Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memasang Mulsa Plastik Hitam Perak

Mulsa plastik hitam perak diharapkan untuk membantu merawat tumbuh-tumbuhan yang kita budidayakan. Dengan memasang mulsa plastik hitam perak di lahan pertanian, maka akan ada banyak laba yang kita peroleh. Mulai dari populasi gulma menjadi terkendali, tingkat kelembaban tanah terjaga, sampai struktur bedengan menjadi lebih kuat. Proses pemasangan mulsa umumnya dilakukan pada dikala tahap pengolahan tanah.
Waktu yang paling baik untuk memasang mulsa plastik hitam perak ialah siang hari ketika matahari sedang bersinar dengan terik. Tujuannya semoga proses pemuaian mulsa tersebut lebih optimal sehingga sanggup menutup rapat seluruh area bedengan. Ingat dalam pemasangannya, belahan mulsa yang berwarna hitam dihadapkan ke bawah sedangkan belahan mulsa yang warna perak harus dihadapkan ke arah atas.
 Mulsa plastik hitam perak diharapkan untuk membantu merawat tumbuh Cara Memasang Mulsa Plastik Hitam Perak
Bagi Anda yang sedang mencar ilmu memasang mulsa sanggup mengikuti panduan di bawah ini!
Siapkan Mulsa Terlebih Dahulu
Anda tentu harus menyiapkan mulsa plastik hitam perak terlebih dahulu. Ukuran panjangnya sama dengan panjang bedengan dikurangi 50 cm. Perlu Anda ketahui, mulsa plastik ini sanggup memuai dikala terkena panas dari sinar matahari di siang hari. Saat itu ukuran mulsa akan bertambah panjang. Dengan mengurangi ukurannya, maka mulsa tersebut sanggup terpasang tepat di atas bedengan dan tidak longgar.
Posisikan Mulsa dengan Benar
Posisikan mulsa dengan benar, di mana belahan yang berwarna perak menghadap ke atas dan belahan yang berwarna hitam menghadap ke bawah. Nantinya belahan yang berwarna perak akan memantulkan sinar matahari sehingga mencegah hama dan penyakit menyerang tanaman. Sedangkan belahan yang berwarna hitam akan mencegah tumbuhnya gulma dan menjaga kelembaban tanah.
Pasang Mulsa di Atas Bedengan
Tariklah kedua ujung mulsa plastik hitam perak sehingga menutupi bedengan secara sempurna. Kemudian pasanglah pasak bambu di kedua ujungnya sebagai penahan. Langkah berikutnya ialah memasang pasak bambu di sepanjang mulsa dengan jarak 50 cm. Kerjakan dari salah satu sisi terlebih dahulu, kemudian diikuti dengan sisi lain semoga terpasang kuat. Ada baiknya Anda menarik mulsa sebelum menancapkan pasak supaya pemasangannya lebih kencang.
Buat Lubang Tanam di Mulsa
Setelah mulsa plastik telah dipasangi pasak bambu sehingga posisinya stabil dan tidak gampang berubah, selanjutnya Anda perlu melubangi mulsa tersebut sebagai daerah untuk pembuatan lubang tanam. Di sini Anda sanggup memakai alat pelubang mulsa khusus atau kaleng bekas susu yang dipanaskan. Diameter lubang yang dibentuk biasanya 10 cm. Sedangkan jarak antar lubang sanggup diubahsuaikan dengan jenis tanaman yang hendak dibudidayakan.
Menggunakan Alat Pelubang Mulsa
Cara memakai alat pelubang mulsa ialah Anda perlu meletakkan alat ini tepat di atas mulsa. Berikutnya aturlah berapa ukuran diameter lubang yang hendak dibuat. Kemudian Anda sanggup memutar tuasnya sehingga alat ini akan bekerja melubangi mulsa plastik. Setelah selesai, Anda sanggup memutar kembali tuas tersebut berlawanan arah sehingga mengangkat mulsa yang sudah terlepas beserta sedikit tanahnya. Anda tinggal membersihkan alat tersebut. Kini lubang pada mulsa pun telah terbentuk.