Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menanam Rosemary Dengan Betul

Bagaimana cara menanam rosemary yang betul? Rosemary atau rosmarin (Rosmarinus officinalis) ialah tumbuhan rempah-rempah yang juga sering digunakan sebagai bumbu penyedap masakan. Rosemary merupakan bumbu wajib untuk menciptakan makanan-makanan yang bercitarasa ala daerah Laut Tengah termasuk Italia, Yunani, Turki, dan Levantia. Rosemary mempunyai aroma khas yang harum dan sangat kuat.

Tanaman rosemary juga sanggup diolah menjadi teh yang mempunyai kegunaan untuk menyembuhkan reumatik dan meringankan tanda-tanda flu alasannya ialah banyak mengandung kalsium, zat besi, dan vitamin B6. Anda bahkan sanggup membuatnya sendiri alasannya ialah prosesnya gampang sekali. Beberapa orang pun memakai rosemary sebagai materi dasar pembuatan jamu tradisional yang mempunyai khasiat untuk terapi pengobatan. Ada pula yang memakai rosemary sebagai pestisida alami untuk menanggulangi serangan hama pada tanaman.

Bagaimana cara menanam rosemary yang betul Cara Menanam Rosemary dengan Betul

Ada banyak metode yang sanggup dilakukan untuk menanam rosemary. Selain pencangkokan dan setek batang, Anda sanggup menumbuhkan tumbuhan rosemary dari bijinya. Berikut ini panduan langkah-langkah selengkapnya :

Perendaman Biji Rosemary

Siapkan biji rosemary yang akan Anda tanam. Masukkan biji tersebut ke dalam wadah yang sudah berisi air secukupnya. Rendamlah selama kurang lebih 3-5 jam. Biji rosemary yang telah melalui proses perendaman ini akan menjadi lebih gampang melaksanakan perkecambahan.

Penyiapan Media Tanam

Biji rosemary paling baik ditanam memakai media tanam yang terbuat dari adonan tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan 2:1. Sebelum digunakan, tanah perlu melalui tahap sterilisasi terlebih dahulu sehingga bebas dari bibit penyakit dan jamur. Tahap ini sanggup dilakukan dengan mengukus tanah yang akan digunakan selama 10-15 menit. Sterilisasi juga sanggup dilakukan dengan menyemprotkan insektisida atau fungisida.

Penanaman Benih Rosemary

Tanamkan benih rosemary yang sudah direndam tadi di dalam media tanam. Penanaman dihentikan terlalu dalam supaya benih tetap sanggup mendapat sinar matahari untuk mendukung pertumbuhannya. Jagalah kondisi media tanam supaya tetap lembab, tetapi tidak becek. Caranya pot penanaman diletakkan di ruangan terbuka serta disiram setiap pagi dan sore hari.

Perawatan Tanaman Rosemary

Rosemary merupakan salah satu tumbuhan yang tidak memerlukan perawatan secara khusus. Bahkan tumbuhan ini pun tidak perlu diberikan perhiasan pupuk hingga jangka waktu lebih dari setahun. Namun Anda harus benar-benar memperhatikan kondisi kelembaban media tanam, jangan hingga terlalu kering atau terendam air. Setelah tumbuh besar, Anda sanggup memanfaatkan penggalan daun dan bunga rosemary.