Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Probiotik Pemusnah Penyakit Berak Darah Dan Snot


                          
     PROBIOTIK PEMUSNAH PENYAKIT BERAK DARAH DAN SNOT

PENYAKIT BERAK DARAH ATAU COCCIDIOSIS

Penyakit ini menyerang pada organ pencernaan atau usus yang berdarah darah. Usia di bawah 2,5 bulan merupakan usia yang sangat sensitive. Maka perilaku ke hati hatian sangat di butuhkan oleh seorang peternak, administrasi dan aktivitas biosekuritu harus di jalankan dengan benar.

Penyebab penyakit ini ialah jasad renik Protozoa bersel satu, yang berjulukan Coccidia. Ada banyak macam jenis coccidian, tapi yang paling jahat ganas ialah Eimeria Tenella dan Eimeria Necatrix, dengan cirri utama kotoran warna merah darah.

Penularan dapat lewat daerah pakan dan minum yang telah terinfeksi, dapat juga alasannya ialah ayam memakan kotoran yang membawa bibit penyakit. Silahturahmi antara ayam sakit kea yam sehat pun dapat menjadi penyebab penularan penyakit. Yang lebih di perhatikan ialah pada ayam Carrier, yaitu ayam yang habis sembuh dari penyakit berak darah ini, tapi bergotong-royong ia ialah pembawa bibit penyakit pada generasi selanjutnya.Pada pembibit atau Breeder yang bertanggungjawab maka ayam yang pernah terkena penyakit ini haram hukumnya untuk di jadikan bibit Indukan.

Gejala serangan penyakit pada usia stater ialah anak ayam menjadi lesu darah, bulu garang berdiri, jongkok telur dan sayap menggantung tiada nafsu makan minum. Kotoran warna merah darah dan cloaka kotor oleh feces, mata selalu tertutup dan bergerombol berjejal pada sudut sudut kandang.

Sedang serangan pada ayam yang sudah usia dewasa, cirri utama produksi telur turun dratis, sayap terkulai, tiada nafsu makan minum dan feces warna darah alasannya ialah dinding usus yang terluka.

PENYAKIT SNOT CORIZA ATAU PILEK

Penyakit dengan cirri utama kepala jerawat menyerupai habis di pukuli. Awal awal penyakit dikala tiba ialah lubang hidung mengeluarkan eksudat cair, usang kelamaan penjadi padat keruh yang menyumbat lubang pernapasan. Karena terjadi kesulitan bernapas, ayam jadi sering bersi bersin dan mengguncang guncangkan kepala. Nafsu minum meningkat tajam sedang makan nya malah turun dratis sehingga pertahanan daya tahan badan dapat jebol.

Penyebab utama fentilasi perputaran udara di dalam areal perkandangan yang tidak sempurna. Uap amoniak yang di hasilkan dari feces tidak dapat keluar dari kandang. Sehingga sesudah daya tahan badan droup maka pintu masuk basil Hemophillus Gallinangrum terbuka lebar.

Makara kunci utama ialah pada keluar masuknya udara segar harus cantik dan berjalan normal. Sebab kalau tidak di kwatirkan penyakit Snot sangat gampang sekali komflikasi dengan CRD Chronis Respiratory Disease.JIka ini terjadi …waduh…sulit penanganannya.

Jika sangkar semi tertutup, penggalan dinding sangkar penggalan bawah di buat lubang angin kecil kecil di sepanjang dinding kandang. Agar udara segar yang masuk lewat bawah dapat mendorong amoniak keluar dari areal kandang.

PROBIOTIK

Probiotik yang aku maksud di sini ialah probiotik yang pernah aku bahas pada dokumen arsip dengan sub judul “HERBAL TOP PENGHANCUR SEGALA PENYAKIT AYAM dan REAKTOR DIGESTER PROBIOTIK “
yang dapat di buka di grup facebook “ AYAM KRESING SUPER atau buka yang di blog : BUMITERNAK-BETHA.BLOGSPOT.COM

Dari ke enam macam herbal yang di gunakan, daun sirih, kunir, temulawak, jahe, brotowali, asam jawa
saling bersinergi menguatkan dan berpadu satu mengusir bibit penyakit dan dapat di kombinasikan dengan obat obat kimia produksi pabrik. Ini tidak saling mengurangi khasiat tapi malah saling membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit.

Pada peternakan aku sesudah dari kecil DOC menggunakan selalu probiotik ,ayam sudah tidak pernah terjangkit beral darah dan snot. Malah asupan pakan turun tapi pertumbuhan tidak menurun, dan lagi produktivitas telur ayam yang turun dratis dapat meningkat lagi.

Kasus pada ternak saya,ayam yang sebulan lagi harus afkir alasannya ialah sudah usia 2 tahun, sesudah di beri probiotik , produksi telur malah meningkat 10%, ini insiden kasatmata bukan tipuan.

Makanya rekan rekan peternak pelajari kembali dua sub judul di atas dan usahakan untuk dapat menciptakan probiotik sendiri….kalau dapat bikin sendiri kenapa mesti beli……………….

Grup facebook : ayam kresing super
Twitter : @betha_sutrisno
Blog : pertaniankoq.blogspot.com
Email : betha_sutrisno@yahoo.co.id