Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menanam Nanas Dengan Mahkota Buahnya!

Apakah Anda ingin menanam nanas dengan mahkotanya? Nanas (Ananas comosus) yaitu tumbuhan buah yang tergolong dalam famili Bromeliaceae. Tanaman ini berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay. Bentuk pohonnya rendah, menahun, dan mempunyai daun berujung tajam yang panjang. Daun tersebut tersusun dalam bentuk roset yang mengelilingi batangnya.

Nanas sanggup diperbanyak secara vegetatif memakai mahkota buahnya. Kaprikornus apabila Anda membeli buah nanas yang masih mempunyai mahkota, jangan lekas membuang bab tersebut alasannya yaitu sanggup ditanam kembali. Selain nanti sanggup diambil buahnya, bentuk tanaman nanas yang unik pun sanggup menghiasi pekarangan rumah. Dalam waktu 10-12 bulan kemudian, tanpa Anda sadari tumbuhan tersebut akan menghasilkan buah yang sanggup dinikmati bersama keluarga.

Apakah Anda ingin menanam nanas dengan mahkotanya Cara Menanam Nanas dengan Mahkota Buahnya!

Biar lebih mudah, perhatikan metode penanaman mahkota buah nanas di bawah ini!

  1. Pemilihan Buah Nanas

Sebenarnya tidak problem apapun jenis nanas yang Anda beli, mahkota buahnya sanggup ditanam di tanah. Namun apabila Anda ingin membudidayakannya, pilihlah buah nanas yang berasal dari varietas unggul. Di samping perawatannya lebih gampang, nanas jenis ini pun akan menghasilkan buah yang mempunyai nilai hemat yang tinggi. Pilihlah buah yang sudah dalam kondisi matang, mempunyai mahkota yang sempurna, dan tidak dalam keadaan busuk.

  1. Pemisahan Mahkota dengan Buah

Pada nanas, mahkota ini terdapat di bab atas buahnya. Sekilas bentuknya sangat mirip tumbuhan nanas dewasa. Anda sanggup memisahkan bab tersebut dengan memotongnya memakai pisau yang steril. Usahkan sisakan sedikit saja bab bonggol di bawah mahkota buah ini. Karena mengandung air dalam kadar yang tinggi, terlalu banyak menyisakan buah nanas di mahkota justru sanggup memicu terjadinya pembusukan dini.

  1. Bersihkan Mahkota Memakai Air

Mahkota buah yang telah dipotong dari buah nanas selanjutnya sanggup Anda bersihkan sedemikian rupa. Buanglah beberapa helaian daun terutama daun yang kondisinya sudah menua, kering, dan berwarna kecokelat-cokelatan. Setelah itu, basuh di bawah air mengalir untuk membuang semua lendir yang melekat di permukaannya. Kemudian angin-anginkan mahkota buah ini selama 2 sampai 3 hari agar mengering.

  1. Pembibitan Mahkota

Proses pembibitan bertujuan untuk meningkatkan potensi hidup mahkota nanas. Anda sanggup membibitkan mahkota nanas ini di dalam air. Caranya yaitu tusuklah bab dasar mahkota tersebut memakai empat tusuk gigi yang berfungsi sebagai penyangga. Lalu rendam mahkota tersebut di dalam air. Pastikan hanya bab dasar dari mahkota yang terendam di air. Dalam waktu 10-15 hari kemudian mahkota tersebut akan menumbuhkan beberapa akar.

  1. Penyiapan Media Tanam

Nanas paling anggun ditanam di tanah yang mempunyai pH agak asam. Anda sanggup membuatnya dengan mencampurkan tanah, pupuk kandang, dan pasir dengan perbandingan 3:1:1. Setelah jadi, media tanam ini sanggup dimasukkan ke dalam polybag atau ditaburkan eksklusif di lubang tanam yang ada di permukaan tanah.

  1. Penanaman Mahkota Nanas

Mahkota nanas yang sudah mempunyai akar selanjutnya kita sebut sebagai bibit. Bibit nanas ini sanggup Anda tanam di lubang penanaman yang telah disiapkan sebelumnya. Usahakan area penanaman bibit nanas ini berada di posisi yang lebih tinggi daripada permukaan di sekitarnya agar tidak simpel terendam air.