Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Supaya Ayam Kate Mau Mengerami Telurnya

Bagaimana cara semoga ayam kate mau mengerami telurnya? Beberapa orang lebih tertarik untuk memelihara ayam hias ketimbang ayam petelur atau ayam pedaging. Berbisnis sekaligus melakoni hobi alasan mereka. Selain itu, ayam hias ibarat ayam kate atau ayam serama juga membutuhkan pakan yang relatif lebih sedikit. Apalagi harga jualnya pun cukup mahal sehingga menghasilkan laba yang lebih banyak.

Tetapi memelihara ayam kate tidak segampang yang Anda kira. Ayam ini membutuhkan perawatan yang lebih rumit semoga keindahannya terjaga dengan baik. Induk ayam kate betina juga sudah populer malas mengerami telur-telurnya. Padahal tingkat keberhasilan telur yang ditetaskan induknya sendiri lebih tinggi daripada pemakaian mesin penetas telur. Oleh alasannya itu, sebagai peternak Anda wajib memikirkan trik untuk mengakalinya.

Bagaimana cara semoga ayam kate mau mengerami telurnya 4 Cara semoga Ayam Kate Mau Mengerami Telurnya

Beberapa upaya yang sanggup dilakukan untuk mendorong ayam kate supaya mau mengerami telurnya, antara lain :

  1. Menyediakan Tempat Khusus

Anda harus menyediakan daerah khusus sebagai wadah penampung telur sekaligus daerah bagi indukan tersebut untuk mengerami telur-telurnya. Tempat tersebut sebaiknya berbentuk kotak persegi yang mempunyai ukuran 40 x 40 x 40 cm. Jangan lupa untuk menyediakan pintu di salah satu sisinya. Letakkan daerah pengeraman ini di sangkar umbaran. Ayam kate betina akan mengalami stres apabila dikala ia ingin bertelur tidak ada daerah khusus untuknya.

  1. Sediakan Wadah yang Cukup

Jumlah daerah telur harus diubahsuaikan dengan jumlah ayam kate betina yang Anda pelihara. Jika jumlah daerah telur ini terlalu sedikit akhirnya ada beberapa ayam yang meletakkan telurnya di wadah yang sama. Hal ini sanggup memicu konflik antar-ayam betina sehingga mereka pun enggan mengerami telur-telur yang sudah ada. Masukkan sekam padi, kain perca, atau sarang burung ke dalam daerah pengereman ini untuk menciptakan si induk merasa lebih nyaman.

  1. Pastikan Kondisinya Aman

Faktor lain yang sanggup mengakibatkan ayam kate menjadi stres sehingga enggan mengerami telurnya ialah tidak amannya suasana di dalam kandang. Adanya predator di sekitar sangkar ibarat tikus, kucing, atau serangga sanggup menjadi pemicunya. Anda harus menciptakan daerah bertelur yang seaman mungkin. Kemudian untuk melatih ayam tadi bertelur di tempatnya, cobalah pelihara ayam ini di daerah bertelur selama 2 hari berturut-turut.

  1. Ciptakan Suasana yang Nyaman

Ayam kate akan menentukan daerah yang paling nyaman sebagai wadah penyimpanan telur-telurnya. Ia biasanya tidak akan memakai daerah yang kondisinya terlalu lembab atau terlalu panas. Sebab lingkungan yang tidak ideal ibarat itu juga rentan membuatnya stres. Solusinya Anda harus meletakkan kotak daerah telur di salah satu sudut sangkar yang mempunyai suasana paling baik. Kalau sanggup pilihlah daerah yang tidak terkena sinar matahari eksklusif dan bebas dari kebocoran.