Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Tanaman Hortikultura Dan Jenis-Jenisnya

Dasar-Pertanian - Secara bahasa arti Hortikultura (horticulture) berasal dari bahasa Latin hortus (tanaman kebun) dan cultura/colere (budidaya), dan juga sanggup diartikan sebagai budidaya tumbuhan kebun. Pengertian Hortikultura ini dipakai secara lebih luas dan tidak hanya untuk budidaya perkebunan saja. Adapun istilah hortikultura ini dipakai pada jenis tumbuhan yang dibudidayakan. Untuk bidang kerja hortikultura ini mencakup pembenihan, pembibitan, kultur jaringan, produksi tanaman, hama dan penyakit, panen, pengemasan dan distribusi. Kaprikornus sanggup juga disimpulkan bahwa Hortikultura merupakan salah satu metode budidaya pertanian modern ( sumber : wikipedia ).

Tanaman hortikultura ini merupakan cabang dari agronomi. Namun yang membedakannya yakni bahwa holtikultura hanya memfokuskan pada budidaya tumbuhan ibarat tumbuhan buah-buahan (pomologi/frutikultur), tumbuhan sayuran (olerikultura), tumbuhan bunga (florikultura), tumbuhan obat-obatan (biofarmaka). Untuk lebih jelasnya berikut ini Jenis-Jenis Tanaman Holtikultura.

Jenis-Jenis Tanaman Hortikultura


1. Tanaman Buah ( Pomologi/frutikultur )

 
 dan juga sanggup diartikan sebagai budidaya tumbuhan kebun Pengertian Tanaman Hortikultura dan Jenis-Jenisnya


Jenis tumbuhan holtikultura yang pertama yakni tumbuhan buah. Buah-buahan merupakan jenis tumbuhan yang sanggup menghasilkan buah. Kita semua juga niscaya tahu dan sanggup membedakan mana tumbuhan buah dan mana yang bukan tumbuhan buah. Tanaman buah ini bisanya disebut sebagai tumbuhan musiman. Kaprikornus tumbuhan buah akan berbuah pada ketika trend buah tertentu. Ada jenis tumbuhan buah yang hanya berbuah satu kali daam masa tanam dan ada juga yang berbuah berkai-kali selama ditanam. Adapun salah satu jenis tumbuhan buah yang hanya berbuah sekali saja yakni adalah buah pisang. Sedangkan teladan tumbuhan buah musiman yakni buah rambutan. Kaprikornus sudah terang sekali bahwa tumbuhan buah ini termasuk dalam ketegori tumbuhan holitkultura.

2. Tanaman Sayur ( Olerikultura )

 dan juga sanggup diartikan sebagai budidaya tumbuhan kebun Pengertian Tanaman Hortikultura dan Jenis-Jenisnya

 

Jenis tumbuhan holtikutura selanjutnya yakni sayuran. Jenis tumbuhan ini sanggup kitajumpai disekitar lingkungan dan pekarangan rumah. Sayuran merupakan tumbuhan yang sanggup dibudidayakan setiap ketika tanpa melihat musim. Sebenarnya ada dua jenis tumbuhan sayur yang perlu kita pahami, yang pertama yakni tumbuhan sayuran tahunan atau sanggup dipanen selama tumbuhan itu hidup, ibarat petai, jengkol, melinjo, ubi atau singkong, dan lain-lain. Yang kedua yakni tumbuhan sayuran musiman, tumbuhan sayur jenis ini mencakup kangkung, bayam, wortel, kacang panjang, dan lain-lain.

3. Tanaman Bunga (florikultura)

 dan juga sanggup diartikan sebagai budidaya tumbuhan kebun Pengertian Tanaman Hortikultura dan Jenis-Jenisnya

 

Jenis tumbuhan bunga yakni tumbuhan yang biasa dipakai sebagai tumbuhan hias. Tanaman hias ini juga majemuk jenisnya, ada yang ditaman dalam pot dan ada juga yang ditanam dengan cara mananam eksklusif ditaman. Contoh tumbuhan bunga atau tumbuhan hias ini yakni mawar, melati, anggrek, kenanga, kamboja, dan lain-lain. Tanaman bunga ini termasuk dalam jenis tumbuhan holtikultura yang berfungsi sebagai penambah nilai estetika dalam suatu taman atau ruangan.

4. Tanaman Obat ( Biofarmaka )

 dan juga sanggup diartikan sebagai budidaya tumbuhan kebun Pengertian Tanaman Hortikultura dan Jenis-Jenisnya

 

Jenis tumbuhan holtikutura yang terakhir yakni tumbuhan obat ( biofarmaka ) atau sanggup juga disebut sebagai tumbuhan rempah. Tanaman obat ini sangat banyak keuntungannya dan sudah usang dipakai oleh masyarakat sebagai materi pembuat obat-obatan dan sanggup juga dipakai sebagai materi embel-embel pada bumbu masakan. Contoh tumbuhan ini yakni jahe, lengkuas, temulawak, kayu manis, serai, brotowali, dan lain-lain.

Itulah sedikit gosip wacana Pengertian Tanaman Hortikultura dan Jenis-Jenis Tanaman Hortikultura. Mudah-mudahan gosip ini sanggup menambah wawasan anda semua.