Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Budidaya Cacing Tanah Terbaik Niscaya Untung 100%


Cara Budidaya Cacing Tanah

Untuk artikel kali ini akan saya kupas perihal bagaimana cara budidaya cacing tanah yang baik dan benar biar masa panen maksimal sehingga mendatangkan pundi-pundi rupiah yang sanggup mencapai puluhan juta rupiah. Bisnis budidaya cacing tanah dikala ini sudah tidak menjadi sebuah hal yang tabu lagi sebab sudah banyak yang menjalankan perjuangan ini mulai dari masyarakat yang tinggal di perkotaan hingga pedesaan. Bagi sahabat yang belum memahami untuk apa cacing tanah dibudidaya dan bahkan dikembangbiakkan sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya bahwa cacing tanah sanggup dipakai sebagai materi untuk meningkatkan nilai gizi makanan, untuk pakan hewan ternak menyerupai ikan hias, kura-kura, untuk umpan pancing, untuk obat (cacing merah) dan bahkan diluar Negri sudah memperkenalkan keripik cacing dan kuliner lainnya yang sudah dicampur dengan cacing. Cacing tanah mempunyai kandungan nilai gizi yang tinggi didalam tubuhnya sehingga cacing dimanfaatkan untuk banyak sekali keperluan yang salah satunya saya sebutkan diatas.
Cara Budidaya Cacing Tanah
Cacing tanah merupakan hewan tanah yang memang terlihat menjijikkan, hidup di lumpur, pembuangan sampah, dan daerah kotor yang lembab lainnya. Cacing tanah termasuk hewan yang tidak mempunyai tulang belakang dalam tubuhnya, hewan menyerupai ini sering disebut dengan Invertebrata, kalau dikelompokkan cacing tanah ini termasuk hewan dengan keluarga Oligochaeta. Bagi sahabat yang mungkin tinggal dipedesaan dan apalagi bersahabat dengan area peternakan tentunya sudah tidak gila dengan cacing tanah yang akan keluar dipermukaan tanah atau dijalan-jalan pada dikala hujan deras turun.

Cacing tanah merupakan hewan yang mempunyai potensi tinggi untuk kesejahteraan kehidupan di Negara Kita sebab hewan ini mempunyai kandungan nilai gizi yang tinggi didalam tubuhnya dan sangat bermanfaat sebagai pakan untuk pusat perikanan menyerupai di pulau jawa penggalan barat tepatnya Sumedang, bandung dan sekitarnya yang memang banyak masyarakat yang menimbulkan budidaya ikan sebagai profesi. Jika berbicara perihal jenis cacing tanah maka cacing ini terdiri dari beberapa jenis.
Budidaya Cacing Tanah Sukses
Berbicara perihal jenis cacing tanah yang ada didunia ini sangatlah banyak dan tidak sanggup saya sebutkan kesemuanya, namun akan saya sebutkan beberapa jenis cacing tanah yang terkenal dibudidayakan dan diambil keuntungannya menyerupai jenis cacing tanah Eiseinia, Pheretima, Perionyx, Diplocardi, Lidrillus, Megascolicidae, Lumbricidae, Genus Lumbricus cacing tanah tersebut ialah jenis cacing yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat sebab memang tipe cacing ini sangat gampang dibudidayakan pada media hidup sisa bahan-bahan organik. Jika lebih spesifik lagi jenis-jenis cacing tanah yang banyak dibudidayakan ialah dari jenis Pheretima, Periony dan Lumbricus sebab jenis cacing ini sanggup hidup dan berkembangbiak pada media yang gampang dibentuk menyerupai adonan kotoran tenak dan tanah lumpur.

Saat ini budidaya cacing tanah yang paling terkenal dan diminati dipasaran ialah budidaya cacing tanah jenis Lumbricus Rubellus, cacing jenis ini mempunyai tingkat produktifitas yang tinggi dan sangat berakal menyesuaikan diri dengan media hidupnya sehingga menjadi pilihan terbaik untuk dibudidayakan. Cacing Lumbricus Rubellus juga gampang gemuk sebab huruf cacing ini pendiam serta nafsu makan yang tinggi, cacing Lumbricus Rubellus juga sanggup menghasilkan kascing yang lebih banyak daripada jenis cacing lainnya. Yang mana kascing ini akan sangat bermanfaat untuk menyuburkan tanah sehingga menciptakan tumbuhan menjadi subur dan cepat dalam pertumbuhannya.

Manfaat Cacing Tanah

Banyak sekali manfaat yang sanggup diambil dari cacing tanah, menyerupai dilingkungan kita sendiri cacing akan sangat kuat dengan tingkat kesuburan tanah, kalau cobat cermat terhadap lingkungan sekitar bahwa area tanah yang terdapat cacing pastinya tanah tersebut subur dan sangat baik untuk tumbuh-tumbuhan yang hidup diarea tersebut.
Cara Budidaya Cacing Tanah Terbaik Pasti Untung 100%
Memang cacing tanah ini sanggup bermanfaat dalam dunia pertanian sebab cacing tanah sanggup menguraikan bahan-bahan organik yang nantinya menjadi aerasi dan struktur tanah menjadi lebih baik biar perembesan kuliner tumbuhan disekitarnya akan maksimal yang hasilnya tumbuhan tersebut menjadi elok dan berkualitas. Pupulasi cacing tanah juga sanggup memperbanyak mikroba yang baik untuk menyuburkan tanah dan masih banyak lagi manfaat cacing tanah untuk kesejahteraan kehidupan insan diantaranya ialah sebagai berikut :

1.      Untuk Pakan Binatang Ternak
Kandungan nutrisi pada badan cacing tanah sangatlah baik untuk pertumbuhan hewan ternak menyerupai ikan, unggas, atau hewan ternak lainnya yang sanggup memakan cacing tanah.
2.      Untuk materi baku obat
Cacing tanah juga banyak dipakai sebagai materi baku obat-obatan dan juga sebagai obat pribadi menyerupai dipakai untuk mengobati penyakit : demam, menurunkan tekanan darah, sakit gigi, tipus, menyembuhkan bronchitis, dan reumatik sendi.
3.      Untuk materi utama kosmetik
Bagi perempuan jangan heran kalau beberapa lipstik dan pelembab kulit yang kalian pakai juga terbuat dari materi utama cacing tanah. Namun jangan takut sebab sebelumnya cacing akan diproses dan sudah steril biar kondusif digunakan.
4.      Untuk menambah nilai gizi kuliner manusia
Cacing mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi dibanding dengan hewan lainnya, hal ini dimanfaatkan oleh beberapa Negara maju untuk materi penguat nilai gizi yang tentunya juga diproses dan olah dengan benar.
Jika beberapa manfaat cacing menyerupai yang saya sebutkan diatas maka selanjutnya ialah segera bergerak untuk memanfaatkan peluang perjuangan budidaya cacing tanah. Namun sebelumnya akan saya sebutkan poin-poin penting yang harus sahabat ketahui sebelum melakukan budidaya cacing tanah, adapun poin-poin penting ialah sebagai berikut :
1.      Cacing tanah sanggup tumbuh dengan normal kalau media hidup mengandung bahan-bahan organik yang banyak. Bahan organik yang dimaksud ialah menyerupai kotoran ternak yang sudah matang, sisa limbah dapur, dedaunan kering yang sudah membusuk, dan materi organik lainnya.
2.      Agar cacing tanah baik dalam pertumbuhannya maka tanah harus mengandung sedikit asam hingga netral atau ph sekitar 6-7,2, dengan hal tersebut maka cacing akan sanggup membusukkan makanannya dengan cara memfermentasi kuliner didalam tubuhnya. Cacing juga memerlukan tingkat kelembaban tanah 15%-30% biar sanggup hidup dan tumbuh optimal.
3.      Telur cacing akan menetas kalau suhu tanah antara 15–25 derajat C, dan kalau suhu lebih dari 25 derajat celcius maka telur cacing masih sanggup menetas namun dengan catatan kelembaban media tetap terjaga.
4.      Lokasi sangkar untuk budidaya cacing tanah harus terhindar dari sinar matahari pribadi dan materi wadh media tidak terbuat dari benda yang sanggup memantulkan sinar matahari. Penempatan media sebaiknya dibawah pohon yang rindang atau dipinggir rumah, dan lebih elok kalau dibuatkan rumah/gubuk khusus.

Langkah-Langkah Budidaya Cacing Merah

1.      Pembuatan Kandang Untuk Tempat Penyimpanan Media Cacing Tanah
Untuk menciptakan sangkar kandang daerah menyimpan media hidup cacing tanah usahakan gubuk terbuat dari bahan-bahan yang murah dan gampang didapat. Gubuk ini sanggup terbuat dari materi kayu atau bambu, gubung sebaiknya dibentuk memanjang dengan ukuran lebar 2 meter dan panjang sesuai keinginan, namun kalau akan dipakai untuk perjuangan sangkar sebaiknya berukuran lebar 2m panjang 15 m dan tinggi 1,5 m. Dengan model sangkar yang memanjang sahabat juga sanggup menempatkan media hidup model petakan atau rak berbaki.
Gubuk Tempat Penyimpanan Media Hidup Cacing Tanah
Gubuk Tempat Penyimpanan Media Hidup Cacing Tanah
2.      Penyediaan Bibit Cacing Tanah
Untuk mendapat bibit cacing tanah yang akan dibudidayakan sahabat tidaklah perlu pusing sebab cacing tanah sanggup didapat ditempat-tempat pembuangan sampah organik atau tanah berlumpur. Jika tidak memungkinkan untuk mencari sendiri dialam maka sahabat juga sanggup membelinya ditoko alat pancing atau ditoko pakan burung terdekat. Jika ingin mendapat bibit cacing tanah yang elok sebaiknya pribadi membelinya dikandang para peternak cacing tanah terdekat kalau perjuangan budidaya cacing tanah yang akan sahabat jalankan berskala besar.
Jika bibit sudah didapatkan jangan pribadi memasukkan bibit cacing tanah kedalam media kesemuanya, tes dengan memasukkan beberapa cacing tanah kedalam media tumbuh yang disiapkan diatas dan tunggu setidaknya dalam waktu 30 menit, pastikan cacing yang dimasukkan tersebut tidak berhamburan keluar sebab kalau berhamburan keluar berarti cacing tidak menyukai media hidup yang sahabat buat. Pastikan dalam waktu 30 menit sesudah memasukkan bibit cacing tanah kedalam media hidup tidak keluar berhamburan, dan kalau keluar maka segera perbaiki media hidup dengan cara memeras tanah dengan menyiram air biar kandungan zat jahat hilang.
Jumlah bibit sebaiknya diubahsuaikan dengan ukuran media hidupnya, dan pada umumnya media hidup dengan tinggi 0,3 m, panjang 2,5 m, dan lebar 1 m sanggup di isi dengan 10.000 ekor cacing tanah.
3.      Perawatan dan Pengendalian Hama dan Penyakit
Dalam perawatan cacing tanah ini sangatlah gampang hanya saja perihal bagaimana menjaga kelembaban media hidup dan juga donasi pakan. Jika media hidup dirasa kurang lembab sanggup di semprot dengan air higienis sehingga media hidup menjadi lembab. Untuk donasi pakan juga sangatlah gampang sebab cacing tanah menyukai kuliner dari materi organik yang telah matang/membusuk. Cacing tanah sanggup diberi makan dengan kotoran hewan ternak yang sudah matang atau limbah dapur yang sudah membusuk.
Untuk menjaga dari hama dan penyakit juga sangat gampang sebab cacing ini tidak akan mati atau terjangkit penyakit kalau media hidupnya bagus, media mempunyai kelembaban yang baik dan mengganti media hidup 2 ahad sekali kalau diperlukan. Dan memastikan lokasi penyimpanan media hidup kondusif dari hama menyerupai ayam, angsa, bebek, tikus, semut dan hewan lainnya yang sanggup memangsa cacing tanah yang dibudidayakan.
4.      Pemanenan dan Penjualan Cacing Tanah
Apabila 3 langkah diatas sudah dilakukan dengan benar maka seharusnya budidaya cacing tanah yang sahabat jalankan sudah berhasil dan waktu yang dinanti yaitu panen telah datang. Pada dikala tahap inilah yang memang ditunggu masanya sebab pada masa ini hasil jerih payah sahabat akan dibayarkan, hewan yang menjijikkan ini sudah menjadi rupiah yang sanggup mencapai puluhan juta rupiah. Untuk cara memanen cacing tanah sahabat sanggup memperlihatkan lampu pada permukaan media hidup, dengan demikian cacing akan mengumpul keluar dan sanggup pribadi dipisahkan dengan media hidupnya dengan memindahkan cacing-caing tersebut kedalam wadah khusus.
Cacing tanah sangat sensitif terhadap cahaya jadi kalau diberikan cahaya diatas media hidupnya mereka akan berhamburan keluar.
Hasil Pemanenan Budidaya Cacing Tanah
Untuk pemasaran cacing tanah juga sangatlah mudah, sahabat sanggup pribadi menjualnya pada konsumen yang membutuhkan menyerupai konsumen yang memerlukan cacing tanah untuk umpan memancing, untuk pakan ikan atau menjualnya dengan para pengepul cacing tanah terdekat, Jika tidak mempunyai kenalan pengepul cacing tanah sanggup saya bantu berikan kontak dia menyerupai pada foto dibawah ini :
 
Kontak Pembeli Hasil Panen Cacing Tanah
Kontak Pengepul Hasil Panen Cacing Tanah

Artikel lainnya yang mungkin terkait dengan budidaya cacing tanah:


Cukup sekian pembahasan bisnis budidaya cacing tanah kali ini jumpa lagi dengan saya pada pembahasan usaha/bisnis lainnya, Salam Sukses Mitra Tani!!