Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menanam Bunga Sedap Malam Di Rumah

Bagaimana cara menanam bunga sedap malam di rumah? Salah satu tumbuhan khas Indonesia yang mempunyai bau begitu semerbak yaitu sedap malam (Polianthes tuberosa). Sesuai namanya, bunga sedap malam akan mekar di waktu malam hari dan mengeluarkan aroma yang harum. Bahkan bau tersebut sanggup bertahan hingga 5-7 hari meskipun bunga ini sudah dipotong dari tangkainya. Oleh sebab itu, bunga sedap malam banyak dipakai sebagai materi baku pembuatan parfum.

Coba bayangkan bagaimana suasana di halaman rumah Anda jikalau dipenuhi oleh tumbuhan sedap malam? Pastinya rumah Anda akan beraroma bau natural sehingga para tetangga pun akan dibentuk iri dengannya. Rumah Anda menjadi terasa sangat nyaman dan cocok sekali dipakai sebagai tempat berkumpul, khususnya pada malam hari. Anda sanggup bercengkerama bersama keluarga tercinta, menikmati secangkir teh, sambil menghirup aroma sedap malam yang begitu harum.

Bagaimana cara menanam bunga sedap malam di rumah Menanam Bunga Sedap Malam di Rumah

Kabar baiknya, penanaman tumbuhan sedap malam sanggup dilakukan siapa saja dan di mana saja. Sebab tanaman ini intinya simpel menyesuaikan diri serta tidak membutuhkan persyaratan lokasi secara khusus. Pasti Anda tertarik ikut menanam tumbuhan ini kan? Yuk kita menanam bunga sedap malam bersama-sama!

  1. Tanaman sedap malam dikembangbiakkan secara generatif melalui umbinya. Umbi ini biasanya dihasilkan oleh tumbuhan dewasa yang sudah pernah berbunga. Saat ini, ada berbagai toko online yang menjual benih dan bibit sedap malam. Anda sanggup membelinya di tokotanaman.com sebab tumbuhan yang dijual di sini benar-benar mempunyai kualitas unggul. Namun jikalau Anda mempunyai kerabat yang sudah menanam sedap malam, jangan sungkan untuk meminta umbinya. Kebanyakan sih para penghobi tumbuhan akan merasa bahagia jikalau sanggup sharing wacana tanaman.
  2. Terdapat cukup banyak varietas dari tumbuhan sedap malam. Berdasarkan bentuk bunganya misalnya, sedap malam sanggup dikelompokkan menjadi tumbuhan berbunga tunggal, tumbuhan berbunga semi ganda, dan tumbuhan berbunga ganda. Anda sanggup memelihara sedap malam berbunga tunggal dan semi ganda di tempat yang terletak pada ketinggian 10-100 m dpl. Sedangkan sedap malam yang berbunga ganda paling cocok ditanam di ketinggian antara 100-500 m dpl.
  3. Tanah yang elok untuk dijadikan sebagai media tanam tumbuhan sedap malam ialah jenis tanah yang subur, gembur, dan berhumus. Usahakan supaya tanah tersebut tidak mengandung tanah liat dalam jumlah yang berlebih sebab bakal mengakibatkan air menjadi simpel tergenang. Perhatikan pula tingkat keasaman (pH) tanah yang baik yaitu sekitar 5-5,7.
  4. Apabila Anda ingin menanam sedap malam dari umbinya, maka umbi tersebut perlu disemai terlebih dahulu. Caranya yaitu umbi sedap malam dibersihkan dari kotoran, kemudian dicuci hingga bersih. Kemudian letakkan umbi tersebut di ruangan yang bersirkulasi udara lancar untuk diangin-anginkan selama 3-5 hari. Setelah umbi sedap malam menumbuhkan mata tunas, sekarang Anda pun siap untuk menanamnya di dalam polybag. Setelah tinggi bibit sedap malam mencapai 10-15 cm, Anda sanggup memindahkannya ke lahan. Proses ini paling baik dilakukan pada waktu awal ekspresi dominan penghujan.
  5. Lahan yang akan ditanami bibit sedap malam perlu diolah terlebih dahulu. Lahan ini dicangkul sedalam 30 cm supaya gembur kemudian ditaburi pupuk sangkar secukupnya. Kemudian buatlah lubang tanam yang berjarak 20x 20 cm. Jangan lupa juga untuk menciptakan parit di tepi lahan sebagai jalan masuk air supaya air tidak menggenangi area lahan.
  6. Bibit sedap malam yang telah remaja lantas sanggup Anda pindah tanamkan ke lahan yang telah disediakan tadi. Tanamkan bibit tersebut ke dalam lubang tanam dengan posisi tegak lurus, kemudian perkuat posisinya dengan menimbunkan tanah yang ada di sekitarnya. Ulangi hingga bibit yang Anda miliki telah tertanam dengan baik. Setelah proses penanaman sedap malam selesai, sebaiknya lahan sanggup disiram seperlunya untuk meningkatkan kelembaban udara di area tersebut.