Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Budidaya Belimbing Dewi Secara Tepat

Bagaimana cara membudidayakan belimbing dewi? Belimbing dewi ialah varietas unggulan dari tumbuhan belimbing. Keunggulan dari varietas ini yaitu bentuk buahnya proporsional, mempunyai kulit yang mengkilap, dan berwarna kuning jingga. Setiap buah belimbing dewi berukuran sekitar 10-15 cm dengan bobot rata-rata 200-250 gram.

Pohon belimbing dewi paling elok dibudidayakan di tempat yang terletak pada ketinggian 100-500 m dpl. Daerah tersebut biasanya mempunyai 7,5 bulan berair dan 4,5 bulan kering. Pohon ini dapat ditanam di hampir semua jenis tanah. Usahakan kondisi lahannya terbuka dengan intensitas penyinaran 40-50% dan pH tanah 5,5-7,5.

Pengolahan Lahan

Buatlah lubang tanam yang mempunyai ukuran 50 x 50 cm hingga 70 x 70 cm dengan jarak antara lubang yaitu 5-7 m. Pisahkan tanah galian bab atas dengan tanah bab bawah. Biarkan lubang tanam ini selama 1-2 minggu.

Pada dikala penanaman, masukkan tanah galian bab bawah terlebih dahulu ke dalam lubang tanam. Campurkan tanah galian bab atas dengan 10 kg pupuk sangkar dan 0,25 kg NPK (15-15-15). Kemudian gabungan ini dimasukkan ke lubang tanam sehabis bibit. Usahakan timbunan lubang tanam membentuk permukaan tanah yang cembung. Jangan lupa pasanglah ajir sebagai penanda lubang tanam tersebut.

Bagaimana cara membudidayakan belimbing dewi Cara Budidaya Belimbing Dewi secara Tepat

Penanaman Bibit

Waktu penanaman bibit belimbing dewi yang paling elok dilaksanakan pada awal animo penghujan. Buanglah polybag yang membungkus bibit belimbing dewi dengan hati-hati. Usahakan tidak ada sistem perakaran yang rusak. Tanamkan bibit ini dalam posisi yang tegak dan tambahkan ajir sebagai penyangganya. Pastikan tidak ada bab batang okulasi (grafting) yang tertutup oleh tanah.

Pemupukan Tanaman

Pemupukan susulan pertama kali dikerjakan ketika tumbuhan belimbing dewi berusia 4 bulan. Pupuk yang digunakan pada tahap ini ialah NPK sebanyak 200-300 gram/pohon. Dalam rentang umur 1-3 tahun, tumbuhan juga perlu diberikan NPK sebanyak 0,5-1 kg/pohon per tahun. Teknik pemupukan pada belimbing dewi yaitu buat parit yang melingkari tajuk luar tumbuhan sejauh 50 cm, taburkan pupuk ke parit, kemudian tutup parit menggunakan tanah di sekitarnya. Tambahkan takaran NPK untuk tumbuhan yang berusia lebih dari 3 tahun.

Pemangkasan Tanaman

Pemangkasan dimulai dari bab pucuk dari bakal batang utama, tepatnya 1 cm di atas ruas keenam. Kemudian tinggalkan 2 cabang dari ruas yang tumbuh. Lalu pangkas bab ruas keempat. Begitu tumpuan seterusnya hingga menghasilkan tajuk pohon belimbing yang sesuai dengan impian dan perencanaan.

Perawatan Buah

Penjarangan buah bertujuan untuk meningkatkan kualitas buah, baik dari segi ukuran maupun penampilan. Caranya ialah membuang buah-buah yang berada di bab ujung ranting. Buah terpilih kemudian dibungkus menggunakan plastik untuk mencegah serangan lalat buah. Buah mulai dibungkus semenjak ukurannya sebesar kelereng.

Pemanenan Buah

Pohon belimbing biasanya mulai menghasilkan buah yang layak panen ketika berumur 2 tahun. Sedangkan waktu pertumbuhan dari bunga menjadi buah masak berkisar antara 70-90 hari. Masa panen belimbing dapat mencapai 3-4 kali/tahun dengan waktu panen raya yaitu Juli hingga Agustus. Ciri-ciri buah belimbing dewi yang layak panen yaitu bentuk buah sudah penuh, warnanya lebih banyak didominasi jingga, dan permukaannya mengkilap.