Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyakit Tembolok Membesar

                             PENYAKIT TEMBOLOK MEMBESAR

Kasus ini dapat terjadi pada ayam tipe pedaging maupun petelur, dalam segala usia. Biasanya di sebabkan oleh ayam yang habis di puasakan lantaran sakit atau gres di proses moulting rontok bulu. Bukan merupakan penyakit berbahaya hanya bila tidak di tangani dengan benar dapat menimbulkan kematiaan.

Crop impaction kondisi di mana tembolok membesar keras, makin hari makin tambah besar. Ayam makan terus tapi pakan tidak dapat keluar dari tembolok lantaran lubang ke organ pencernakan tersumbat plastik, karet atau pakan yang mengering di ujung lubang organ pencernakan.

Cara gampang mengatasinya yaitu ayam di cekok dengan minyak goreng 2-3 sendok makan banyaknya tergantung usia ayam, sesuaikan saja. Lalu tembolok di peras  pijat pelan pelan saja, terutama bagiaan pangkal tembolok. Swetelah terasa lembut, kemudian ayam cekok dengan air, pijat kembali pelan, sampai terasa agak encer.

Lalu ayam di tunggingkan kepala di bawah sambil tembolok di urut ke bawah sampai pakan keluar semua. Raba kembali tembolok rasakan ada tidak kawat besi atau paku. Positif tidak ada ,ayam di cekok air lagi sampai tembolok berisi air , pijat pelan , kemudian tunggingkan kembali sampai air keluar, ini namanya membilas tembolok.

sesudah bersih, ayam di beri pakan agak lembut, sambil di beri kapsul pencerna, jangan beri pakan dalam jumlah besar dulu.

\M/
kipdefayer
pertaniankoq.blogspot.com