Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanda-Tanda Padi Siap Untuk Di Panen

SAUNG PETANI - Budidaya padi menjadi acara petani yang tinggal di pedesaan. Padi yaitu sejenis tumbuhan penghasil pangan yang sangat penting dan diharapkan oleh semua orang. Padi menjadi materi makanan pokok masyarakat indonesia yang sehabis digiling akan menjadi beras, dari beras kemudian dimasak menjadi nasi. Menanam padi sanggup dilakukan di sawah maupun dilahan darat. Biasanya para petani akan menanam padi setidaknya 3 kali dalam setahun, atau sekurang-kurangnya 2 kali setahun. Dengan intensitas air yang memadai, yaitu dengan adanya sistem irigasi yang membantu pemasokan air ke lahan pertanian padi, menciptakan proses budidaya padi berjalan dengan lancar. Setelah padi berumur kurang lebaih 95 hari atau 3 bulan, biasanya padi mulai memperlihatkan gejala padi siap panen.

Bagi para petani tentunya tidak akan kesulitan dalam hal kapan padi siap panen, tapi bagi orang yang awam tentu saja mengetahui kapan padi siap untuk dipanen yaitu hal yang sulit. Maka dari itu disini pertaniankoq akan menyebarkan pengalaman perihal gejala padi siap panen. Sebenarnya untuk mengenali apakah umur padi yang dibudidayakan sudah siap untuk dipetik yaitu mudah, ada beberapa tanda padi siap untuk dipanen. Berikut klarifikasi ringkasnya yang mana sumber ini yaitu hasil dari pengalaman kami sendiri dalam budidaya padi sawah.

 

Tanda-Tanda Padi Siap Untuk Di Panen


1. Warna padi mulai menguning

 Budidaya padi menjadi acara petani yang tinggal di pedesaan Tanda-Tanda Padi Siap Untuk Di Panen
Tanda padi siap panen sudah berwarna kuning ( Dokumen eksklusif admin pertaniankoq: Wahyu Hendro Wibowo )

 

Tanda-tanda padi siap panen sanggup kita lihat dari perubahan warna padi yang menjadi kuning tua. Jika padi masih muda dan belum siap untuk dipanen akan berwarna hijau, jadi jikalau padi yang kita lihat sudah berwarna kunign bau tanah maka itu salah satu tanda bahwa padi sudah bau tanah dan siap untuk dipetik.


2. Warna daun juga berubah kuning kecoklatan

Tidak hanya padi saja yang berwarna kekuningan, tapi warna daun padi juga sudah bermetamorfosis kuning kecoklatan, itu juga mengambarkan bahwa padi sudah bau tanah dan siap untuk dipetik.


3. Padi semakin merunduk

 Budidaya padi menjadi acara petani yang tinggal di pedesaan Tanda-Tanda Padi Siap Untuk Di Panen
Padi semakin merunduk alasannya sudah bau tanah ( Dokumen eksklusif admin pertaniankoq: Wahyu Hendro Wibowo )

 

Semakin usia padi itu tua, maka padi juga akan semakin merunduk, jadi tanda bahwa padi sudah bau tanah dan siap panen yaitu tumbuhan padi semakin menunduk. Intinya yaitu padi yang semakin merunduk mengambarkan padi sudah semakin berisi.


4. Munculnya hama burung

Salah satu tanda bahwa padi sudah bau tanah dan siap untuk dipanen yaitu munculnya hama burung yang semakin hari makin banyak. Makanya jikalau burung-burung pipit atau kalau kami bilang burung emprit sudah banyak yang menyerbu padi, maka itu mengambarkan padi sudah bau tanah dan siap dipanen.

Itulah beberapa Tanda-Tanda Padi Siap Untuk Di Panen yang selama ini kami alami, mudah-mudahan info singkat dari blog pertaniankoq ini sanggup menambah ilmu dan wawasan anda semua. Semoga bermanfaat.