahakan pula cahaya matahari pagi sanggup menyinari potongan dalam kumbung. Anda sanggup melaksanakan pemupukan susulan pada hari kelima menggunakan air cucian beras yang diberi embel-embel pupuk organik.

Pemanenan Jamur

Jamur merang ialah jamur yang sanggup dipanen dengan cepat. Jamur ini sanggup dipanen sehabis usianya mencapai 10-14 hari. Bahkan pemanenan ini sanggup dilakukan setiap hari sampai jamur merang tersebut berumur sebulan. Prosesnya sendiri dikerjakan dengan memetik jamur-jamur yang masih dalam stadium telur. Silakan baca artikel di sini untuk mendapat panduan memanen dan penanganan pascapanen pada jamur merang.