Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menanam Money Tree Dan Merawatnya

Bagaimana cara menanam money tree? Julukan money tree atau pohon uang pada tumbuhan ini disematkan alasannya dipercaya bisa mengeluarkan aura tertentu yang menciptakan pemiliknya menjadi lebih ulet dalam mencari uang. Tak ayal, meskipun sepintas tidak ada yang Istimewa dari rupa tumbuhan ini, tetapi harga money tree terbilang cukup mahal dan banyak dicari oleh para pencinta tumbuh-tumbuhan.

Money tree (Pachira aquatica) yakni tumbuhan tropis dari keluarga Malvaceae. Tanaman ini berasal dari Amerika bab tengah dan selatan. Di habitat alaminya, tumbuhan pachira sanggup tumbuh hingga tingginya mencapai 18 m. Bentuk pohon mirip singkong, tetapi daunnya berwarna lebih muda dan terasa lembut. Para penghobi biasanya menanam money tree di pot kemudian menjadikannya tumbuhan indoor dengan meletakkan di salah satu sudut ruang kerja.

 Julukan money tree atau pohon uang pada tumbuhan ini disematkan alasannya dipercaya bisa men Cara Menanam Money Tree dan Merawatnya

Bagi Anda yang ingin mempunyai tumbuhan pachira sendiri, catat panduan penanaman dan perawatannya berikut ini :

Pengadaan Bibit

Tanaman money tree bisa dikembangbiakkan secara vegetatif dan generatif. Namun teknik perbanyakan pohon uang yang paling gampang tetaplah melalui stek batang. Anda hanya membutuhkan sebatang pohon uang yang berukuran sekitar 25-30 cm. Kemudian menanamnya pribadi di dalam pot. Jika Anda kesulitan dalam menemukan benih money tree, silakan beli saja di www.tokotanaman.com.

Penyiapan Media Tanam

Beruntung alasannya kondisi geografis negara kita mirip mirip habitat orisinil tumbuhan money tree. Hal ini menciptakan tumbuhan money tree cukup gampang ditumbuhkan. Anda bisa memakai media tanam yang terdiri dari adonan tanah dan pupuk sangkar dengan perbandingan 1:1. Usahakan pakailah tanah yang sudah diayak sehingga higienis dari sampah dan kerikil. Setelah tercampur secara merata, media tanam ini lantas dimasukkan ke pot hingga penuh.

Penanaman Bibit

Waktu yang paling baik untuk menanam bibit money tree ialah pagi atau sore hari. Di waktu ini, kondisi cuaca sudah tidak terlalu panas sehingga proses penyesuaian tanaman dengan habitat barunya sanggup berjalan lebih baik. Buatlah lubang penanaman persis di tengah pot terlebih dahulu. Lalu keluarkan bibit money tree beserta tanahnya dari polybag secara hati-hati. Selanjutnya bibit tersebut harus segera ditanamkan ke dalam pot.

Perawatan Tanaman

Bibit money tree yang gres saja dipindahkan ke pot sebaiknya jangan pribadi dimasukkan ke dalam rumah. Anda perlu menunggu hingga tumbuhan tersebut sudah benar-benar nyaman di daerah barunya yang ditunjukkan dengan kemunculan tunas baru. Selama masa karantina, disarankan untuk menaruh pot berisi money tree di teras. Setiap pagi, Anda bisa memindahkannya di daerah terbuka biar bisa mendapat sinar matahari penuh. Kemudian di siang hari, tumbuhan bisa dipindahkan kembali ke daerah yang teduh.

Pohon uang perlu disiram sebanyak dua kali sehari supaya kebutuhan airnya tercukupi dengan baik. Siramlah tumbuhan ini memakai air higienis dalam kapasitas yang secukupnya. Kemudian untuk menciptakan tumbuhan lebih subur, Anda bisa menambahkan pupuk sangkar secara terencana ke dalam pot. Anda juga sanggup memperlihatkan tumbuhan ini pupuk NPK sehingga pertumbuhan daunnya lebih rimbun.

Pengepangan Batang

Para penghobi tumbuhan pachira mempunyai cara unik untuk menciptakan pohon uang ini terlihat lebih menarik. Mereka biasanya membentuk kepangan dari batang tumbuhan ini. Semakin banyak jumlah kepangan yang terbentuk, maka semakin mahal pula harga dan nilai pohon tersebut.

Untuk sanggup mengepang batang money tree, Anda bisa menyiapkan 2-3 tumbuhan pachira yang telah berumur sekitar 4-5 bulan. Pindahkan tanaman-tanaman ini ke dalam rumah selama 1-2 ahad untuk menciptakan tekstur batangnya yang semula keras menjadi lebih lunak alasannya layu. Setelah cukup layu, sekarang waktunya untuk menyatukan tanaman-tanaman pachira ini dengan mengepang batangnya mirip halnya ketika mengepang rambut. Setelah terbentuk kepangan yang rapi, Anda bisa memindahkan tanaman-tanaman ini ke dalam satu pot sehingga tampak seperti itu merupakan satu pohon uang.