Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Lengkap Mencangkok Belimbing Manis

Bagaimana cara mencangkok belimbing manis? Sebagai anggota dari famili Oxalidaceae, belimbing bagus (Averrhoa carambola L.) yaitu tumbuhan penghasil buah yang berbentuk khas dan rasanya bagus agak sepat. Pohon belimbing bagus mempunyai daun beragam yang ukurannya sanggup mencapai 50 cm. Sedangkan bunganya berwarna merah muda yang umumnya tumbuh di ujung dahan.

Pohon belimbing manis sanggup dikembangbiakkan secara generatif dan vegetatif. Kami merekomendasikan perbanyakan tumbuhan belimbing bagus dengan metode vegetatif alasannya yaitu karakteristik bibit yang dihasilkan sama persis dengan pohon induk. Salah satu teknik perkembangbiakkan yang sanggup diaplikasikan ialah cangkok. Lantas, bagaimana sih caranya mencangkok tumbuhan belimbing bagus itu?

Bagaimana cara mencangkok belimbing bagus Cara Lengkap Mencangkok Belimbing Manis

Alat dan Bahan :

  • Pohon belimbing manis
  • Tanah
  • Pupuk kandang
  • Cutter
  • Gergaji
  • Plastik kresek
  • Tali rafia
  • Polybag

Cara Mencangkok :

  1. Siapkan pohon belimbing bagus yang berkualitas unggul. Pilihlah salah satu cabang dari tanaman tersebut yang mempunyai diameter 2-3 cm dan panjangnya lebih dari 100 cm. Usahakan cabang yang dipilih ini mempunyai arah tumbuh yang tegak ke atas.
  2. Gunakan cutter untuk mengelupas lapisan kulit dari cabang tumbuhan terpilih secara melingkar dengan panjang antara 3-5 cm. Posisi sayatan hendaknya dilakukan persis di bawah kuncup daun supaya tingkat keberhasilan mencangkok tanaman lebih tinggi. Kemudian lepaskan lapisan kulit yang telah dipotong tadi menggunakan potongan ujung cutter. Setelah itu, Anda sanggup membersihkan lapisan kambium yang mungkin masih melekat di permukaan kayu. Buanglah lapisan kambium yang ibarat lendir tersebut sampai kering.
  3. Kini waktunya untuk membiarkan bekas sayatan tadi selama 2-5 hari supaya dahan yang telah dikupas sanggup mengering dengan sempurna.
  4. Bungkuslah bekas sayatan cabang pada pohon belimbing bagus tadi menggunakan plastik kresek. Dimulai dengan mengikat potongan bawah pembungkus plastik tersebut kira-kira 6 cm di bawah sayatan terlebih dahulu. Kemudian masukkan adonan tanah dan pupuk sangkar ke dalam pembungkus tadi. Rapikan sedemikian rupa supaya bekas sayatan di dahan sanggup tertutupi oleh adonan media tanam tadi. Lalu, Anda sanggup mengikat potongan atas lembaran pembungkus menggunakan tali rafia.
  5. Usahakan media tanam yang ada di cabang yang sedang dicangkok terjaga tingkat kelembabannya dengan baik. Kaprikornus Anda perlu menyiraminya setiap pagi dan sore hari secara teratur.
  6. Perhatikan kondisi dan pertumbuhan cabang yang tengah dicangkok. Butuh waktu selama beberapa bulan supaya cabang tersebut sanggup menumbuhkan akar yang lengkap. Jika cabang sudah tampak mempunyai akar yang cukup banyak, Anda sanggup memisahkannya dari pohon induk dengan memotong cabang tadi menggunakan gergaji.
  7. Bibit belimbing bagus yang telah dipisahkan dari tumbuhan induk sebaiknya tidak eksklusif ditanam di tanah. Anda perlu menyemainya terlebih dahulu supaya pertumbuhannya sanggup maksimal. Tanamkan bibit tersebut di dalam polybag yang telah diisi dengan adonan tanah dan pupuk kandang.