Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemeliharaan Doc Dan Dod


PEMELIHARAAN DOC dan DOD

Pemeliharaan fase stater ini , kata orang adadalah tahap tersulit, tapi benarkah menyerupai itu? Asumsi itu dapat benar ,bila administrasi Broding salah dan dapat salah jikalau Brooding sempurna penanganan.

PEMELIHARAAN DOC

Sebelum DOC datang, sehari sebelumnya boks atau sangkar harus sudah di sterilkan dahulu. Bisa pake alkohol 60%, Antisep atau rebusan daun sirih. Lalu lampu pemanas harus sudah di hidupkan dan suhu telah stabil 30-35 derajat.

daerah air minum di seterilkan, ketika DOC tiba beri Herbal Probiotik 100 % selama 3 hari, seterusnya sudah dapat di campur air segar, kalau saya sudah tidakpake Vitachick atau yang lainnya. Sudah terpenuhi kebutuhan nurtisi dengan Herbal Probiotik.

Program kesehatan pun ,sudah tidak menyertakan obat obatan antibiotika lagi....baru pake jikalau DOC membuktikan tanda-tanda terjangkit penyakit tertentu. Vaksin saya juga sudah tidak pernah pake, meskipun lingkungan peternakan di sekitar saya katanya terjangkit Flu burung. Tapi peternakan saya kondusif aman saja.

Fase stater pakan sifatnya Ad Libitum, harus selalu tersedia setiap ketika hingga nanti DOC umur 2 minggu. sehabis itu gres pakan mulai di jatah. Air minum dari awal selalu di jatah dengan dosis tertentu. Tidak boleh air minum hingga berlebih yang berakibat DOC gampang terjangkit penyakit.

Bukan lantaran di sebabkan air minum tapi kotoran DOC yang encer cair, membasahi ganjal lantai koran dan sekam, ini menjadikan sifat hambar pada kaki DOC. Jika berlangsung terus menyerupai ini maka siap siap saja kedatangan tamu tak di undang, bibit penyakit menyerbu....

Ini di sebabkan kadar kepekatan Amoniak, menggerogoti pertahanan daya tahan tubuh. Pada tahap yang tidak dapat di toleril maka bulu bulu silia akan rusak, padahal fungsinya kan menyaring benda dari luar yang akan masuk badan ,seberapapun kecil dimensi ukurannya dan uap amoniak dapat merusak selaput mata. Makanya kalau di perhatikan ayam sering memicing micingkan mata lantaran tersa pedas, jikalau berlanjut lantaran sering di gosok gosok kesudahannya luka, koreng kering padat hitam kecoklatan yang menutupi lubang hidung ayam....menjadi awal datangnya penyakit.

selama ujicoba yang saya lakukan , selama rutin menggunakan herbal probiotik...penyakit berak darah dan snot yang biasanya sering bahkan niscaya menyerang ayam menjadi hilang ...tidak pernah lagi singgah di peternakan saya....

PEMELIHARAAN DOD

Kalau di katakan lebih sulit pemeliharaan DOD dari pada DOC ada benarnya juga jikalau belum tahu administrasi pemeliharaan. Seandainya sudah paham ,sebenarnya ya sama saja.... sama sama ada kesulitan masing masing.

Mungkin ada sebagian teman yang pernah coba membesarkan DOD  dari jumlah misal 100 ekor tidak ada yang hidup sama sekali alias semua mati dalam jangka 1 ahad saja.

TAHAP PEMELIHARAAN DOD

Kandang atau boks harus sudah steril, seumpama menggunakan ganjal sekam atau jerami harus yang benar benar kering sinar matahari

Terutama soal daerah air minum, harus benar benar di perhatikan kesalahan kecil pada tahap ini akan berakibat fatal. Dengan tingkat mortaliti yang begitu tinggi, mengapa... DOD kan sifatnya suka bermain air, jikalau di biarkan maka bulu bulu halus akan berair sehingga terjadi Chiling, DOD kedinginan, jikalau dalam jumlah banyak DOD ii akan saling merapatkan badan yang kesudahannya saling tumpuk tumpukan yang paling bawah sendiri akan mati.

Maka usahakan konstruksi sangkar atau boks harus benar, sangkar harus benar benar tertutup. Bagian samping tertutup atas juga tertutup dengan koran atau karung sak pakan, semoga suhu benar benar dapat stabil.

Galon daerah air minum pada celah air nya di beri watu kerikil semoga tidak untuk bermain dan bulu halus tidak basah. Usahakan pakai probiotik mulai hari pertama, lantaran effeknya sangat manis untuk pertumbuhan dan menekan tingkat mortalitas. Pada malam hari galon air harus di angkat, pakan tetap di berikan. Jangan kuatir DOD akan tersedak... hal itu tidak akan terjadi, paling lambat jam 9 malam galon air harus sudah kosong.

GRUP FACEBOOK : AYAM KRESING SUPER
TWITTER : Betha Sutrisno
BLOG : BUMITERNAK-BETHA.BLOGSPOT.COM
EMAIL : BETHA_SUTRISNO@YAHOO.CO.ID