Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Tumbuhan Strawberry

Bagaimana cara merawat tumbuhan strawberry semoga cepat berbuah? Walaupun bukan merupakan tumbuhan lokal, strawberry berhasil menarik perhatian sebagian besar masyarakat Indonesia. Antusiasme masyarakat untuk menikmati buah strawberry terbilang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan buah strawberry memiliki rasa yang sangat menyegarkan sebagai hasil paduan antara cantik dan masam. Bentuk buahnya pun sangat menarik cocok dijadikan sebagai hiasan untuk makanan, minuman, dan kudapan.

Sebagai tumbuhan hortikultura, tumbuhan strawberry sekarang banyak dibudidayakan oleh para petani. Tumbuhan ini relatif cukup gampang ditanam, baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Sedangkan lokasi yang paling ideal untuk menanam strawberry ialah tempat yang terletak di ketinggian antara 800-1500 m dpl. Di tempat ini, kondisi cuacanya sangat mendukung bagi pertumbuhan tumbuhan strawberry.

Bagaimana cara merawat tumbuhan strawberry semoga cepat berbuah Cara Merawat Tumbuhan Strawberry

Namun teknik perawatan yang benar tetap memegang peranan yang paling penting sebagai penentu keberhasilan Anda dalam membudidayakan strawberry. Berikut ini langkah-langkah yang perlu dikerjakan supaya strawberry yang Anda tanam sanggup tumbuh dengan subur dan menghasilkan buah yang melimpah.

  1. Rutin Menyiram Tanaman

Strawberry termasuk tanaman yang cukup banyak membutuhkan air untuk mendukung kehidupannya. Penyiraman dilakukan menggunakan teko yang berisi air higienis dan diarahkan sempurna pada sentra akar tanaman. Sesekali Anda pun sanggup menyiramkan air bercampur dedak untuk menambah nutrisi yang diharapkan oleh tanaman. Tidak disarankan menyiram tumbuhan menggunakan air cucian beras lantaran kalau hingga terkena daun sanggup menutup pori-porinya sehingga menyebabkan daun tersebut mengering.

  1. Taburkan Pupuk Kandang

Tanaman memerlukan unsur hara yang cukup untuk mendukung pertumbuhannya. Seiring dengan berjalannya waktu, kandung unsur hara di dalam tanah akan semakin menurun tanggapan terus-menerus dihisap oleh akar tanaman. Oleh lantaran itu, Anda perlu menyediakan unsur hara yang gres dengan menaburkan pupuk sangkar pada media tanam. Pupuk dari kotoran ayam lebih kami rekomendasikan lantaran kaya akan unsur nitrogen. Beberapa sampah dapur menyerupai kulit pisang dan ampas teh pun terbukti ampuh memperbanyak jumlah buah yang dihasilkan oleh tumbuhan strawberry.

  1. Lahan Wajib Dibersihkan

Lahan budidaya strawberry wajib dibersihkan dari segala kemungkinan yang sanggup menghambat atau mengganggu kehidupan tumbuhan tersebut. Misalnya rumput yang tumbuh di lahan harus dicabut secara manual setiap seminggu sekali. Anda juga menggunakan herbisida untuk membasmi rumput yang tumbuh di lahan dengan petunjuk penerapan sesuai pada kemasannya. Setelah itu, perbaiki timbunan tanah yang ada di bedengan. Pastikan pula area lahan budidaya harus bebas dari banjir.