Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Mengatasi Lalat Pada Peternakan Sapi

Bagaimana cara mengatasi lalat pada peternakan sapi? Populasi lalat di area peternakan akan mengalami peningkatan yang sangat drastis pada demam isu penghujan. Tidak hanya mengganggu, eksistensi lalat-lalat ini pun sanggup mengakibatkan serangan penyakit pada hewan ternak. Apalagi kalau ada luka yang terdapat di badan hewan tersebut, maka lalat pun akan menggerogotinya dengan bahagia hati sehingga mengakibatkan lukanya semakin parah.

Mau tidak mau Anda harus serius dalam menanggulangi hama yang satu ini. Masalahnya bila Anda setengah hati dalam mengatasinya, populasi lalat tidak akan pernah habis. Serangga yang satu ini dikenal gampang sekali berkembang biak. Seekor induk lalat cendekia balig cukup akal bisa menghasilkan puluhan telur yang siap menetas menjadi lalat-lalat baru. Bisa Anda bayangkan sendiri seberapa cepatkah lalat-lalat ini menghasilkan keturunannya.

Kondisi kandang ternak tentu kuat besar terhadap eksistensi lalat-lalat di dalamnya. Semakin kotor sangkar tersebut artinya semakin banyak pula sumber pangan yang bisa dimakan oleh lalat untuk mendukung kehidupannya. Terlebih apabila didukung oleh tingkat kelembaban yang cukup tinggi, lalat pun akan betah tinggal di dalamnya. Makara Anda harus senantiasa membersihkan sangkar secara rutin.

Bagaimana cara mengatasi lalat pada peternakan sapi 4 Cara Mengatasi Lalat Pada Peternakan Sapi

Kemudian untuk memberantas lalat-lalat yang sudah bersarang di sangkar tersebut bisa dilakukan dengan beberapa metode di bawah ini!

  1. Kertas Anti-lalat

Ini merupakan cara yang paling gampang dan murah untuk menangkap lalat-lalat yang ada di dalam peternakan sapi. Kertas anti-lalat berbentuk kertas yang dilapisi lem perekat sangat kuat di permukaannya. Lem tersebut memiliki aroma khusus yang sanggup mengundang lalat untuk tiba menghampirinya. Begitu lalat hinggap di atas kertas ini, maka ia tidak akan meloloskan diri lantaran kakinya sudah melekat sangat kuat dengan lem. Anda bisa membeli kertas anti-lalat di www.alatperabotan.com.

  1. Obat Kimia Semprot

Kalau Anda memiliki waktu yang cukup banyak untuk menyemprot lalat, gunakan saja obat kimia khusus. Anda bisa mencoba Ralat atau Triclorflor yang bisa dibeli secara online di www.alatperabotan.com. Sebelum menggunakannya, Anda harus mengencerkan 1 tutup botol obat ini dengan 1 liter air bersih, kemudian aduk hingga tercampur rata. Lalat yang terkena semprotan obat ini akan pribadi jatuh dan mati. Anda tidak perlu khawatir alasannya ialah obat-obat ini kondusif kok bagi kesehatan sapi.

  1. Bahan Organik Alami

Anda bisa menciptakan sendiri obat alami untuk memberantas lalat. Siapkan biji mahoni, kemudian tumbuk hingga menjadi serbuk halus. Masukkan hasil tumbukan tersebut ke dalam mangkuk dan tambahkan tembakau. Tuangkan air panas ke mangkuk, kemudian aduk supaya tercampur merata. Setelah suhu air menjadi dingin, saringlah untuk diambil airnya saja. Setelah itu, tambahkan sampo untuk memperkuat efek racun cairan sekaligus sebagai perekat. Anda bisa menyemprotkan cairan ini pribadi ke arah lalat.

  1. Bakar-bakaran Sampah

Setidaknya terdapat dua faktor utama yang menghipnotis jumlah populasi lalat di sangkar ternak sapi yaitu ketersediaan pakan dan kelembaban udara. Untuk mengatasi kedua duduk perkara tersebut, Anda bahwasanya hanya perlu mengkremasi sisa pakan sapi. Jangan pernah biarkan sisa pakan tersebut menumpuk di salah satu sudut kandang. Bakarlah serutin mungkin pribadi di dalam sangkar sapi tersebut sekaligus untuk membunuh larva-larva lalat dan meningkatkan suhu udaranya. Anda harus berhati-hati jangan hingga api merembet ke struktur bangunan yang justru akan mengakibatkan kebakaran.