Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Lengkap Pembibitan Flora Cabe

Bagaimana cara pembibitan tumbuhan cabai dilaksanakan? Cabe biasa kita gunakan sebagai bumbu dasar untuk menciptakan masakan-masakan khas Nusantara. Bagi Anda yang hobi bercocok tanam, Anda mungkin tertarik untuk menanamnya sendiri di rumah? Proses penanaman tumbuhan cabai sebaiknya diawali dari pembibitan ya.

Pada dasarnya, proses pembibitan bertujuan untuk meningkatkan peluang tumbuhnya benih cabai yang telah kita sebarkan di media tanam. Sedangkan bila kita pribadi menebarkan benih cabai di lahan, maka jumlah benih yang tumbuh menjadi bibit pun biasanya sangat rendah. Bahkan ada pula yang mengaku keberhasilan pertumbuhan benih tersebut tidak lebih dari 10 persen.

Bagaimana cara pembibitan tumbuhan cabai dilaksanakan Cara Lengkap Pembibitan Tanaman Cabe

Petunjuk lengkap dalam melaksanakan pembibitan tanaman cabe sanggup Anda pelajari di bawah ini!

Alat dan Bahan :

  • Biji cabe
  • Wadah
  • Air hangat
  • Bawang merah
  • Pot
  • Tanah
  • Pupuk kandang
  • Cetok

Langkah-langkah :

  1. Siapkan biji cabai berkualitas unggul yang akan digunakan sebagai benih tanaman. Untuk mendapat benih dengan kualitas yang terjamin, Anda sanggup membelinya di www.alatperabotan.com.
  2. Anda juga sanggup menciptakan benih ini sendiri. Caranya potonglah buah cabai menjadi tiga bagian. Lalu ambil biji-biji yang terdapat di potongan tengah.
  3. Buatlah cairan fungisida untuk biji cabai tersebut. Tumbuk sebutir bawang merah hingga halus. Kemudian masukkan ke dalam wadah yang telah berisi air hangat-hangat kuku. Rendamlah biji cabai ke dalam wadah tersebut selama 24 jam.
  4. Keesokan harinya, ambil biji cabai yang karam di dasar wadah. Tiriskan cabai tersebut di atas tampah. Anda sanggup mengangin-anginkan biji cabai ini sebentar untuk mengeringkan permukaannya.
  5. Buatlah media persemaian yang terdiri atas adonan tanah dan pupuk sangkar dengan perbandingan 2:1 atau sesuai tingkat kesuburan tanah yang Anda gunakan. Pastikan tanah yang Anda pakai mempunyai tekstur yang benar-benar halus dan gembur.
  6. Sebarkan biji-biji cabai di atas media tanam dengan jarak sekitar 2 x 2 cm. Setelah itu, taburkan tanah halus dengan lapisan yang tipis untuk menutupi hamparan biji-biji cabai tadi.
  7. Pot persemaian sebaiknya ditaruh di ruangan yang tertutup, mempunyai kelembaban yang cukup tinggi, dan dilengkapi dengan sirkulasi udara yang lancar. Selama proses ini berlangsung, Anda harus menyiram pot tersebut setiap sore menggunakan botol semprot biar tidak merusak media tanam. Dalam waktu 5-7 hari, biji cabai yang Anda tanam akan menjelma bibit yang mempunyai 3-5 daun sehingga siap untuk ditanam di kebun.