Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jadwal Pemupukan Tanaman Cabe Yang Paling Tepat

Tanaman cabai mempunyai pesona tersendiri bagi petani untuk dibudidayakan dibandingkan dengan tanaman-tanaman holtikultura lainnya. Tanaman ini dinilai bisa menghasilkan laba yang lebih baik, meskipun harganya sangat fluktuatif. Hal ini dikarenakan cabai termasuk salah satu kebutuhan pokok penduduk Indonesia. Hampir semua kuliner khas Nusantara memakai cabai sebagai salah satu bumbu dasarnya.
Guna mendapat hasil panen yang berlimpah, tanaman cabai perlu dirawat sebaik-baiknya. Di sini faktor pemupukan memegang peranan penting dalam mendukung kesuburan tanaman. Pemupukan yang sempurna akan menciptakan tumbuhan tumbuh subur, tahan terhadap serangan hama dan penyakit, serta mempunyai tingkat produktivitas yang baik. Selain sempurna dalam pemilihan jenis pupuknya, waktu pemupukannya pun harus tepat.
 Tanaman cabai mempunyai pesona tersendiri bagi petani untuk dibudidayakan dibandingkan den Jadwal Pemupukan Tanaman Cabai yang Paling Tepat
Di bawah ini aktivitas pemupukan tumbuhan cabai yang bisa Anda ikuti!
Pemupukan Pertama
Anda bisa memakai pupuk organik dari kotoran ayam yang sudah difermentasikan. Pupuk ini mengandung unsur nitrogen, magnesium, dan fosfat yang tinggi. Pupuk ini bisa diberikan dikala tumbuhan gres berumur 1 HST. Tujuannya untuk meningkatkan laju pertumbuhan tumbuhan cabai. Kandungan unsur nitrogen yang terkandung di dalamnya juga akan membantu tumbuhan dalam menyimpan cadangan makanannya.
Pemupukan Kedua
Tahap kedua Anda bisa memakai pupuk phonska cair untuk mendukung pertumbuhan akar. Pada akhirnya, jumlah bunga dan buah yang bisa dihasilkan oleh tumbuhan pun semakin melimpah. Pupuk phonska cair ini sanggup diberikan dikala tumbuhan berumur 20-25 HST. Anda bisa membeli pupuk ini di toko pertanian terdekat. Jika mau, Anda juga bisa membuatnya sendiri dengan mengikuti panduan yang pernah kami jelaskan sebelumnya.
Pemupukan Ketiga
Pemupukan tahap ketiga memakai pupuk organik yang terbuat dari kotoran sapi atau kotoran kambing yang telah difermentasikan. Pupuk ini bisa diberikan dikala tumbuhan cabai sudah berumur antara 40-45 HST atau menjelang tumbuhan menghasilkan bunga dan buah. Pupuk sangkar sebanyak 2 genggam bisa diberikan di sekeliling batang tanaman. Setelah itu dilakukan penyiraman supaya nutrisi di dalam pupuk cepat meresap ke dalam tanah.
Dengan mengikuti aktivitas pemupukan di atas, maka tumbuhan cabai yang Anda budidayakan akan tumbuh subur serta bisa menghasilkan buah cabai yang melimpah.