Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengangkat Kelinci Yang Benar

Bagaimana cara mengangkat kelinci yang benar? Kita pastinya ingin bermain-main dengan kelinci yang dipelihara. Kelinci yang begitu imut dan lucu ini tampak menggemaskan sekali ketika kita ajak berlarian. Pada suatu ketika, kita juga tertarik untuk mengangkat kelinci tersebut. Ternyata untuk mengangkat kelinci diperlukan perlakuan yang benar serta tidak boleh dilakukan secara asal-asalan.

Salah kaprah yang kerap dilakukan oleh banyak orang ketika mengangkat kelinci yaitu memegang kedua telinganya kemudian mengangkatnya begitu saja. Sebenarnya ini termasuk salah satu bentuk penyiksaan terhadap kelinci. Anda tidak boleh keras untuk mengangkat kelinci dengan memegang kedua telinganya. Sebab sama menyerupai manusia, indera pendengaran kelinci intinya lemah dan tidak bisa menopang beban badannya.

Kelinci yang sering diangkat memakai kedua telinganya akan mengalami kerusakan pada sistem saraf yang terdapat di sekujur indera pendengaran tersebut. Apalagi bila dikala diangkat telinganya, kelinci tadi tampak meronta-ronta, kerusakan sistem saraf yang terjadi sanggup begitu parah. Bahkan tidak menutup kemungkinan hal tersebut akan menjadikan timbulnya cacat permanen serta bentuk kepala kelinci akan miring.

Jangan pernah juga mengangkat kelinci dengan memegang kedua kaki belakangnya. Coba Anda bayangkan sendiri bagaimana perasaan yang dialami dikala kepala berada di bawah dan kaki di atas? Pusing alasannya yaitu peredaran darah menjadi terganggu. Begitu pula dengan kelinci yang Anda perlakukan menyerupai itu. Akibat yang paling buruk, organ belahan dalam kelinci tersebut juga bisa mengalami kerusakan yang fatal.

Bagaimana cara mengangkat kelinci yang benar Cara Mengangkat Kelinci yang Benar

Mulai kini biasakanlah untuk mengangkat kelinci kesayangan Anda dengan posisi yang benar. Berikut ini langkah-langkah selengkapnya :

  1. Posisikan salah satu telapak tangan Anda ke belahan dada kelinci, boleh tangan sebelah kanan atau kiri. Kemudian posisikan juga tangan Anda yang satunya lagi di belahan belakang kelinci.
  2. Dorong belahan dada kelinci ke atas supaya posisi badannya seperti berdiri. Anda tetap wajib memegangi belahan dada tersebut. Pada dikala Anda mendorong tubuh kelinci ini, tangan satunya lagi harus sigap menahan tendangan dari kaki belahan belakang kelinci dan menopang bobotnya.
  3. Angkatlah kelinci dengan gerakan yang perlahan-lahan hingga posisi tubuhnya menyerupai bangun dengan letak kepala lebih tinggi daripada ekornya. Kalau sudah begini biasanya kelinci akan menjadi hening dan tidak meronta-ronta lagi. Usahakan jangan memegang kelinci dengan cengkeraman yang terlalu berpengaruh hingga menghentikan peredaran darahnya.
  4. Anda boleh memegang kelinci hanya dengan memakai satu tangan saja. Asalkan kelinci tersebut berasal dari ras yang memang berukuran kecil atau usianya masih sangat muda sehingga posturnya pun mungil. Posisikan empat jari tangan Anda menopang dada kelinci, sedangkan ibu jari berada di bahu kelinci untuk memegangi tubuhnya.