Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Mengatasi Sangkar Ayam Yang Bau

Bagaimana cara mengatasi sangkar ayam yang bau? Beternak ayam pedaging atau ayam petelur sanggup menjadi pilihan yang bijak bagi Anda yang ingin mencoba peruntungan di bidang peternakan. Tingkat usul pasar akan daging ayam dan telur ayam yang begitu tinggi menciptakan harganya terbilang cukup stabil. Jenis unggas yang satu ini juga relatif gampang untuk dipelihara. Anda hanya perlu menyediakan sangkar yang layak serta pakan bergizi semoga ayam-ayam yang dipelihara sanggup tumbuh dengan baik.

Ada satu kekurangan dari beternak ayam yaitu kotorannya yang mempunyai anyir busuk yang sangat menyengat. Perlu Anda ketahui, faktor yang sangat menghipnotis anyir kotoran ayam yaitu protein. Semakin banyak protein yang terkandung di dalamnya, semakin busuk pula aroma kotoran ayam tadi. Ayam membutuhkan pakan yang kaya akan protein untuk mempercepat pertumbuhannya. Selain itu, banyaknya sisa pakan yang tidak tercerna dengan tepat juga besar lengan berkuasa besar terhadap anyir kotoran ayam.

Di dalam sistem membudidayakan ayam, Anda harus memperhatikan kondisi sangkar sebagai daerah tinggal ayam. Pastikan sangkar tersebut senantiasa higienis sehingga kesehatan ayam yang hidup di dalamnya terjamin. Jika kotor, sangkar tidak hanya bakal menjadi sarang bibit penyakit, tetapi baunya juga sangat busuk. Oleh sebab itu, penting sekali untuk memperhatikan aspek kebersihan sangkar ayam dan dilarang mengacuhkannya.

Bagaimana cara mengatasi sangkar ayam yang anyir 3 Cara Mengatasi Kandang Ayam yang Bau

Ada beberapa metode yang sanggup dikerjakan supaya sangkar ayam tidak terlalu bau, antara lain :

  1. Probiotik

Anda perlu menawarkan probiotik secara terencana kepada semua ayam peliharaan. Probiotik merupakan basil pengurai protein yang sangat mempunyai kegunaan untuk mendukung kesehatan ayam. Makara kandungan basil yang terdapat di dalam probiotik ini akan membantu menghancurkan protein di dalam sistem pencernaan ayam. Sehingga proses peresapan protein di metabolisme ayam menjadi lebih maksimal. Selain sanggup mengurangi ketajaman anyir kotoran, metode ini juga akan mempercepat pertumbuhan ayam.

  1. Mikroorganisme

Tidak hanya mikroorganisme jahat, ada pula mikroorganisme baik yang bermanfaat sekali untuk mendukung pertumbuhan ayam ternak. Kami pernah menawarkan resep pembuatannya di sini. Ramuan ini intinya menyerupai mirip probiotik, tetapi terbuat dari bahan-bahan herbal sehingga lebih kondusif digunakan. Manfaatnya pun sama persis yakni mempercepat tingkat pertumbuhan ayam serta mengurangi aroma busuk pada kotorannya.

  1. Desinfektan

Kotoran ayam mempunyai anyir busuk yang teramat menyengat sebab di dalamnya ada acara yang dilakukan oleh bakteri. Semakin banyak jumlah basil yang mengerubungi suatu kotoran, maka semakin tajam pula aromanya. Anda perlu membinasakan bakteri-bakteri tersebut semoga sangkar tidak berbau busuk. Caranya sanggup dilakukan dengan mengaplikasikan desinfektan ke seluruh sudut ruangan. Desinfektan sederhana sanggup dibentuk dengan mencampurkan air, deterjen, tembakau, dan pemutih pakaian secara merata.