Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buah Alpukat, Buah Enak Yang Kaya Manfaat

Alpukat (Persea americana) ialah buah yang mempunyai kulit berwarna hijau hingga hijau gelap dan bertekstur garang atau halus tergantuani varietas. Daging buah alpukat berkelir kuning kehijauan hingga kuning pucat. Rasa buah alpukat sangat khas menyerupai krim yang lembut di mulut.
Alpukat merupakan flora yang berasal dari Meksiko, Amerika Tengah. Pohonnya sanggup tumbuh di banyak sekali kondisi tanah asalkan suhunya tidak terlalu dingin. Buah alpukat kaya akan lemak tak jenuh yang menyehatkan bila dikonsumsi. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin B, vitamin E, vitamin K, dan kalium.
Namun ternyata, buah alpukat ini bersifat racun bagi sejumlah binatang. Kucing, anjing, kelinci, kuda, dan burung akan menderita sakit atau bahkan mati kalau memakan buah alpukat ini. Hal ini dikarenakan alpukat mempunyai kandungan senyawa persin yang akan menjadi toksik apabila ditelan oleh binatang peliharaan pada umumnya.
Sebagai flora orisinil Meksiko, penduduk setempat memanfaatkan alpukat untuk menciptakan beranekaragam makanan. Salah satu yang paling populer ialah guacamole. Pada dasarnya, guacamole ialah saus yang terbuat dari alpukat dan rempah-rempah lainnya. Rasa guacamole begitu creamy sebab menggunakan alpukat sebagai materi utamanya.
Saat ini, pohon alpukat banyak dibudidayakan di negara-negara beriklim tropis termasuk buah apel, buah alpukat merupakan buah yang mahal dan menjanjikan laba yang menggoda. Daerah-daerah yang populer sebagai penghasil alpukat antara lain Bogor, Temanggung, Malang, Pacitan, dan Soe.
Pohon alpukat sanggup tumbuh dengan ketinggian mencapai 20 meter. Daunnya berbentuk oval meruncing, berwarna hijau pekat, dan berukuran 12-25 cm. Bunganya berwarna hijau kekuningan, berukuran 5-10 mm, dan agak tersembunyi. Sementara biji alpukat berbentuk lingkaran melancip dengan ukuran berkisar 5-6,4 cm.
Buah alpukat berjenis buni dan mempunyai kulit yang agak garang dengan warna hijau renta hingga ungu kecoklatan tergantung varietas. Buah alpukat berukuran 7-20 cm dan berbobot 100-1.000 gram. Buah alpukat terasa gurih-gurih manis dengan tekstur yang lembut.
Alpukat mempunyai banyak kegunaan bagi manusia. Batangnya sanggup digunakan sebagai kayu bakar. Bijinya merupakan pewarna alami yang tidak gampang luntur. Kulit batangnya juga sering digunakan sebagai pewarna tekstil untuk cokelat. Daging alpukat sanggup diolah menjadi makanan, minuman, kosmetik, dan kecantikan. Bahkan alpukat ialah obat alami untuk sariawan dan kulit kering yang ampuh.
Daun alpukat sering digunakan untuk pengobatan alternatif dan herbal. Beberapa penyakit yang dipercaya sanggup sembuh dengan daun alpukat misalnya kencing batu, darah tinggi, sakit kepala, nyeri saraf, dan nyeri lambung. Sedangkan biji alpukat juga merupakan obat tradisional untuk kencing manis dan sakit gigi.