Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Sederhana Menyemai Biji Cabe Semoga Cepat Tumbuh

Dasar-pertanian : Tips Sederhana Menyemai Biji Cabai Agar Cepat Tumbuh sanggup anda ikuti dan terapkan jikalau anda ingin membudidayakan tanaman cabai, baik cabe rawit maupun cabe merah. Sebelum kita menanam cabe tentu harus kita persiapkan terlebih dahulu benih atau bibitnya. Benih atau bibit cabe ini sanggup anda beli ditoko pertanian. Lalu sehabis itu anda semaikan pada lahan khusus kawasan penyemaian. Namun jikalau anda malas melaksanakan penyemaian, ada juga orang yang menjual bibit cabe yang sudah tumbuh siap tanam. Tapi alangkah lebih baik jikalau kita sanggup melaksanakan budidaya cabe ini dari awal persiapan benih, pembibitan atau penyemaian hingga penanaman kita lakukan sendiri.
Tips Sederhana Menyemai Biji Cabai Agar Cepat Tumbuh Tips Sederhana Menyemai Biji Cabai Agar Cepat Tumbuh
Benih cabe yang sedang disemaikan ( Foto pribadi wahyu hendro wibowo )

Untuk mendapat benih atau biji cabe yang akan kita semaikan, sanggup anda lakukan beberapa cara, yaitu beli ditoko pertanian langsung, atau anda pilih sendiri dari cabainya eksklusif dengan cara menentukan cabe yang benar-benar berkualitas. Silahkan anda tentukan sendiri mau beli ditoko pertanian atau pemilihan sendiri dari cabe pilihan.

Jika anda berhasil dalam menentukan dan melaksanakan penyemaian serta perawatan cabe maka anda akan mendapat hasil cabe yang baik dan berkualitas. Berikut ini merupakan tips sederhana menyemai biji cabe biar cepat tumbuh, silahkan anda coba dan praktekkan sendiri.

1. Menyiapkan dan menentukan biji cabai

Tips Sederhana Menyemai Biji Cabai Agar Cepat Tumbuh yang pertama yakni anda pilih biji cabainya dulu, sanggup anda beli ditoko pertanian, sanggup juga anda ambil eksklusif dari cabainya. Jika anda ambil eksklusif dari cabainya, ada tipsnya, yaitu anda pilih cabe yang besar, kemudian potong menjadi tiga bab dan ambil bab tengahnya saja, kemudian jemur sebentar hingga hilang kadar airnya.

2. Menentukan biji cabe yang baik

Tips Sederhana Menyemai Biji Cabai Agar Cepat Tumbuh yang kedua yakni anda lakukan penentuan mana biji cabe yang terbaik dan mana yang tidak baik untuk disemaikan. Caranya adalah:
  • Siapkan wadah, kemudian isi dengan air hangat ( jangan terlalu panas ), ukuran airnya 2/3 bab saja.
  • Ambil satu siung bawang merah dan haluskan.
  • Campurkan kedalam air hangat tadi.
  • Masukkan biji cabe kedalam air tadi ( tunggu hingga semalam )
  • Biji cabe yang karam itu merupakan biji cabe yang terbaik, silahkan anda semaikan

3. Tahap penyemaian

Tips Sederhana Menyemai Biji Cabai Agar Cepat Tumbuh yang ketiga yakni melaksanakan penyemaian biji cabai. Untuk melaksanakan penyemaian biji cabai, silahkan anda buat bedengan seperlunya saja, atau memakai pot juga bisa. Berikan pupuk dasar terlebih dahulu pada tanah atau lahan untuk menyemaikan biji cabai. Taburkan secara merata pada permukaan tanah kemudian timbun tipis saja jangan teralalu tebal biar benih cabe cepat tumbuh. Kemudian tutup dengan alang-alang biar tidak eksklusif terpapar dengan sinar matahari dan hujan. Siram secara rutin dipagi dan sore hari. Biasanya benih cabe akan tumbuh dalam waktu 5-7 hari.

Itulah Tips Sederhana Menyemai Biji Cabai Agar Cepat Tumbuh yang sanggup saya bagikan kepada anda, mudah-mudahan bermanfaat.