Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menentukan Buah Durian Yang Paling Enak

Bagaimana cara menentukan buah durian yang paling enak? Jika ada pertanyaan apakah buah yang paling yummy di dunia, maka sebagian besar masyarakat Indonesia niscaya akan menjawabnya dengan buah durian. Apalagi kalau bukan alasannya ialah rasa buah durian yang memang begitu menggugah selera. Perpaduan antara rasa manis, gurih, dan legit bisa memperlihatkan sensasi tersendiri yang tak terlupakan.

Biasanya orang lebih tertarik membeli buah durian di penjual-penjual pinggiran jalan dibandingkan dengan supermarket. Alasannya tidak lain alasannya ialah buah durian yang dijual di daerah ibarat ini umumnya lebih murah. Tetapi diharapkan ketelitian yang tinggi untuk menentukan buah-buah tersebut. Bila hingga keliru, Anda terpaksa harus menikmati buah durian yang masih mentah, mengkal, atau malah rasanya tidak enak.

Bagaimana cara menentukan buah durian yang paling yummy Cara Memilih Buah Durian yang Paling Enak

Khusus buat Anda yang ketika ini sedang ingin membeli buah durian, perhatikanlah faktor-faktor berikut dalam memilihnya!

Bentuk Buah Durian, Lonjong vs Bulat

Perhatikan baik-baik bentuk dari buah durian yang Anda beli. Kebanyakan buah yang berbentuk lonjong, oval, atau elips mempunyai jumlah biji yang sedikit tetapi rasa dagingnya sangat mantap. Cocok sekali untuk dimakan sendiri. Sedangkan buah durian yang mempunyai bentuk cenderung bundar biasanya berisi biji lebih banyak, tetapi rasanya kurang memuaskan. Tak ada salahnya Anda menentukan buah ini jikalau ingin dimakan ramai-ramai.

Ukuran Duri yang Menyelubungi Buah Durian

Kemudian beralihlah mengamati duri yang tersusun di kulit buah durian. Kalau bisa, pilihlah buah yang mempunyai duri berukuran besar. Ini dikarenakan buah tersebut umumnya mengandung daging yang tebal dan besar. Anda akan puas ketika menikmatinya. Begitu pula untuk durian yang berduri cenderung kecil, daging buahnya cenderung sedikit.

Buah Durian Besar Jauh Lebih Baik

Disarankan beli buah durian yang berukuran besar daripada buah durian yang ukurannya kecil. Bahkan kami berani menyampaikan kalau membeli 1 buah durian besar jauh lebih menguntungkan ketimbang 3 buah durian kecil. Rata-rata isi daging yang terdapat di dalam 1 buah durian besar setara dengan 4-5 buah durian kecil. Tetapi diharapkan ketelitian yang tinggi untuk sanggup menentukan buah yang ukurannya lebih besar.

Jangan Pilih Buah Durian Merekah

Hindari membeli buah durian yang kondisi kulitnya sudah merekah. Abaikan anjuran penjual yang menurunkan harga untuk buah durian yang sudah merekah, walaupun rekahannya tidak terlalu lebar. Kenapa? Aroma buah durian yang sudah merekah ini sudah menghilang terbawa angin sehingga rasanya pun hambar. Kalau pun ada rasa yang menonjol, rasa tersebut paling juga manis ibarat gula. Jika Anda sudah terlanjur membelinya, buah durian yang telah merekah ini lebih yummy dinikmati bila diolah menjadi bubur daripada dimakan begitu saja.

Rasakan Bobot Buah Durian Pilihan

Disarankan untuk menentukan buah durian yang bobotnya cenderung lebih enteng daripada buah kebanyakan. Buah durian yang mempunyai bobot yang lebih ringan ini biasanya menyimpan daging yang sudah matang sehingga ukuran dan ketebalannya pun menyusut. Berbeda dengan buah durian yang terasa berat, buah ini biasanya berisi daging yang masih mentah, mengkal, mengandung banyak air, atau bahkan sudah terlanjur kelewat matang hingga busuk.

Guncangkan Buah Durian dan Dengarkan

Cobalah ambil salah satu buah durian yang berdasarkan feeling Anda mempunyai kualitas yang bagus. Pegang buah durian tersebut baik-baik, kemudian cobalah guncangkan selama beberapa kali. Guncang buah durian ini sambil dengarkan suara yang mungkin akan muncul dari dalam buah. Jika Anda mendengar suara ibarat biji durian yang bergerak ketika mengguncang buah durian maka sanggup dipastikan kalau daging buah pilihan Anda berjenis kering. Jenis ini buah ini termasuk berkualitas terbaik alasannya ialah tidak mengandung banyak air.

Perhatikan Ketebalan Kulit Tangkainya

Anda bisa mencoba mencungkil kulit tangkai buah durian sedikit saja. Usahakan sebelum melaksanakan hal tersebut Anda bisa meminta izin kepada penjualnya terlebih dahulu supaya tidak ada kesalahpahaman. Anda bisa memakai kuku untuk mencungkil kulit tangkai buah durian. Perhatikan dengan baik tingkat ketebalan dari kulit tangkai buah ini. Bila kulitnya termasuk tebal, kemungkinan besar daging buahnya tebal pula. Sedangkan jikalau kulit tangkainya berwarna kekuning-kuningan, ada potensi besar bahwa daging buah durian di dalamnya pun berwarna kuning.

Hirup Aroma Khas Buah Durian

Sebagai orang yang mengaku suka dengan buah durian tentunya Anda sudah hafal betul bagaimana karakteristik aroma khas yang dimiliki oleh buah berduri ini. Makara jangan lupa untuk memperhatikan baik-baik aroma ibarat apa yang dikeluarkan oleh buah pilihan Anda. Jika aromanya cenderung manis, daging di dalam buah durian ini mempunyai rasa manis. Sementara kalau aromanya cenderung pekat dan memahit, rasa daging buah tersebut manis dan kurang jelas pahit. Berbeda dengan buah durian yang masih mentah, buah ini biasanya mempunyai aroma yang segar dan lembut tanpa aroma khas yang tajam. Dan untuk buah durian yang masih mengkal umumnya beraroma tebal dan berlemak.