Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Antisipasi Penyakit Antraknosa Pada Flora Bawang Merah Terbukti Ampuh

SAUNG PETANI - Pada trend penghujan biasanya menjadi hal yang angker bagi setiap petani, terutama petani bawang merah. Kenapa trend hujan kok ditakuti banyak petani bawang merah? Sebenarnya bukan hanya petani bawang merah saja, ada juga petani lain yang juga waspada terhadap trend penghujan. Pasalnya pada dikala trend penghujan, banyak dampak yang terjadi pada tanaman, menyerupai wabah penyakit. Penyakit pada tumbuhan bawang merah di trend penhujan antara lain ialah antraknosa. Kaprikornus hati-hati jikalau sudah datang trend penghujan, harus ada pengendalian yang baik dan lebih baik melaksanakan pencegahan terhadap penyakit antraknosa ini.

Cara mengendalikan penyakit antraknosa pada tumbuhan bawang merah ini sanggup dibilang sulit bagi para petani, lebih lagi jikalau trend hujan telah tiba. Penyakit antraknosa ini disebabkan oleh cendawan yang berjulukan Coletotricum Gioesporiodes. Cendawan ini akan lebih berkembang lagi jikalau trend penghujan tiba. 

Adapun penyakit antranosa ini sanggup ditandai dengan mulai munculnya bercak berwarna putih pada daun bawang, kemudian akan membentuk lekukan dan usang kelamaan akan menjadi patah daun tersebut. Jika penyakit antraknosa ini tidak segera dilakukan penanganan, maka akan menular pada tumbuhan lainnya. Kelembaban udara sangat mensugesti percepatan pembentukan spora, sehingga cepat menyebar ke permukaan tanah sampai sanggup menular ke tumbuhan bawang yang lain.

Berikut ini bebera tips mengantisipasi penyakit antraknosa pada tumbuhan bawang merah yang sudah terbukti ampuh dan banyak dilakukan petani bawang. Silahkan anda coba ikuti dan supaya bermanfaat.

 Pada trend penghujan biasanya menjadi hal yang angker bagi setiap petani Cara Antisipasi Penyakit Antraknosa Pada Tanaman Bawang Merah Terbukti Ampuh
Daun bawang merah terkena penyakit antraknosa

Cara Antisipasi Penyakit Antraknosa Pada Tanaman Bawang Merah Terbukti Ampuh


  1. Cara mengantisipasi dan mengendalikan penyakit antraknosa pada tumbuhan bawang merah ialah dengan melaksanakan rotasi tanaman, maksudnya ialah kita di anjurkan untuk tidak menanam bawang merah secara terus menerus, harus ada tumbuhan lainnya menyerupai menanam kacang maupun tumbuhan sayur lainnya. Baru nanti kembali menanam bawang merah kembali. Intinya rotasi tumbuhan ialah menanam banyak sekali jenis tumbuhan secara bergilir pada satu lahan pertanian.
  2. Melakukan budidaya bawang merah pada trend kemarau, hal ini merupakan cara paling gampang dan efektif dilakukan. Pada tahap ini memang kita harus tahu dan jeli dalam memperkirakan cuaca dan musim. Karena pada trend kemarau jarang sekali terjadi perkara penyakit antraknosa ini.
  3. Menggunakan fungisida dengan baik dan benar sehingga tidak menjadikan kerusakan pada tanaman, lantaran jikalau tidak tepa dalam penggunaan fungisida, justru sanggup merusak tumbuhan dan ekosistem didalamnya.
  4. Selalu menjaga kebersihan lingkungan dan lahan kawasan kita menanam bawang merah. Dengan rajin membersihkan lahan, maka akan memperkecil penyebaran penyakit antraknosa.
  5. Cara mencegah penyakit antraknosa selanjutnya ialah dengan menanam bawang merah yang tahan terhadap penyakit. Ada beberapa varietas bawang merah yang sangat tahan terhadap penyakit, nah anda sanggup menggunakannya.

Itulah beberapa Cara Mengantisipasi Penyakit Antraknosa Pada Tanaman Bawang Merah Terbukti Ampuh, supaya info ini bermanfaat dan sanggup menambah wawasan anda semua.