Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nih, Cara Menanam Zodia Di Dalam Pot!

Bagaimana cara menanam zodia di dalam pot? Akhir-akhir ini, masyarakat Indonesia semakin banyak yang tertarik menanam zodia di pekarangan rumahnya. Selain lantaran indah, zodia juga berguna sama dengan lavender, yakni sebagai flora pengusir nyamuk. Itu sebabnya, dominan pencinta flora memelihara zodia di dalam pot supaya gampang dipindah-pindahkan.
Zodia yaitu tanaman perdu yang mempunyai daun pipih memanjang berwarna hijau kekuningan hingga hijau pekat. Saat daun-daun tersebut bergesekan tertiup angin, daun dari flora asal Papua ini akan mengeluarkan kedaluwarsa khas yang sangat dibenci nyamuk. Berdasarkan analisa oleh BALITRO (Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat) menggunakan gas kromatografi, minyak zodia mempunyai kandungan berupa linalool 46% dan alpha-pinene 13,26%. Hal ini memungkinkan daun zodia bersifat antinyamuk dengan tingkat mencapai 70% selama 6 jam.
Bagaimana cara menanam zodia di dalam pot? Berikut ini panduannya dari kami!
Alat dan Bahan :
  • Bibit zodia
  • Pot
  • Tanah
  • Pupuk sangkar
  • Pecahan genteng
  • Air
Langkah-langkah :
  1. Bibit zodia berupa flora kecil yang berukuran 10-15 cm. Bibit ini sanggup didapatkan di toko pertanian terdekat dengan harga sekitar Rp7 ribu/buah.
  2. Siapkan media tanam berupa gabungan tanah dan pupuk sangkar dengan perbandingan 2:1. Aduk media tanam tersebut hingga komposisinya tercampur rata.
  3. Masukkan cuilan genteng ke dalam pot sebagai ganjal media tanam. Kemudian isi pot menggunakan tanah hingga memenuhi sepertiga dari volume pot.
  4. Lepaskan bibit zodia dari polybag, kemudian letakkan di pot. Isi kembali pot menggunakan media tanam yang sudah diolah hingga memenuhi volume pot.
  5. Zodia menyukai sinar matahari pribadi semoga sanggup tumbuh normal. Oleh lantaran itu, letakkan flora ini di daerah yang disinari matahari dan bersirkulasi udara baik.
  6. Pola penyiraman zodia sanggup dilakukan dengan frekuensi dua kali sehari atau sesuai dengan kondisi media tanam. Zodia cukup disiram seperlunya saja semoga media tanam tidak terlalu kering.
  7. Zodia yang sudah berusia berakal balig cukup akal sanggup dikembangbiakan secara vegetatif melalui stek batang semoga keampuhannya dalam mengusir nyamuk lebih handal.