Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyakit Cacing Penyebab Ayam Itik Lumpuh



                        PENYAKIT CACING PENYEBAB AYAM ITIK LUMPUH

Penyakit cacing merupakan musuh dalam selimut, jangan salah arti yo…hohoho. Cacing ini hidupnya dalam usus ternak. Parasit yang numpang hidup pada induk semangnya, bukanya membantu tapi malah menggangu kinerja organ pencernaan dalam mencerna nutrisi pakan.

Maka harus segera kita usir ,sebab ia menyamun merampok jatah pakan ternak kita,  terjadi defisiensi gisi sehingga produktivitas ternak rendah. Dan sanggup memancing datangnya penyakit lain.

Cacing Gilig/Bulat/Bundar
Cacing ini bentuk bulat,warna putih kelihatan gerakannya kaku, panjang 3 cm – 11 cm, yang hidup dalam usus kecil. Jika populasi cacing sudah di ambang batas, dikala mengeluarkan kotoran cacing tersebut ikut keluar yang sanggup di lihat mata telanjang. Dinding usus menjadi luka dan menebal yang menggangu proses perembesan nutrisi.

Ayam Itik menjadi lesu, muka pucat termasuk jengger dan pial bawah, kotoran jadi encer, nafsu makan turun, bulu kering berdiri, produksi turun, lumpuh dan terjadi kematian.

Penularan lewat air minum dan pakan yang terkotori oleh telur cacing atau ayam sehat yang memakan cacing hidup. Media penularan juga sanggup lewat kotoran litter dan peralatan kandang.

Cacing Pita
Bentuk pipih pita, badan beruas ruas tidak punya lisan dan alat pencernaan. Sari makanan di serap melalui seluruh permukaan tubuhnya. Kaprikornus cacing pita bukan hanya pada binatang babi ,ayampun ada juga tapi beda spesies . Panjang cacing pita 15 – 25 cm, jikalau pada babi sanggup 10 – 15 meter.Hidup pada usus, melekat dengan kait yang ada di ujung tubuhnya.

Cacing Rambut
Cacing ini tidak berwarna, panjang 1,5 – 2 cm, hidup di usus.

Cacing Ceca/usus buntu
Warna agak keabu abuan, panjang 0,8 – 1,5 cm.

Pencegahan penyakit cacing
Program sanitasi harus di jalankan dengan benar. Peralatan sangkar rutin harus di basuh semua seminggu sekali atau sehabis satu periode pemeliharaan untuk yang bertujuan penggemukan.

Penyemprotan disinfetan di lakukan pada sangkar postal maupun baterai dan usahakan liter sekam harus dalam kondisi kering selalu. Beri asupan vitamin A dan vitamin B kompleks.



Hubungan penyakit cacing dengan kelumpuhan ayam itik

Ingat, cacing merupakan benalu yang numpang hidup di usus, melaksanakan sabotase nutrisi pakan di serap untuk hidupnya sendiri. Terkadang ayam dan itik tidak kebagian sama sekali. Maka tak absurd seandainya ayam itik mengalami defisiensi akut senyawa senyawa tertentu. Jika unsure kalsium dan fosfor di serap seluruhnya oleh cacing ,ayam itik menjadi lumpuh.

Pengobatan

1. Herbal Top
2. Probiotik Top
3. Obat kimia Levamid, Nemasol, Tryworm, pilih salah satu ikuti takaran hukum di bungkus obat.
4. Supplement Vitamin A dan Vitamin B kompleks, takaran pakai ikuti aturan.

Gabungkan ke empat obat di atas jadi satu, usang pengobatan 7 hari. Untuk ayam dan itik yang sudah berproduksi, hati hati dengan penurunan produksi telur. Tapi biasanya lantaran telang terjangkit cacing produksi niscaya turun, maka harus berani mencoba, sehabis sembuh produksi naik lagi.

Grup facebook : ayam kresing super
Twitter : betha_sutrisno
Blog : bumi ternak-betha.blogspot.com
Email : betha_sutrisno@yahoo.co.id