Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pemupukan Tanaman Kedelai Yang Baik Dan Benar

SAUNG PETANI - Pemupukan tumbuhan yakni hal penting yang wajib kita lakukan bila kita ingin sukses dalam budidaya tanaman. Seperti hal nya tumbuhan kedelai juga akan cantik hasil panennya apabila di pupuk dengan cara yang benar dan terjadwal. Sebenarnya tujuan dari pemupukan tumbuhan ini yakni untuk menyuburkan tanah dan tanaman, menambah unsur hara pada tanah sehingga bila hara pada tanah terjaga dengan baik akan menciptakan tumbuhan menjadi subur. Jika tumbuhan subur otomatis hasil panen akan bagus. Adapun cara memupuk tumbuhan kedelai ini bahwasanya cukup gampang simpel, namun terkadang banyak petani yang menganggap enteng problem pemupukan kedelai ini.

Meskipun terlihat gampang dan sepele, cara pemupukan kedelai harus benar-benar tepat, terlebih jenis pupuk dan takaran yang diberikan pada tumbuhan kedelai. Jenis pupuk yang cantik untuk tumbuhan kedelai sangat beragam, anda sanggup menentukan dan menentukan sendiri. Biasanya kami sering memakai jenis pupuk berikut ini:

 Pemupukan tumbuhan yakni hal penting yang wajib kita lakukan bila kita ingin sukses dalam Cara Pemupukan Tanaman Kedelai Yang Baik dan Benar


Jenis pupuk an organik

1. SP-36
2. NPK
3. Urea

Jenis pupuk organik

1. Bioboost
2. Kompos/pupuk kandang


Cara Pemupukan Tanaman Kedelai Yang Baik dan Benar


Cara memperlihatkan pupuk pada tumbuhan kedelai ini bahwasanya gampang saja, kita sanggup menebar atau menyebar pupuk secara merata pada lahan yang ditanami kedelai. Atau sanggup dengan sistem larik, sistem lubang, dan sebagainya. Apapun cara yang kita gunakan dalam pemupukan, hal yang paling penting yakni takaran pemupukan harus tepat, tidak kurang dan tidak pula berlebihan.

Akibat tumbuhan kedelai yang kurang pupuk antara lain tumbuhan tidak akan produktif, hasil buah/polong kedelai tidak padat, banyak polong yang tidak sempurna, sehingga hasil penan kurang maksimal.

Waktu yang tepat dalam pemupukan kedelai


  1. Pemupukan diberikan pada ketika usia kedelai sekitar 3-5 hari pasca tanam
  2. Pemupukan sebaiknya dilakukan dengan cara sistem tugal atau meletakan pupuk di sekitar lubang tumbuhan dengan jarak antara 7-10 cm
  3. Untuk takaran pupuk yang diberikan yaitu 2/3 takaran pupuk yang mengandung unsur N dan K, sedangkan pupuk dengan unsur P diberikan seluruhnya pada waktu pemupukan dasar
  4. Kapasitas jumlah pupuk diubahsuaikan pada tingkat kesuburan tanah


Untuk pemupukan susulan


  1. Berikan pupuk pada ketika tumbuhan berumur skitar 20-30 hari pasca tanam, atau tepatnya menjelang kedelai berbunga
  2. Taburkan pupuk di sekeliling tumbuhan kedelai dengan jarak sekitar 10 cm
  3. Dosis pupuk susulan yang sanggup diberikan yakni 1/3 takaran N dan K.

Itulah beberapa Cara Pemupukan Tanaman Kedelai Yang Baik dan Benar, mudah-mudahan isu singkat ini bermanfaat dan sanggup menambah wawasan anda semua.