Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membersihkan Jamur Yang Benar

Apakah Anda pernah memakan jamur? Bagaimana rasanya berdasarkan Anda? Lezat dengan komplemen tekstur yang kenyal bukan? Sebagian besar orang yang pernah mengonsumsi jamur niscaya akan pribadi menyukai materi kuliner ini. Bahkan jamur disebut-sebut mempunyai rasa yang menyerupai mirip daging.

Sebelum sanggup dikonsumsi, jamur harus dibersihkan terlebih dahulu. Sebab jamur intinya tinggal di lingkungan yang lembab sehingga sering menjadi sarang bagi bibit penyakit. Kesalahan dalam mencuci jamur sanggup mengakibatkan tanda-tanda keracunan makanan. Tetapi, bagaimana sih cara yang benar dalam membersihkan jamur?

Proses pencucian jamur harus didasarkan pada jenis dari jamur yang ingin Anda masak. Metode dalam membersihkan jamur segar tentu berbeda dengan jamur yang sudah dikeringkan. Jamur merang, jamur tiram, dan jamur kancing biasanya dijual dalam keadaan masih segar. Sedangkan khusus untuk jamur shiitake dan jamur kuping, kebanyakan jamur ini dijual dalam kondisi yang sudah kering.

 Lezat dengan komplemen tekstur yang kenyal bukan Cara Membersihkan Jamur yang Benar

Nah, berikut ini kiat-kiat yang sanggup Anda lakukan untuk membersihkan jamur!

Kiat I : Membersihkan Jamur Tiram

Jamur tiram yang dijual di pasar umumnya sudah dalam kondisi yang bersih. Kaprikornus Anda tidak perlu mencucinya lagi. Anda cukup mengukus jamur tersebut sebentar supaya kondisinya sudah benar-benar layak untuk dimasak. Caranya yaitu siapkan panci pengukus yang sanggup dibeli di www.alatperaboran.com kemudian masukkan 2 gelas air higienis dan pasanglah sarangannya.

Kukuslah jamur tiram tersebut selama 5-10 menit memakai api yang sedang. Untuk mengecek jamur sudah matang atau belum, Anda sanggup menusuknya dengan garpu. Jika jamur praktis ditusuk artinya sudah matang. Tiriskan jamur tadi kemudian bilas dengan air higienis sebanyak 2-3 kali. Jangan lupa setiap kali proses pembilasan, Anda harus memeras jamur tadi hingga kering biar aroma kayunya hilang.

Kiat II : Membersihkan Jamur Kancing dan Jamur Merang

Untuk membersihkan jamur kancing dan jamur merang hingga tuntas, Anda sanggup memulainya dengan membersihkan seluruh permukaan jamur tersebut dari kotoran kemudian cucilah di bawah air yang mengalir hingga bersih. Setelah itu, Anda sanggup menyiapkan panci berisi air dengan volume setengah dari jumlah jamur yang akan direbus. Masaklah air tersebut hingga mendidih.

Setelah air benar-benar mendidih, masukkan jamur kancing/jemur merang ke dalamnya dan aduk sebentar supaya semua jamur terkena air panas. Masaklah jamur ini selama minimal 5 menit dengan api yang besar. Jika air sudah mengeluarkan buih, warnanya bermetamorfosis kecoklat-coklatan, dan mengakibatkan wangi yang khas berarti proses perebusan jamur sudah selesai. Silakan tiriskan jamur. Bilaslah segera jamur tersebut memakai air hambar sebanyak 2-3 kali.

Kiat III : Membersihkan Jamur Shiitake dan Jamur Kuping

Jamur shiitake dan jamur kuping biasanya dijual dalam kondisi yang telah dikeringkan. Artinya Anda perlu melaksanakan upaya sedemikian rupa supaya jamur tersebut segar kembali. Caranya yaitu merendam jamur-jamur ini di dalam air panas selama 1-5 jam tergantung jumlah dan kondisi jamur yang ingin dimasak. Barulah sesudah jamur tersebut mengembang sempurna, Anda sanggup membilasnya dengan air yang mengalir hingga bersih.