Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Kelinci Yang Sedang Stres

Bagaimana caranya mengatasi kelinci yang sedang stres? Salah satu penyebab paling banyak seekor kelinci tiba-tiba mati secara mendadak ialah stres. Kondisi ini sanggup menimpa kelinci manapun, bahkan kelinci yang semula tampak sehat dan bugar. Penyebabnya antara lain perubahan kondisi secara ekstrem, lingkungan yang tidak nyaman, penyakit, serta derma obat yang tidak tepat. Bahkan benda lengket yang melekat pada bulu badan kelinci pun sanggup membuatnya stres.

Kelinci yang mengalami stres biasanya akan mengeluarkan suatu zat yang disebut catecholamine. Zat ini sendiri sesungguhnya merupakan turunan dari asam amino. Apabila kelinci melepaskan zat catecholamine dalam waktu yang usang hingga lebih dari 24 jam, kondisi kesehatannya akan terganggu. Kinerja usus besarnya menjadi tidak normal sehingga ia pun akan mogok makan. Sedangkan akhir yang paling jelek yakni kelinci tersebut bakal mengalami gagal jantung hingga berujung pada kematian.

Pencegahan selalu lebih baik daripada pengobatan. Untuk menjaga supaya kelinci-kelinci peliharaan Anda terhindar dari stres, pantau kondisi kesehatannya setiap saat. Lakukan pengobatan secara cepat dan sempurna pada kelinci yang sakit. Jagalah situasi lingkungan di sangkar dan sekitarnya semoga tetap aman. Kelinci yang sudah dewasa harus segera dikawinkan dengan pasangannya.

Kelinci termasuk hewan yang sangat menyukai kebersihan. Makara Anda perlu memperhatikan kondisi kebersihan badan kelinci-kelinci tersebut. Jika ada suatu benda yang melekat cukup besar lengan berkuasa di badan kelinci, Anda harus segera membantu melepaskannya. Kelinci yang tengah terkena penyakit scabies yang menciptakan kulitnya terasa gatal pun wajib lekas diobati. Hindari pula memberinya pakan yang sanggup menyebabkan alergi.

Bagaimana caranya mengatasi kelinci yang sedang stres Cara Mengatasi Kelinci yang Sedang Stres

Dampak-dampak jelek yang sanggup menyerang kelinci yang stres antara lain :

  1. Sakit gigi
  2. Gangguan asam lambung
  3. Proses metabolisme terganggu
  4. Aliran urine, plasma, dan renal menurun
  5. Gangguan anorexia yang memicu penyakit pada organ hati
  6. Katekolamina terlepas yang menyebabkan gagal jantung dan kematian
  7. Timbulnya gastrointestinal, mucoid enteropathy, enterotoxaemia, dan hairball

Perawatan Terhadap Kelinci yang Stres

Stres sanggup menyebabkan akhir yang paling jelek terhadap kelinci. Jika tidak ditangani dengan sempurna sesegera mungkin, kelinci tersebut akan mengalami kematian. Penanganan yang benar sangat diperlukan untuk memulihkan kembali kondisi kesehatan kelinci yang tengah stres ini. Adapun langkah-langkah yang kami sarankan supaya sanggup Anda lakukan yakni sebagai berikut :

  1. Pindahkan kelinci yang sedang stres ini ke sangkar karantina. Disarankan pakailah sangkar umbaran sehingga kelinci sanggup bergerak leluasa. Posisi sangkar karantina harus damai dan bebas dari keramaian. Kandang tersebut juga harus dipastikan benar-benar kondusif dari gangguan predator ibarat tikus, kucing, dan anjing.
  2. Periksa keadaan badan kelinci yang stres ada untuk mengetahui ada tidaknya penyakit yang tengah menimpanya. Kelinci yang kulitnya terluka biasanya lebih rawan menjadi stres. Begitu pula dengan kelinci yang terkena penyakit kulit. Jika kondisi cuaca sedang dingin, Anda sanggup menyelimuti kelinci tersebut memakai handuk biar ia merasa lebih hangat dan nyaman.
  3. Kelinci yang tengah stres umumnya akan mogok makan alasannya yakni sistem pencernaannya terganggu. Untuk memancing kelinci tetap mengonsumsi makanan selama kesehatannya sedang memburuk, Anda sanggup memberikannya rumput yang segar dan berkualitas bagus. Diharapkan nafsu makan kelinci tersebut akan segera pulih jikalau ia tetap mencukupi kebutuhan gizinya.