Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menciptakan Popcorn Dari Jagung Mentah

Bagaimana cara menciptakan popcorn dari jagung mentah? Popcorn ialah penganan ringan yang terbuat dari jagung. Camilan ini begitu disukai oleh kawula muda dan biasanya dinikmati pada dikala menonton film. Teksturnya garing di luar tetapi lembut di dalam. Untuk menciptakan rasanya semakin lezat, popcorn biasanya sudah diberikan bumbu tabur.

Memang benar, produsen pembuat popcorn dalam skala besar menggunakan materi baku berupa jagung yang berasal dari varietas khusus. Umumnya jagung tersebut berasal dari varietas impor yang telah mengalami modifikasi pada susunan gennya. Hal ini dimaksudkan supaya popcorn yang dihasilkan mempunyai bentuk yang bagus, teksturnya renyah, dan tingkat rendemennya tinggi.

Namun hal ini bukan berarti Anda tidak sanggup menciptakan popcorn dari jagung varietas lokal. Anda pun sanggup membikin popcorn sendiri menggunakan jagung yang banyak dijual di pasar.

Bagaimana cara menciptakan popcorn dari jagung mentah Cara Membuat Popcorn dari Jagung Mentah

Adapun langkah-langkahnya ialah sebagai berikut :

  1. Jagung yang sudah dipanen harus diproses sesegera mungkin biar kualitasnya tidak menurun. Jagung yang terlalu usang didiamkan sanggup menjadikan peningkatan jumlah kadar air yang terkandung di dalamnya. Pengolahan tahap awal dilakukan dengan mengupas kulit jagung hingga bersih, berikut rambutnya. Kemudian jagung tersebut dijemur di bawah sinar matahari selama 7-8 hari. Posisi jagung perlu diubah secara terpola supaya semua bagiannya sanggup mengering dengan rata. Anda juga sanggup mengeringkan jagung yang masih di bonggolnya ini pribadi di pohonnya.
  2. Pengeringan secara modern juga sanggup dilakukan untuk menciptakan prosesnya berjalan lebih efektif dan efisien. Anda sanggup menggunakan mesin pengering khusus berupa panggangan yang berukuran besar. Setel tingkat panas pada mesin tersebut berada pada kisaran angka 38-43 derajat celsius. Lakukan proses pengeringan hingga kadar air yang terkandung di dalam biji jagung berkurang drastis hingga menyisakan sekitar 12-13 persen.
  3. Jagung yang sudah kering lantas dipisahkan dari bonggolnya. Proses ini biasanya dinamakan pemipilan. Anda sanggup melaksanakan pemipilan biji jagung menggunakan bonggol yang sudah bersih. Alternatif lain ialah menggunakan mesin pemipil jagung sehingga prosesnya sanggup berjalan lebih cepat.
  4. Biji-biji jagung yang sudah lepas dari bonggolnya lantas dipilih menurut kualitasnya. Penyortiran ini dilakukan dengan memisahkan antara biji jagung yang berukuran kecil, biji yang pecah, biji yang kopong, serta biji yang terkena kotoran. Selain sanggup meningkatkan nilai jual biji jagung, penyortiran juga berkhasiat untuk meningkatkan daya simpan serta daya tahan biji jagung terutama dari serangan jamur dan hama pengganggu.
  5. Supaya sanggup mengembang tepat dikala dimasak, kondisi biji jagung wajib kering secara sempurna. Metodenya kurang lebih sama ibarat pembuatan kerupuk, semakin kering kondisi adonan, maka kerupuk akan mengembang tepat ketika digoreng. Makara tidak ada salahnya Anda menjemur biji jagung sekali lagi sebelum dilakukan penggorengan.