Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Anak Ayam Kate Yang Benar

Bagaimana cara merawat anak ayam kate? Ayam kate dikenal sebagai ayam hias alasannya mempunyai ukuran badan yang mungil. Namun Anda jangan salah kira. Meskipun ukuran ayam ini kecil, tetapi harganya bisa lebih mahal daripada ayam pedaging atau ayam petelur. Terlebih kalau ayam tersebut mempunyai warna yang elok dan gaya berjalannya pun menarik, maka harganya bisa jauh lebih mahal.

Oleh alasannya itu, Anda yang ingin mempunyai ayam kate dengan dana terbatas sebaiknya membeli ayam yang masih anakan. Harga anak ayam ini relatif lebih miring daripada ayam kate yang sudah dewasa. Tetapi daya tahan anak ayam kate belum terlalu besar lengan berkuasa sehingga rentan sakit akhir perubahan cuaca maupun serangan virus. Dibutuhkan ketekunan Anda dalam merawatnya biar tumbuh besar dan sehat.

Ikutilah kiat-kiat berikut ini untuk sanggup merawat anak ayam kate!

 Ayam kate dikenal sebagai ayam hias alasannya mempunyai ukuran badan yang mungil Cara Merawat Anak Ayam Kate yang Benar

Kandang

Kandang untuk ayam kate sebaiknya berbentuk panggung dengan posisi lantai yang terletak cukup jauh dari permukaan tanah. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi tingkat kelembaban serta melindungi anak ayam dari serangan predator menyerupai tikus dan kucing. Kandang harus dipastikan mempunyai suasana yang aman, nyaman, dan dilengkapi ventilasi udara yang baik. Sesuaikan ukuran sangkar yang dibentuk dengan jumlah anak ayam yang ingin dimasukkan ke dalamnya.

Vaksinasi

Anak ayam kate harus mendapat vaksin secara tepat. Vaksinasi mempunyai kegunaan untuk meningkatkan sistem kekebalan pada tubuhnya sehingga tahan terhadap serangan penyakit tertentu. Vaksin yang dipilih bisa diubahsuaikan dengan kebutuhan. Kemudian vaksin tersebut biasanya diberikan melalui air minum. Sedangkan untuk anak ayam kate yang diasuh oleh induknya tidak wajib mendapat vaksin.

Pakan

Paruh yang dimiliki oleh anak ayam kate masih berukuran kecil sekali. Oleh alasannya itu, ayam ini belum bisa mengonsumsi pakan berupa biji-bijian sebagaimana anak ayam yang lain. Direkomendasikan berikanlah pakan yang ukurannya sangat halus. Anda juga boleh memperlihatkan remah-remah yang telah digiling terlebih dahulu. Jangan lupa sediakan juga wadah berisi air minum di sebelahnya.

Perawatan

Kandang anak ayam kate wajib dilengkapi bohlam dengan ukuran minimal 5 watt sebagai penerang sekaligus penghangat ruangan. Ketika hujan turun, disarankan menyelimuti sangkar tersebut memakai kain yang kedap air sehingga udara hambar tidak bisa masuk ke kandang. Sebaiknya semua anak ayam kate ini rutin dijemur di bawah sinar matahari sebelum jam 9 pagi untuk mendukung pertumbuhan tulangnya.