Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menciptakan Tepung Tulang

CARA MEMBUAT TEPUNG TULANG

Tepung tulang sudah populer usang sebagai salah satu penyusun materi pakan ternak, konsentrat maupun pakan jadi. Tulang yang selama ini di anggap limbah yang tidak berharga, bekerjsama sanggup mendatangkan profit seandainya di garap sungguh sungguh, alasannya yaitu jumlah limbah tulang ini sangat berbagai dari tulang ayam sampai kambing dan sapi.

Fungsi utama tepung tulang biasanya di peruntukan untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan fosfor, padahal bukan itu saja senyawa lainnya mencakup magnesium, tembaga, seng, kobatl, besi, mangan, sulfur dll. Prosentase tepung tulang dalam satu formula yaitu 1 – 2%.

Langkah pembuatan :
1. Tulang di basuh bersih, buang sisa daging, darah, lemak dengan air cuek sampai bersih.
2. Masukan dalam mesin digester penguapan atau mesin presto atau di steam pengukusan bukan di rebus terendam dalam air, sampai sisa daging gampang di bersihkan.
3. Lalu jemur sinar matahari atau masuk panggangan sampai kering.
4. Masukan kembali tulang ke mesin  digester yang berdinding lapis dua, di uapkan dalam tekanan tinggi selama 3 jam. Atau masukan dalam mesin presto juga boleh, sampai di dapatkan tulang kering yang agak lembab, kemudian jemur kembali sampai kadar air tulang 13-15%.
5. Masukan tulang dalam mesin hammer mill, tumbuk sampai lembut, proses selesai.

\m/
kipdefayer
sluman slumun slamet
pertaniankoq.blogspot.com