Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencangkok Pohon Jeruk Sunkist

Bagaimana cara mencangkok pohon jeruk sunkist? Jeruk sunkist intinya merupakan jeruk anggun yang mempunyai kualitas tinggi. Keunggulan jeruk ini yaitu permukaan kulitnya mulus dan kandungan air di dalamnya pun melimpah. Sehingga jeruk sunkist akan terasa lebih segar apabila diolah menjadi minuman, ketimbang dimakan begitu saja.

Proses perkembangbiakkan pohon jeruk sunkist sanggup dilakukan secara vegetatif dengan pinjaman manusia. Salah satu metode yang paling sering diaplikasikan ialah cangkok. Bibit jeruk sunkist yang berasal dari cangkok mempunyai sifat yang sama menyerupai flora induknya. Bibit ini pun sanggup menghasilkan buah dalam waktu yang lebih cepat.

Bagaimana cara mencangkok pohon jeruk sunkist Cara Mencangkok Pohon Jeruk Sunkist

Buat Anda yang ingin mencoba mencangkok flora jeruk sunkist sendiri, silakan ikuti langkah-langkah sebagai berikut :

Bahan-bahan yang diperlukan :

  • Pohon jeruk sunkist
  • Tanah yang subur
  • Pupuk kandang
  • Serbuk gergaji kayu

Alat-alat yang dipakai :

  • Pisau
  • Cutter
  • Sabut kelapa/plastik kresek
  • Tali rafia/karet ban dalam
  • Paku
  • Ember
  • Tangga

Langkah-langkah cara pengerjaan :

  1. Pohon jeruk sunkist yang akan dijadikan sebagai tanaman indukan harus mempunyai kualitas yang tinggi. Ciri-cirinya yaitu flora berasal dari varietas unggul, kondisinya sehat, berbuah banyak, tidak mengalami cacat, dan tumbuh subur.
  2. Tentukan cabang yang akan dicangkok. Cabang yang dipilih sebaiknya berusia tidak terlalu bau tanah dan tidak terlalu muda, diameternya kira-kira sebesar pergelangan tangan anak-anak, berbentuk lurus, dan pernah menghasilkan buah.
  3. Sayatlah kulit pada cabang tersebut sepanjang 5-10 cm. Caranya yaitu kerat pecahan pangkal cabang memakai pisau, kemudian ulangi dengan mengeratnya sekali lagi dengan arah 5-10 cm ke atas dari keratan pertama. Buanglah kulit cabang yang terletak di antara dua keratan ini. Setelah semua lapisan kulit kayu sudah hilang, Anda sanggup membersihkan lapisan lendir/getahnya. Bersihkan hingga tuntas hingga permukaan kayu tidak licin.
  4. Bungkus cabang yang telah dibersihkan tadi memakai sabut kelapa/plastik kresek. Mulailah dengan mengikatkan pecahan bawah plastik terlebih dahulu. Atur sedemikian rupa supaya plastik tersebut berbentuk penampung yang nantinya sanggup dipakai untuk menampung media tanam. Adapun media tanamnya terdiri dari adonan tanah, pupuk kandang, dan serbuk kayu dengan perbandingan 1:1:1. Masukkan media tanam ini ke dalam plastik dan pastikan isiannya harus cukup padat.
  5. Setelah itu, Anda sanggup mengikat plastik yang telah berisi media tanam ini memakai tali rafia/karet ban dalam. Pastikan sekali lagi media tanam telah menutupi seluruh pecahan cabang yang telah dikerat lapisan kulitnya. Kemudian buat lubang-lubang untuk pembuangan air dan pengatur kelembaban udara dengan jarak antar lubang sekitar 1 cm.
  6. Perawatan cangkok dilakukan dengan menyiramnya seminggu sekali. Bila sedang turun hujan, cangkok tersebut tidak perlu disiram lagi. Proses cangkok biasanya akan memakan waktu kurang lebih 4-6 minggu. Untuk memastikan bahwa cangkok tersebut sudah jadi atau belum, Anda sanggup menyidik apakah akar yang tumbuh dari cabang cukup banyak atau tidak. Bahkan beberapa akar juga kerap tumbuh hingga menembus lapisan plastik penutupnya.
  7. Hasil cangkok pohon jeruk sunkist sanggup dipisahkan dari flora induknya apabila jumlah akarnya sudah cukup banyak. Jika sudah memenuhi syarat potong bibit flora cangkok ini dari induknya. Pemotongan sebaiknya dilakukan memakai gergaji supaya tidak merusak bibit. Setelah terpotong, Anda sanggup memangkas sebagian daun dan ranting bibit untuk mengurangi tingkat penguapan. Barulah kemudian Anda sanggup menanam bibit jeruk sunkist tersebut ke polybag, pot, atau eksklusif di lahan.