Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-Ciri Ayam Aduan Filipina Yang Asli

Apakah ciri-ciri ayam aduan filipina yang asli? Jika sebelumnya kita sudah berkenalan dengan beberapa jenis ayam konsumsi dan ayam hias, maka kali ini mari kita melihat lebih jauh ihwal ayam aduan. Ada sejumlah ayam yang intinya memiliki peringai yang sangat beringas sehingga cocok sekali dijadikan sebagai ayam aduan. Mungkin pamor ayam bangkok sudah begitu populer di kalangan pencinta ayam aduan di negeri ini. Tetapi bagaimana dengan ayam filipina?

Dinamakan ayam filipina alasannya ialah jenis ayam ini memang berasal dari Negara Filipina. Ayam ini konon berasal dari hasil perkawinan silang antara ayam kampung biasa, namun mendapat perlakuan-perlakuan yang sangat spesial. Hal ini membuat stamina yang dimiliki oleh ayam filipina begitu kuat, jauh melebihi ayam kampung pada umumnya. Bahkan bila posturnya seimbang, ayam filipina bisa mengalahkan ayam bangkok dalam sekejap alasannya ialah memiliki gerakan yang lebih lincah.

 Jika sebelumnya kita sudah berkenalan dengan beberapa jenis  Ciri-ciri Ayam Aduan Filipina yang Asli

Sebagai ayam aduan, kelebihan utama yang dimiliki oleh ayam filipina ialah gerakannya. Ayam ini bisa bergerak dengan sangat lincah dan cepat. Gerakan menghindarnya pun cantik sekali. Ini dikarenakan ayam filipina memiliki postur yang ramping, tetapi badannya kekar dan kompak. Cocok sekali deh dipakai sebagai pendekar dalam lomba aduan ayan khusus taji.

Walaupun posturnya tidak sebesar ayam bangkok, tetapi jangan salah. Soal mental, ayam filipina berani diadu. Ayam ini berani berhadapan pribadi dengan ayam lain yang memilik postur yang jauh lebih raksasa. Ayam ini sangat percaya diri dan pantang menyerah. Ia sanggup melaksanakan gerakan maju dan mundur dengan sangat gesit sembari melaksanakan gerakan pukulan.

Namun salah satu kekurangan yang dimiliki oleh ayam filipina ialah tenaga dari pukulannya tidak terlalu membahayakan. Ini dikarenakan postur ayam filipina yang relatif kecil untuk sekelas ayam aduan sehingga membuat pukulannya kurang berasa. Tenaga dari pukulan ayam ini pun tidak terlalu keras dan tidak menyakitkan. Satu-satunya kekuatan yang harus dimanfaatkan dengan baik oleh ayam ini terletak pada tajinya yang sanggup membuat tendangan yang mematikan.

Anda bisa mengenali suatu ayam aduan ialah ayam filipina atau bukan dengan memperhatikan ciri-ciri sebagai berikut :

Posturnya Kecil

Sebagian besar ayam filipina memiliki postur tubuh yang sanggup dikatakan kecil untuk sekelas ayam aduan. Perbedaan tersebut akan terlihat sangat kentara apabila Anda mencoba membandingkan antara ayam filipina dengan ayam bangkok. Dimulai dari ukuran kepalanya yang kecil, badannya yang juga kecil, serta kaki-kakinya yang agak pendek.

Gerakannya Lincah

Kecil-kecil cabe rawit, mungkin inilah salah satu julukan yang pantas disematkan untuk si ayam filipina. Meskipun postur tubuh ayam filipina bisa dibilang kecil, tetapi tenaganya sangat berpengaruh lho. Ayam ini bisa bergerak dengan gesit dan lincah sekali alasannya ialah bobotnya yang mungkin terasa ringan. Hal ini membuat pergerakan ayam filipina jauh lebih banyak dibandingkan dengan ayam aduan lainnya.

Perhatian :

Kami sama sekali tidak mendukung praktek sabung ayam dan mengadu beberapa ayam aduan dan sejenisnya. Artikel ini hanya diperuntukkan kepada para penghobi ayam yang tertarik untuk merawat ayam aduan sebagai salah satu koleksi hewan peliharaannya. Anda bisa mendapat ayam filipina yang orisinil dengan memperhatikan ciri-ciri di atas.