Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyambung Singkong Karet Yang Baik

Bagaimana cara menyambung singkong karet? Teknis pelaksanaan okulasi pada tumbuhan singkong tidak semudah kelihatannya. Walaupun rumit, tetapi balasannya sangat memuaskan. Tanaman tersebut akan menghasilkan umbi dalam jumlah yang cukup banyak dan ukurannya pun lebih besar daripada biasanya. Itulah kenapa ada banyak petani yang berlomba-lomba menyambung singkong.

Bahan yang disambung terdiri dari tumbuhan singkong yang berbuah banyak dan tanaman yang berbuah sedikit. Nantinya singkong yang sanggup dimakan akan dijadikan sebagai batang bawah. Sedangkan pecahan atas berupa singkong karet. Singkong karet merupakan tumbuhan yang berbuah banyak, tetapi tidak sanggup dikonsumsi oleh manusia.

Bagaimana cara menyambung singkong karet Cara Menyambung Singkong Karet yang Baik

Di bawah ini langkah-langkah dalam menyambung tumbuhan singkong karet :

  1. Siapkan batang bawah yang berasal dari singkong biasa serta batang atas dari singkong karet. Usahakan kedua batang tersebut mempunyai ukuran panjang tidak kurang dari 30 cm. Bahan-bahan ini sebaiknya diambil dari batang yang usianya tidak terlalu bau tanah atau terlalu muda dan masih mengandung getah.
  2. Potonglah batang singkong memakai gergaji semoga balasannya lebih rapi. Tancapkan lidi di pecahan tengah-tengah penampang singkong, tepatnya di lapisan tumbuhan yang mirip gabus.
  3. Satukanlah batang singkong atas dengan batang singkong bawah. Perkuat ikatan kedua batang ini memakai tali rafia atau plastik yang diikatkan mengelilingi sambungan. Selanjutnya batang tersebut telah siap ditanam dan dipakai sebagai bibit.
  4. Penanaman batang singkong sebaiknya eksklusif dilakukan di lahan. Sebelumnya, Anda perlu menyiapkan lahan tersebut terlebih dahulu dengan mencangkulnya sedalam 20-30 cm. Selanjutnya taburkan pupuk sangkar di atas lahan tadi untuk meningkatkan kesuburannya.
  5. Penanaman stek batang sebaiknya tidak dilakukan dengan menancapkan batang singkong secara eksklusif ke dalam tanah alasannya sanggup merusaknya. Anda perlu menciptakan lubang penanaman yang berukuran 10 x 10 x 20 cm. Setelah itu, masukkan bibit stek batang singkong tadi ke dalam lubang, kemudian timbun kembali dengan tanah di sekitarnya. Ulangi sampai seluruh bibit singkong berhasil ditanam.
  6. Pemeliharaan tumbuhan singkong dilakukan dengan memperhatikan tingkat kelembaban media tanam. Pemupukan juga perlu dilaksanakan setiap sebulan sekali untuk mencukupi kebutuhan nutrisi pada tumbuhan singkong. Jangan lupa untuk mencabut semua rumput yang tumbuh di area lahan.