Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hewan-Hewan Yang Puasa Layaknya Manusia

Kita sebagai umat muslin wajib menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadhan. Secara prinsip, puasa artinya menahan diri dari makan, minum, dan perbuatan-perbuatan lain yang sanggup membatalkannya. Ternyata eh ternyata, puasa tidak hanya dilakukan oleh insan saja loh. Faktanya beberapa binatang melaksanakan suatu perbuatan yang menyerupai mirip ibadah puasa yang biasa dilaksanakan oleh manusia.
Beberapa di antaranya yaitu :
  1. Unta sanggup berjalan jauh di gurun pasir tanpa masakan dan minuman.
  2. Beruang bisa bertahan hidup selama 10 ahad tanpa makan dan minum.
  3. Kukang menghabiskan sepanjang waktu siang harinya untuk tidur.
  4. Ular sengaja melaksanakan puasa untuk menghangat suhu badannya.
  5. Ayam betina juga berpuasa ketika mengerami telur biar suhu badannya lebih hangat.
  6. Ulat akan berpusa selama dalam fase kepompong untuk menjadi kupu-kupu.
  7. Penguin bisa bertahan hidup tanpa makan dan minum selama 2-4 bulan.
  8. Hiu putih raksasa juga bisa hidup beberapa ahad tanpa makanan.
  9. Katak sanggup tidur terus selama 16 bulan selama masa hibernasi.
  10. Buaya bisa bertahan hidup sampai 3 tahun lamanya tanpa makanan.
 Kita sebagai umat muslin wajib menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadhan Hewan-hewan yang Puasa Layaknya Manusia
Kami akan mencoba menunjukkan klarifikasi pada beberapa binatang di atas beserta alasan dan tujuannya ia berpuasa.
Unta
Unta dikenal sebagai salah satu binatang yang mempunyai daya tahan yang luar biasa. Binatang ini bisa bertahan hidup di tempat-tempat yang kondisinya ekstrem tanpa makan dan minum. Apalagi habitat alaminya yang berada di gurun pasir menciptakan unta sulit menemukan rumput sebagai makanannya. Rahasia kekuatan unta ternyata ada pada punuk yang menjadi daerah menyimpan cadangan makanan. Di punuk ini tersimpan setidaknya 40 kg lemak yang bisa dimanfaatkan sewaktu-waktu sebagai sumber energi.
Ayam
Khususnya ayam betina akan melaksanakan puasa selama beliau mengerami telur-telurnya. Durasi waktunya mencapai 21-23 hari. Tujuan ayam berpuasa yaitu menghangatkan suhu tubuh sehingga bisa digunakan untuk mengerami telur. Selama proses ini berlangsung, ayam betina tak akan melaksanakan acara lain selain mengerami telur. Dia hanya keluar sejenak dari sangkar untuk mencari makan sebentar, kemudian segera kembali ke telurnya lagi. Demikian ayam betina ini melakukannya sampai telur-telurnya berhasil menetas.
Ular
Ular akan berpuasa selama beberapa hari sesudah beliau memangsa makanannya. Waktunya bermacam-macam tergantung ukuran mangsa yang berhasil didapatkan. Rata-rata berkisar antara 2-3 minggu. Tujuan ular berpuasa yaitu menjaga sistem pencernaan di dalam tubuhnya supaya tetap stabil. Selama berpuasa, ular tidak akan melaksanakan acara apapun. Dia akan berdiam diri dan menyendiri dengan cara bersembunyi. Ular juga akan melaksanakan puasa ketika hendak berganti kulit supaya suhu badannya naik.
Ulat
Ulat merupakan binatang yang mengalami proses metamorfosis secara sempurna. Usaha yang harus dilakukan oleh seekor ulat untuk menjadi kupu-kupu sangatlah berat. Khususnya ketika fase kepompong, beliau harus berpuasa sama sekali tidak makan dan minum selama beberapa hari. Waktunya sekitar 16-18 hari. Ulat harus bisa menahan rasa lapar dan dahaga dalam kurun waktu selama itu biar beliau bisa bermetamorfosis kupu-kupu yang begitu indah.