Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ternak Kambing Jadi Gemuk Hasil Panen Maksimal 100%

Cara Ternak Kambing

Cara ternak Kambing masing-masing peternak tentunya berbeda-beda, mereka akan mempunyai trik dan belakang layar tersendiri untuk mengelola perjuangan ternak kambing yang dijalankannya. Jika Sobat menjalankan perjuangan ternak kambing dengan cara yang baik dan benar tentunya akan membuat hasil panen yang maksimal. Seperti pada judul pembahasan kali ini bahwa cara ternak kambing yang benar akan membuat kambing cepat gemuk dan tentunya akan menghasilkan panen yang maksimal. Kambing merupakan hewan ternak berkaki empat yang sangat terkenal dikonsumsi dagingnya oleh manusia, tidak hanya daging namun juga kulitnya yang dimanfaatkan untuk tujuan tertentu.


Cara Ternak Kambing Kaprikornus Gemuk Hasil Panen Maksimal 100%
Saat ini kambing ialah jenis hewan ternak yang paling banyak dikembang-biakkan, dan Sobat pastinya akan banyak menjumpai di area pedesaan. Masyarakat pedesaan rata-rata mempunyai kambing dan hewan ternak lainnya menyerupai ayam, itik, angsa, kambing, dan sapi. Hal ini semakin menjamur dikarenakan memang kambing pasarannya semakin meningkat dari tahun ke tahun, dan kebutuhan daging kambing semakin meningkat disetiap tahunnya. Dengan fakta menyerupai ini membuat banyak orang mencoba untuk beternak kambing, namun jarang dari mereka yang sadar akan besarnya potensi ternak kambing kalau di tangani dengan serius dan tentunya dengan cara ternak kambing yang benar.

Masyakarat desa hanya memelihara kambing beberapa ekor saja, dan tidak memakai sasaran ataupun tujuan ternak kambing yang lebih serius. Para masyarakat desa hanya memelihara indukan saja, dan kalau sudah beranak maka anaknya akan dijual, dan siklus ini akan terus berulang sehingga perjuangan ternak kambing yang masyarakat desa lakukan tidak akan mengalami kemajuan. Ironisnya tidak jarang dari mereka yang menganggap ternak kambing sebagai simpanan saja, dan akan menjualnya kalau suatu dikala membutuhkan uang untuk keperluan.
Cara Ternak Kambing Kaprikornus Gemuk
Seharunya mereka sadar kalau perjuangan ini ialah perjuangan aktual yang mempunyai potensi yang sangat anggun alasannya faktanya kebutuhan daging di Negara Kita terus meningkat dan untuk memenuhi kebutuhan Pemerintah masih terus melaksanakan import daging dari negara-negara yang mempunyai peternakan maju menyerupai Australia, China, dan India. Dengan fakta tersebut seharusnya sobat harus lebih jeli melihat peluang perjuangan yang sangat aktual ini dan tentunya perjuangan ini mempunyai potensi yang sangat anggun untuk kedepannya.

Selain harga pasar yang sangat bagus, perjuangan ternak kambing ini sangat menjanjikan alasannya faktor lain menyerupai : tahan penyakit, gampang untuk berkembang biak, gampang dalam perawatan dan tentunya harga daging kambing yang terus naik disetiap tahunnya. Bahkan harga kambing akan melonjak dikala mendekati hari raya Idul Adha.
Cara Ternak Kambing Kaprikornus Gemuk Hasil Panen Maksimal
Cara ternak kambing yang baik tentunya akan menghasilkan hasil yang baik pula, sebuah fakta yang saya tahu kambing ini merupakan mamalia yang sangat cocok dikembangbiakkan dimanapun atau bahasa kasarnya kambing ini akan tetap sanggup bertahan hidup dimanapun asal dengan apakan yang cukup (bukan pakan yang terbaik). Ya, kambing merupakan hewan yang kuat, cepat berkembangbiak dan ketahun terhadap penyakit yang baik. Dengan fakta-fakta tersebut seharusnya sobat tidak ragu lagi kalau akan memulai perjuangan ternak kambing.

Sperti yang saya tulis diatas bahwa kambing sangat cepat dalam hal berkembang-biak, Kambing betina sudah sanggup dikawinkan sesudah memasuki usia 7 bulan, dan kambing akan bunting antara 5-6 bulan. Setelah anak kambing lahir maka 3 bulan kemudian sang induk sudah sanggup dikawinkan lagi, begitu seterusnya. Kambing sanggup menghasilkan anak antara 1-4 ekor, namun hal ini tergantung kualitas indukan dan pakan keseharian pastinya.

Semua hal diatas tentunya akan semakin maksimal kalau dilaksanakan dengan cara ternak kambing yang baik dan benar, selain kambing sehat, gemuk, cepat beranak, hasil susu yang melimpah (jika kambing etawa), dan pastinya pupuk yang dihasilkan akan berkualitas tentunya akan anggun untuk memupuk tanaman. Jika sudah demikian tunggu apalagi, segera laksanakan ternak kambing cita-cita Anda!!

Siklus Reproduksi Kambing

Sebelum sobat memulai perjuangan ternak kambing ini akan saya berikat sedikit penyemangat dengan fakta yang ada dalam perjuangan ini, Sobat haru tahu bagaimana proses reproduksi kambing. Kambing mempunyai tingkat produktifitas yang sangat tinggi, induk sanggup beranak sebanyak 2 kali dalam setahun, Setidaknya kambing induk betina akan beranak 2 kali dalam 2 tahun. Dengan fakta menyerupai ini tentunya merupakan sebuah peluang perjuangan yang sangat anggun dan menjanjikan. Hal ini belum lagi kalau induk yang sobat kembangbiakkan sanggup melahirkan 3 hingga 4 ekor anak, tentunya sanggup dibayangkan berapa laba yang akan sobat dapatkan dalam perjuangan ini.
Cara Ternak Kambing Hasil Panen Maksimal 100%
Kambing mempunyai usia yang tergolong sangat cepat dalam berkembangbiak kalau dibandingkan dengan jenis ternak lainnya, kambing sudah sanggup dikawinkan pada usia 7 bulan kalau kambing betina. Dan kambing jantan sanggup dikawinkan dikala memasuki usia 10-12 bulan. Kambing betina yang sudah siap kawin akan ditandai dengan sifatnya yang gelisah, nafsu makan dan minum berkurang, sering mengibaskan ekor, kencing lebih sering meskipun sedikit, kelamin bisul lembap berwarna merah dan sering bersuara. Jika sudah mempunyai gejala demikian maka segeralah mengawinkannya dengan pejantan yang unggul alasannya masa birahi kambing betina berlangsung hanya 24-45 jam saja, dengan siklus yang berselang 17-21 hari.

Dalam perjuangan ternak kambing perbandingan antara pejantan dan betina ialah 1 : 10 jadi 1 pejantan sanggup dipakai untuk mengawini 10 kambing betina. Kambing betina akan bunting antara 144 – 156 hari atau sekitar 5-6 bulan saja. Setelah melahirkan sang induk akan menyusui antara 3-4 bulan, dan sesudah itu induk betina akan siap dikawinkan dengan pejantan kembali.

Cara Ternak Kambing Dengan Langkah- Langkah Yang Benar

Langkah untuk memulai perjuangan ternak kambing sangatlah sederhana dan sanggup dilakukan siapa saja alasannya langkah yang dimaksud hanya memulai untuk membuat sangkar hingga perawatan hingga masa panen tiba. Ternak kambing sanggup dijalankan oleh siapa saja alasannya dalam perawatannya sangatlah mudah, perjuangan ternak kambing ini juga sanggup dijadikan perjuangan sampingan. Berikut merupakan langkah-langkah sederhana yang harus dilakukan!!

Pembuatan Kandang

Dalam pembuatan sangkar sebaiknya perlu diperhatikan dengan seksama biar kambing merasa nyaman dengan daerah tinggalnya, dengan begitu kambing akan hidup dengan tenang, sehat dan juga kondusif sehingga kambing akan cepat tumbuh dan berkembang-biak. Kandang kambing sebaiknya dijauhkan dari rumah pemukiman alasannya kambing ini tentunya akan mengeluarkan kotoran dan urinnya sehingga membuat udara yang tidak sedap dan bahkan akan menjadikan penyakit dengan mediator lalat atau udara.
Cara Ternak Kambing Maksimal 100%
Kandang kambing yang baik juga harus dibangun ditempat yang cukup udara, sinar matahari, dan teduh. Jangan membangun sangkar di area yang panas alasannya kambing sangat menyukai daerah yang teduh.

Peternak harus mengerti bahwa selain memelihara kambing yang sehat tentunya keluarga kitalah yang lebih penting kesehatannya. Dibawah ini merupakan kriteria ukuran sangkar kambing berdasarkan fungsinya :

  • Ukuran 120 cm x 120 cm ialah sangkar untuk beranak untuk induk+dua anak
  • Ukuran 100 cm x 125 cm untuk induk (baik yang hamil atau tidak hamil) untuk 1 ekor
  • Ukuran 100 cm x 125 cm untuk pembesaran anak yang telah di sapih untuk satu ekor
  • Ukuran 110 cm x 125 cm untuk pejantan per ekornya ialah : 110 cm x 125 cm
  • Ukuran 100 cm x 125 cm  untuk dara/dewasa (di siapkan sebagai kambing potong) per ekornya.

Penyediaan Bibit Kambing Yang Unggul

Dalam penyediaan bibit tentunya harus diubahsuaikan dengan tujuan peternakan, dalam dunia beternak kambing terdapat beberapa tujuan diantaranya ialah penggemukan (pedaging), perkembangbiakan, sebagai kambing perah penghasil susu, dan sebagai kambing kontes (Etawa super). Untuk itu sobat harus memilih tujuan ternak kambing apa yang akan sobat kelola, kalau kambing pedaging maka sebaiknya memakai kambing jawa lokal (kacang) alasannya kambing ini lebih gampang dalam perawatannya dan juga tingkat ketahanan terhadap penyakit yang kuat. Jika sobat ingin mengarahkan ternak kambing ke penghasil susu maka harus menyediakan bibit kambing etawa, khusus untuk kambing etawa mempunyai banyak peluang alasannya sanggup sebagai kambing susu, kambing pedaging, dan bahkan kambing kelas kontes yang nantinya harganya akan menjadi puluhan kali lipat daripada harga sewajarnya. Dibawah ini akan saya jelaskan secara rinci bagaimana ciri-ciri kambing yang unggul untuk dijadikan bibit :

1.      Ciri-ciri induk betina yang unggul:
·         Tubuh kambing terlihat kokoh seimbang dan tulang punggung lurus, kambing gemuk sehat dan tidak cacat.
·         Sifat yang jinak dan tidak galak.
·         Kaki-kaki lurus dan tumitnya tinggi.
·         Gigi yang rata, lengkap dan sejajar.
·         Saat lahir anak tunggal atau 2 anak.
·         Tubuh tegak sehat dan mempunyai puting susu 2.

2.      Ciri-ciri Induk Pejantan Unggul:
·         Kambing sehat, badan terlihat kekar dan kokoh dikala berdiri, mempunyai dada lebar namun tidak kegemukan, mempunyai nafsu kawin tinggi dan galak.
·         Ke empat kakinya berpengaruh dan lurus.
·         Lahir dari anak tunggal atau 2 bersaudara
·          Berusia ideal antara 1,5 -3 tahun.

Pemberian Pakan Cara Ternak Kambing

Poin ini merupakan salah satu yang terpenting dalam perjuangan ternak kambing. Pakan akan sangat mensugesti tingkat produktifitas atau hasil panen kambing yang akan sobat jalankan. Pakan harus di ambil dari bahan-bahan yang tidak mahal dan bahkan sanggup didapat secara gratis guna memangkas pengeluaran sehemat mungkin. Kambing sanggup diberi makan hijaun saja dan tanpa pakan lainnya. Namun hal ini kurang maksimal alasannya kambing akan lebih sehat kalau diberi pakan tambahan.

Para masyarakat pedesaan pada umumnya memberi makan kambing dengan hanya dedaunan saja dan terbukti kambing yang dirawat sehat dan gemuk. Kambing mereka juga sanggup beranak dengan menyerupai pada umumnya. Hal ini sanggup dilakukan asal pakan yang dimakan kesehariannya mengandung karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral yang cukup.

Jika semua itu sudah dibuktikan oleh para peternak yang hanya memakai pakan berkualitas rendah saja kambing sanggup tumbuh gemuk dan berkembangbiak maka sanggup dibayangkan kalau pakan kambing kita naikkan menjadi pakan yang berkualitas yang kaya akan gizi yang diharapkan oleh kambing. Kambing sanggup diberi makan limbah pertanian menyerupai daun kering, namun harus dihindari dari pinjaman pakan yang mengandung racun.

Pakan rumput kering saja tidak cukup, sobat perlu memberi pakan tambahan yaitu konsentrat yang sanggup didapat dengan membeli di toko ternak terdekat. Jika tidak ada konsentrat sobat sanggup menggantinya dengan adonan dari bahan-bahan seberat 3kg (sebaiknya 1 ekor kambing setiap harinya di berikan dengan berat pakan tambahan 3 kg) 3 kg tersebut ialah : ampas tahu 40%, bekatul 40%, dan racikan singkong 20%, pakan tambahan sanggup di berikan pada siang hari (bukan pada dikala memberi pakan hijau-hijauan). Dalam pinjaman pakan kambing ini sebaiknya dilakukan dua kali dalam sehari yaitu antara pagi dan sore, lebih anggun dikala malam hari sekitar jam 7 malam. Khusus untuk induk pejantan yang sering kawin sanggup diberi komplemen masakan yang sanggup dibeli di toko pakan ternak terdekat biar kesehatan dan stamina pejantan tetap stabil. Suplemen masakan ini juga anggun dipakai untuk induk betina yang sedang hamil atau menyusui.

Pengendalian Serangan Penyakit Pada Ternak Kambing

Dalam langkah ini tidak sanggup diacuhkan alasannya kalau terjangkit penyakit kambing akan kurus dan bahkan mati sehingga ternak kambing yang sobat kelola akan merugi. Kaprikornus hal ini sangat perlu diperhatikan alasannya tingkat kepentingannya. Kambing harus selalu dalam keadaan sangkar yang bersih, mengkonsumsi pakan yang sanggup memenuhi gizi yang diharapkan kambing. Dengan demikian maka kambing akan sangat susah terjangkit penyakit dan bahkan tidak mungkin.

Beberapa penyakit yang umum menyerang kambing ialah cacingan, kudis (scabies), kembung perut (bloat), paru-paru (pneumonia), orf, dan koksidiosis. Semua penyakit ini tidak akan muncul kalau cara beternak kambing yang sobat kelola sudah memenuhi dari beberapa langkah diatas yang sudah saya jelaskan. Intinya sobat harus mencegahnya dengan perawatan yang benar, sangkar higienis dan masakan dan minuman telah memenuhi gizi yang diharapkan kambing. Jika salah satu kambing sudah terkena penyakit maka seharusnya dipisahkan biar tidak menular, selanjutnya harus diobati dengan obat yang sanggup dibeli di toko pakan ternak sesuai dengan penyakit yang diderita kambing.

Masa Panen Ternak Kambing

Ini ialah masa yang kita tunggu-tunggu dimana jerih payah kita akan kita tukarkan dengan pundi-pundi rupiah. Panen harus sesuai tujuan ternak kambing yang sobat target, kalau sebagai kambing potong/pedaging maka pemanenan sesudah memasuki usia 1 hingga 1,5 tahun dimana pada usia ini kambing sudah tidak sanggup naik lagi bobot tubuhnya. Selain diambil dagingnya Sobat juga sanggup menjual kulit, tanduk dan memakai kotoran sebagai pupuk tanaman.


Ulasan perihal Cara Ternak Kambing Kaprikornus Gemuk Hasil Panen Maksimal 100% meliputi ruang lingkup perihal : Cara Ternak Kambing Kaprikornus Gemuk, Cara Ternak Kambing, Ternak Kambing Cepat Gemuk, Usaha Ternak Kambing, Beternak Kambing 2019.

Artikel lainnya yang mungkin terkait dengan Cara Ternak Kambing Kaprikornus Gemuk:


Bagi teman-teman yang ingin mendownload ulasan tentang Cara Ternak Kambing Kaprikornus Gemuk Hasil Panen Maksimal 100% dalam bentuk file PDF sanggup mengunduhnya dalam link dibawah ini. Sobat sanggup menggunakannya dengan bijak, untuk banyak sekali acara yang bermanfaat, namun tidak untuk diperjual belikan, Terimakasih!!

Download Cara Ternak Kambing Kaprikornus Gemuk Hasil Panen Maksimal 100%

Setelah panen usai maka kiprah Sobat ialah terus menaikkan hasil panen, menambah bibit dan berinisiatif membuat pakan murah berkualitas menyerupai yang sudah saya jelaskan dalam pembahasan Pakan Ternak Kambing Buatan Tanpa Ngarit Efektif Dan Cepat Gemuk. Cukup terperinci pembahasan cara ternak kambing yang saya jelaskan kali ini, terus semangat....Salam Sukses Mitra TANI!!