Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Merawat Pohon Jeruk Biar Cepat Berbuah?

Bagaimana cara merawat pohon jeruk semoga cepat berbuah? Ada banyak orang yang mencoba menanam pohon jeruk di rumahnya dengan tujuan untuk diambil buahnya. Yap, buah jeruk manis memang memiliki nilai hemat yang tinggi. Hal ini dikarenakan rasanya yang segar sebagai hasil perpaduan antara manis dan masam. Buah jeruk juga sering disebut-sebut sebagai sumber vitamin C yang sangat berkhasiat untuk mendukung kesehatan tubuh.

Pada dasarnya, menanam jeruk terbilang gampang-gampang susah. Tanaman ini umumnya sanggup bertahan hidup dengan baik di dataran rendah hingga dataran tinggi. Perawatannya pun cukup simpel tidak ubahnya menyerupai merawat pohon mangga. Hanya saja diharapkan bentuk-bentuk perlakuan khusus semoga pohon jeruk yang Anda tanam lebih cepat menghasilkan buah.

Bagaimana cara merawat pohon jeruk semoga cepat berbuah Ingin Merawat Pohon Jeruk semoga Cepat Berbuah?

Di bawah ini saran-saran dari kami yang berkhasiat untuk merangsang tumbuhnya buah pada pohon jeruk :

Pangkas Cabang Sekunder dan Daun

Pemangkasan pohon jeruk bertujuan untuk mengganti cabang-cabang tumbuhan yang telah tua, tidak sehat, dan tidak menghasilkan dengan cabang yang bersifat produktif. Pemangkasan dilakukan pada cabang sekunder yang umumnya tidak menunjukkan hasil yang maksimal. Nantinya dari cabang sekunder yang telah dipangkas tersebut akan tumbuh cabang tersier yang memiliki tingkat produktivitas yang tinggi.

Hal ini ditunjukkan dari munculnya bunga pada cabang tersebut. Makara semakin banyak jumlah cabang tersier yang dimiliki oleh suatu pohon jeruk akan semakin manis lantaran peluang hasil buahnya pun semakin banyak. Selain pada bab cabang tanaman, lakukan juga pemangkasan pada daun sehingga hasil fotosintesis lebih banyak dipakai untuk mendukung pertumbuhan vegetatif tanaman.

Berikan Pupuk P dan K

Pohon jeruk yang sudah berumur lebih dari setahun sanggup Anda berikan pupuk secara berkala. Direkomendasikan pakailah pupuk yang banyak mengandung unsur P dan K. Misalnya Anda sanggup menggunakan pupuk tunggal dari jenis TSP dan KCl. Pemberian pupuk dilakukan dengan takaran sesuai ukuran tumbuhan dan saran dari kemasan produk. Sebelum diberikan kepada tanaman, pupuk tersebut perlu diencerkan terlebih dahulu menggunakan air supaya simpel diserap oleh tanaman.

Satu sendok makan pupuk biasanya sanggup dicampurkan dengan 10 liter air bersih. Pupuk diberikan dengan cara menaburkannya pribadi ke permukaan tanah mengelilingi batang pohon jeruk. Waktu pemupukan yang paling sempurna ialah pagi hari ketika cuaca sedang cerah. Pemupukan lanjutan juga perlu dilakukan pada ketika munculnya bunga jeruk supaya pertumbuhannya lebih optimal.

Rangsangan Menggunakan Air

Anda sanggup memicu pertumbuhan buah jeruk dengan melaksanakan perangsangan menggunakan air. Caranya dilaksanakan dengan mengontrol jumlah air yang diserap oleh tumbuhan. Perhatian, metode ini hanya boleh dilakukan kepada pohon jeruk yang kondisinya sedang sehat dan segar. Tidak diperkenankan mengurangi pasokan air pada tumbuhan yang tengah sakit atau layu.

Anda sanggup menghentikan penyiraman untuk sementara waktu selama 7-10 hari. Pantau terus kondisi pohon jeruk tersebut hingga kelihatan agak layu. Barulah lalu Anda sanggup menyiraminya kembali hingga tumbuhan tampak segar. Ingat, jangan berlebihan ketika menyiram alasannya yakni justru akan menciptakan pohon jeruk tadi mati.

Melukai Batang Tanaman

Pelukaan juga terbukti ampuh untuk menciptakan pohon jeruk supaya menghasilkan buah dengan segera. Caranya yaitu Anda sanggup mengikat batang pohon tersebut menggunakan kawat. Pasanglah kawat dengan ikatan yang sangat berpengaruh sehingga seperti sedang mencengkeram tanaman. Bahkan jikalau memungkinkan, ikatan kawat harus menembus batang pohon jeruk hingga melukai lapisan kulitnya. Alternatif lain yaitu Anda sanggup mengupas lapisan kulit pada batang tumbuhan secara melingkar menggunakan pisau hingga membentuk menyerupai cincin.