Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menanam Jeruk Nagami Di Pot Yuk!

Bagaimana cara menanam jeruk nagami? Tanaman jeruk nagami merupakan salah satu varietas unggul dari flora jeruk. Dibandingkan dengan buah jeruk bagus lainnya, buah jeruk nagami mempunyai kelebihan lantaran bisa dimakan pribadi dengan kulitnya. Selain itu, tumbuhan ini pun rajin sekali berbuah. Tidak heran meskipun tingginya belum mencapai 100 cm, pohon jeruk nagami sudah dipenuhi oleh buah yang berbentuk agak lonjong dan berukuran kecil.

Jeruk nagami merupakan pohon yang penting pada Hari Imlek. Kekhasan tumbuhan ini mungkin sama menyerupai halnya pohon kurma ketika Hari Idul Fitri atau pohon pinus ketika Hari Natal. Tanaman ini sering dijadikan sebagai simbol kemakmuran dan rezeki yang terus tumbuh. Ini dikarenakan tumbuhan jeruk nagami memang sanggup menghasilkan buah yang begitu banyak seperti tiada hentinya.

 Tanaman jeruk nagami merupakan salah satu varietas unggul dari flora jeruk Menanam Jeruk Nagami di Pot Yuk!

Beruntung alasannya ialah menanam jeruk nagami di pot itu tidak begitu sulit. Ikuti langkah-langkah berikut ini sebagai panduan dasar Anda.

Pilih Bibit yang Unggul

Bibit jeruk nagami yang berkualitas unggul bisa Anda dapatkan dari bibit yang berasal dari okulasi. Metode okulasi intinya bertujuan untuk menyatukan sifat-sifat baik yang dimiliki oleh tumbuhan induk. Kaprikornus di samping bibit tersebut akan rajin berbuah, bibit hasil okulasi juga mempunyai sistem perakaran yang kuat. Kemudian perhatikan pula keadaan fisik dari bibit tersebut. Bibit tumbuhan yang baik tampak segar, tidak berpenyakit, batangnya kokoh, daunnya hijau, mempunyai tunas, dan percabangannya rimbun.

Siapkan Media Tanam

Karena pohon jeruk nagami bisa tumbuh menjadi besar dan menjulang, ada baiknya sedari awal Anda sudah menggunakan pot yang berukuran besar sebagai wadah penanaman. Pakailah pot tanah yang mempunyai diameter sekurang-kurangnya 60 cm. Setelah itu, buat media tanam dengan mencampurkan tanah dan pupuk sangkar menggunakan perbandingan 1:1. Aduk kedua materi ini hingga tercampur rata. Kemudian masukkan media tanam ke dalam pot hingga terisi penuh. Biarkan media tanam di pot selama 3-5 hari supaya sifatnya menjadi normal kembali.

Tanamkan Bibit Jeruk

Bibit jeruk nagami yang gres Anda beli sebaiknya jangan pribadi dipindahkan ke dalam pot, tetapi tetap biarkan berada di polybag selama 1-2 hari supaya bisa mengikuti keadaan dengan lingkungan barunya. Barulah lalu bibit tersebut dipindahkan dengan hati-hati ke pot pada waktu pagi atau sore hari. Usahakan lakukan proses pemindahan tumbuhan ini dengan teliti semoga belahan akar dari tumbuhan tersebut tidak mengalami kerusakan. Tanamkan bibit jeruk nagami ini persis di tengah-tengah pot dan bangkit tegak lurus. Setelah selesai, Anda bisa menyiram tumbuhan tersebut secukupnya untuk menjaga kelembaban udara.

Rawat dengan Hati

Tanaman merupakan makhluk hidup. Ia akan tumbuh dengan baik apabila Anda merawatnya sepenuh hati. Disarankan letakkan pot berisi tumbuhan jeruk nagami di area yang bisa mendapat sinar matahari secara penuh. Siramlah tumbuhan ini setiap hari, khususnya ketika pagi dan sore. Berikan pula perhiasan pupuk sangkar setiap sebulan sekali. Pemangkasan juga perlu dilakukan setiap 3 bulan sekali untuk merangsang pertumbuhan bunga dengan menghilangkan cabang sekunder. Pada akibatnya dari cabang yang dipangkas tersebut akan tumbuh cabang tersier yang bersifat sangat produktif dalam menumbuhkan bakal buah.